Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sensasi dan Pesona Curug Cipanji Bandung

Ciptakan sebuah Sensasi dan Pesona Alam di Curug Cipanji Bandung

Kawasan Bandung Selatan ataupun Ciwidey tidak kalah indah dan menarik bagi  para pengunjungnya. Objek wisata ini berbentuk air terjun yang sangat exotic. Wisata ini bernama Curug Cipanji Ciwidey  buat kamu serta keluarga yang ingin melancong sembari hiking, berkunjung pada Kawasan Cipanji Ciwidey adalah opsi paling pas.

Air terjun Cipanji mempunyai ketinggian antara 25 m dengan lebar kira-kira 2, 5 m serta memiliki ketinggian kurang lebih 1550 m diatas permukaan air laut.

Kawasan tersebut bisa ditempuh dengan jalur kaki, jarak dari perkampungan masyarakat mengarah ke Lokasi kira-kira  2, 5 Km  dan melewati perkebunan teh yang hijau serta menyegarkan dimata. Nah sehabis masuk hutan jalanan mulai nanjak turun, melewati bermacam rintangan semacam batang tumbuhan, pangkal tumbuhan, pula bebatuan serta pula kita wajib lewat aliran sungai.

Rute mengarah Curug Cipanji

Rute mengarah Curug Cipanji kamu bisamengarah dari arah Bandung ke Ciwidey. Jalur mengarah daerah tersebut cukup bagus,sehingga bisa kamu tempuh dengan waktu cukup kilat. Sesampainya di Ciwidey, kamu langsung saja mengarah ke Desa Tenjolaya. Jalur masuk ke desa Tenjolaya tidak jauh dari alun– alun Ciwidey. Masuk jalur yang tidak sangat besar kemudian nanti terdapat pertigaan ambil ke kanan jalur hingga menciptakan perkebunan teh.

Sehabis melewati perkebunan teh kamu hendak menciptakan rumah penduduk. Untuk kamu yang bawa kendaraan, dari situ kamu dapat menitipkan kendaraan kamu kepada penduduk setempat. Sehabis itu, barulah kamu diwajibkan buat hiking mengarah posisi Curug Cipanji. Sensasi hiking inilah akan menjadi pengalaman tertentu untuk Anda. Karena sejauh rute hiking, maka kamu hendak disuguhkan dengan panorama alam menarik dan sangat memanjakan mata kamu.

Pesona Alam Air Terjun Cipanji

1. Lokasi 1
Curug ini merupakan daerah yang paling dasar. Keunikannya ini merupakan wujud air terjun dengan bentuk memanjang dengan kemiringan mendekatit 45 derajat serta mempunyai kubangan air dibawahnya. Air terjun ini  sesekali buat seluncuran. Akan tetapi harus berhati- hati melewati pinggirnya sebab batunya cukup licin.

2. Lokasi 2
Setelah melewati dasaran dan sedikit keatas anda akan sampai semacam air terjun pada biasanya dengan ketinggian dekat 7 m . Pada lokasi ini tidak sering dikunjungi, sebab posisinya masihi didasar tebing. Curug ini biasa dilewati, jika ingin berada pada pancoran  ke 3. Apabila ingin  bermain di undakan pancoran ke 2,Anda  harus extra hati- hati sebab melewati batuan tajam dan licin, Terlebih kala aliran air deras, Anda bisa saja terseret arus yang kencang...

3. Lokasi 3
Lokasi ke 3 terletak sedikit naik ke atas dari wilayah 2 air terjun ini lebih besar dari tempat 2 dengan derasnya aliran air, terlebih jika musim penghujan. Apabila berada dekat wilayah  ini, akan merasakan hembusan angin akibat derasnya cucuran air . Pada tempat 1- 3 merupakan  daerah yang sering banyak didatangi.

4. Lokasi 4
Wilayah ke 4 posisinya tersembunyi di dasar tebing curam. Bisa jadi belum  terdapat orang singgah pada daerah tersebut.  Sebab tidak terdapat akses jalur mengarah ke lokasi tersebut, jadi cuma dapat diamati dari atas tebing. Bisa jadi kita dapat menggapaiair terjun 4 jika  mengenakan perlengkapan" Climbing". Terlihat dari kejauhan ada semacam 2 pancuran kembar yang berdampingan. JIka terdapat akses jalur, sesungguhnya lokasi dan jaraknya bersebelahan dengan air terjun 3.

5. Lokasi 5
Air terjun 5 posisinya lumayan jauh dari 4 curug sebelumnya. Akses jalur yang wajib dilalui pula lumayan susah. Untuk bisa sampai ke ke lokasi 5 kita wajib berjalan melewati tebing curam serta menyusuri aliran sungai Cipanyi sepanjang kurang lebih 1 jam dari wilayah 3 dan Curug 5 berbeda dengan 4 lokasi sebelumnya.

Daerah 5 wujud air terjunnya semacam pancuran dengan debit air  lumayan deras. Tidak hanya itu penggalan dasar curug ini berbentuk kubangan air( leuwi) cukup dalam dan  cukup lebar. Lokasi 5 tersebut sesuai buat anda supaya bisa merasakan sensasi berenang di dasar derasnya cucuran air terjun. Sesungguhnya  telah terdapat jalur setapak dan  lebih gampang untuk dilewat, Sehingga langsung pada tujuan air terjun 5, yaitu melewati Kp. Geber Desa Tenjolaya.

6. Lokasi 6
Pada lokasi 6 menggambarkan curug yang sangat unik diantara wilayah Cipanyi yang lainnya. Penduduk lokal ini kerap menyebut curug 6 ini dengan nama" CURUG BATU TEMPLEK". Perihal tersebut diakibatkan sebab wujud lokasinya berbentuk tumpukan lempengan batu yang tertata apik menyamai Candi. Kala kamu merambah zona  ini selintas semacam di" Grand Canyon Pangandaran". Curug ini diapit oleh 2 tebing yang besar dengan tekstur batuan tertata apik di sisi kiri serta kanannya.

Letak pancoran 6  sedikit di atas Curug 5.Sehingga ke Lokasi Batu Templek ini kita wajib melewati tebing curam serta beresiko tinggi yang dipadati semak belukar di sisi kirinya.

7. Lokasi 7
Pada wilayah 7 menggambarkan pancuran air yang sangat besar diantara 6 bagian  yang lain. Ini menggambarkan air terjun bertingkat 3. sehingga bila kita mau menggapai puncak curug 7, kita wajib mendaki ke tengah- tengah derasnya aliran air terjun di tingkatan sangat dasar serta tengah. Pada daerah ke 7 bisa jadi sesuai buat kamu yang mempunyai jiwa petualang serta hobi melaksanakan pendakian. Untuk kamu yang hendak berkunjung pada lokasi 7 hendaknya membawa perlengkapan pendakian lengkap dan aman.

Buat hingga ke curug 7 kita wajib menyusuri sungai serta tebing sekitar 1- 2 jam dari lokasi air terjun 6. Apabila t telah menggapai puncak curug 7 cuma terdapat 2 jalur kembali, ialah turun lagi kebawah menuruni tebing serta sungai, ataupun naik terus ke atas melewati jalur darat. Meski jaraknya lebih jauh,  disarankan lebih baik naik melewati jalur darat sebab jika kembali lagi ke dasar sangat beresiko.

Untuk melewati jalur darat kita wajib memanjat dahulu tebing yang ditumbuhi semak belukar. Sehabis itu barulah kita menggapai puncak( Penduduk lokal menyebutnya" Datar Tulang"). Dari Datar Tulang kita dapat kembali dengan menyusuri jalur setapak melewati rimbunnya pepohonan.

Menjaga Kebersihan di Curug Cipanji

Untuk melestarikan keindahan kita wajib menjaga kebersihan wilayah Curug Cipanji   dari sampah dan kotoran, terutama sampah plastik atau sampah yang tidak bisa membusuk.  Kesadaran tentang menjaga lingkungan ini perlu ditingkatan agar generasi dibawah kita bisa ikut menikmatinya.

1 komentar untuk "Sensasi dan Pesona Curug Cipanji Bandung"