Traveller Wajib Tahu! Ini Informasi Lengkap Tentang Curug Ciastana Cianjur

Berbicara wisata alam di Kabupaten Cianjur memang tak ada habisnya. Puluhan destinasi wisata bisa kamu temui di sini. Salah satu jenis wisata alam yang paling banyak dan terkenal di Cianjur adalah curug atau air terjun. Beberapa curug dengan kunjungan wisatawan terbanyak di Cianjur, antara lain Curug Citambur, Curug Cisampay, Curug Cibeureum, Curug Dengdeng, Curug Ciastana, dan masih banyak lagi.

Traveller Wajib Tahu! Ini Informasi Lengkap Tentang Curug  Ciastana Cianjur

Nah, bagi kamu yang tertarik mengunjungi curug di Cianjur, sebaiknya mulai dengan mengunjungi Curug Ciastana Cianjur. Mengapa demikian? Karena curug ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan curug lainnya. Kamu penasaran seperti apa air terjun ini?

Berikut ulasan lengkapnya.

Asal Mula Nama Ciastana

Berdasarkan sejarahnya, nama Ciastana berasal dari kata Asta berarti makam yang letaknyanya memang dekat dengan curug. Namun kamu tak perlu takut, sebab suasana di curug Ciastana cukup ramai dan menyenangkan. Tidak ada cerita- cerita mistis yang terjadi meski dekat dengan pemakaman.

Keunikan dan Keindahan Curug Ciastana Cianjur

Keunikan Curug Ciastana di Cianjur ini terletak pada bentuknya, yakni sedikit lebar dan panjang layaknya sebuah tirai. Tinggi curug mencapai 50 meter dengan debit air deras dan dingin. Mengunjungi curug ini kamu akan disambut oleh danau kecil menyegarkan, sehingga cocok untuk aktivitas berenang maupun berendam. Tak hanya itu, akibat patahan tanah, danau ini turun ke bawah dan membentuk curug atau air terjun lebih pendek dan lebar. Bagi kamu yang suka foto, keunikan ini akan membuat hasil fotomu lebih instagramable.

Pemandangan di sekitar air terjun pun tak kalah indah. Rimbunnya pepohonan yang mengelilingi lokasi dapat menambah kesan eksotis ketika kamu mengambil foto di sini. Ya, air terjun ini adalah komposisi destinasi wisata paling pas untuk melepaskan penat dan relaksasi.

Lokasi Curug Ciastana Cianjur

Adapun alamat Curug Ciastana Cianjur adalah Jl. Ciastana, Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur. Kamu memerlukan waktu sekitar 1-2 jam dari pusat kabupaten. Curug ini sangat cocok bagi kamu yang suka tantangan dalam berwisata, sebab rute curug Ciastana Cianjur cukup menantang. Betapa tidak, jalan yang harus kamu lalui tergolong sempit sehingga hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua. Selain itu, pastikanbahwa sepeda  motormu dalam kondisi baik, sebab kamu akan menghadapi tikungan tajam dan beberapa kali tanjakan.

Kemampuan mengendarai sepeda juga perlu dipertimbangkan. Kamu harus menjaga keseimbangan, karena beberapa jalan menuju curug ciastana Cianjur belum di aspal, melainkan bebatuan. Oleh karena itu, kamu perlu selalu berhati-hati, terutama ketka harus berboncengan. Lebih baik hindari menggunakan sepeda mtor matic.

Tarif atau Biaya Masuk Curug Ciastana

Kabar baiknya, untuk menikmati keindahan curug Ciastana Kadupandak Cianjur ini kamu tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Hal ini mungkin karena lokasinya yang cukup terpencil dan medan perjalanan tidak mudah. Namun, kamu tetap harus membayar parkir sebesar Rp. 2000. per sepeda motor.

Fasilitas Curug Ciastana

Kekurangan dari curug ini adalah tidak adanya fasilitas yang disediakan, karena pengolahannya memang masih ditangani warga setempat. Tak ada lahan khusus parkir, sehingga kamu harus memarkirkan sepedamu di rumah warga terdekat. Selain itu, kamu juga perlu membawa bekal sendiri, sebab di sini tidak tersedia orang berjualan. Mengingat medan perjalanan yang tak mudah, sebaiknya jangan terlalu banyak membawa bekal. Namun, dibalik terbatasnya fasilitas yang tersedia ini kamu akan belajar banyak hal dan merasakan sensasi berwisata yang menantang.

Itulah informasi lengkap mengenai Curug Ciastana Kadupandak Cianjur Selatan. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi air terjun ini? Jangan lupa ajak keluarga maupun rekan agar perjalanan wisatamu ke Curug Ciastana lebih menyenangkan. Hal penting lagi, selalu berhati- hati selama melewati medan perjalanan dan jaga kelestarian alam dengan tidak merusaknya.

Semoga bermanfaat untuk melengkapi rencana liburanmu.

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Wisatamantul.com. All rights reserved.