7 Wisata Kuliner Jogja Legendaris yang Wajib Kamu Kunjungi

Bicara soal destinasi liburan mengesankan dengan budget terjangkau tentu Jogja jagonya. Kota ini memiliki berbagai lokasi wisata ramah kantong yang sayang untuk dilewatkan, mulai dari wisata alam hingga buatan. Keindahan alam, keramahan masyarakat setempat, dankuliner lezat nampaknya berhasil membuat wisatawan betah berlama-lama. Khusus wisata kuliner, Jogja menawarkan makanan lezat yang selalu membuat rindu. Betapa tidak, hampir semua makanan khasnya terbuat dari rempah-rempah pilihan hasil bumi Indonesia.
7 Wisata Kuliner Jogja Legendaris yang Wajib Kamu Kunjungi

Jogja memiliki beberapa menu ikonik kuliner cukup terkenal, diantaranya gudeg, bakpia, kopi jos, dan masih banyak lagi. Nah, bagi kamu yang berencana atau sedang berada di Jogja,kamu wajib mencoba wisata kuliner Jogja legendaris yang ditawarkan di beberapa titik lokasi.

Rekomendasi Kuliner Jogja Legendaris Paling Enak dan Murah

Berikut beberapa menu makanan legendaris di Jogja yang kelezatannya tetap terjaga dari generasi ke generasi, yaitu:
Soto Sampah Tugu Jogja
1. Soto Sampah
Yogyakarta tak pernah ada tidurnya. Semakin malam kamu akan mendapatkan suasana lebih menyenangkan. Saat berada di Jogja lupakan dulu program dietmuuntuk menikmati kuliner jogja malam legendaris, yaitu soto sampah. Warung yang terletak di Jl. Kranggan No. 2, Cokrodiningrat, Jetis ini buka pukul 22.00- 04.00.

Sembari menikmati sejuknya udara Joga, kamu bisa menikmati soto dengan porsi penuh seharga Rp 7.000.
Meski namanya soto sampah tetapi kamu tak perlu khawatir dengan kebersihannya. Penamaan soto sampah dikarenakan penggunaan gajih sapi dan tambahan menu lain yang membuat tampilan piring berantakan. Terpenting, soal kelezatan cita rasa soto ini tak dapat diragukan, terbukti sejak berdiri tahun 1970 hingga sekarang warung ini selalu ramai oleh penikmat kuliner malam hari.

2. Bong Kopitown
Tak hanya menikmati kuliner dengan konsep tradisional, kamu juga perlu mencoba kuliner Jogja kekinian. Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Bong Kopitown di Jl. Sagan Kidul 4, Jogja. 

Tempat ngopi yang buka pukul 10.00- 24.00 WIB ini menawarkan konsep desain interior unik, yaitu penjara lengkap dengan sekat jeruji besi. Di Bong Kopitown kamu akan menyaksikan sipir penjara sebagai kasir dan pelayan seolah nara pidana. Tak hanya itu, menu makanan yang disodorkan padamu juga berbentuk koran. Beberapa menu andalah tempat ini diantaranya sapo tahu, kopi tetes, rendang spicy noodle, dan penang fried noodle.

3. Angkringan Lek Man
Tidak lengkap rasanya perjalanan wisatamu tanpa mengunjungi kuliner Jogja Malioboro. Ya, tak hanya pusat fashion dan pernak-pernik, sepanjang Jl. Malioboro juga penuh dengan wisata kuliner, diantaranya Angkringan Lek Man. Menu andalan di angkringan ini adalah kopi jos. Apa istimewanya? Kopi jos merupakan kopi hitam yang ditambahkan arang panas ke dalamnya. Sudah banyak wisatawan, baik lokal dan mancanegara yang memperbincangkan keunikan kopi ini. Selain itu, kamu juga bisa memesan nasi kucing, aneka sate, gorengan, atau lainnya. Waktu paling pas untuk berkunjung ke Angkringan Lek Man adalah malam hari.

4. Bakmi Jawa Mbah Mo
Pilihan yang wajib kamu datangi selanjutnya adalah kuliner Bantul Jogja. Selama ini wisatawan mengenal Bantul hanya seputar wisata goa dan pantainya, padahal di sini juga tersedia wisata kuliner yang lezatnya sayang untuk dilewatkan. Salah satu tempat cukup banyak dikunjungi wisatawan adalah Bakmi Jawa Mbah Mo. Warung legendaris yang terletak di Jl. Parangtritis KM. 11 ini menyediakan bakmi khas jawa godog atau rebus dan goreng.

5. Gudeg Pawon
Berbicara kuliner enak di Yogyakarta tentu tak lepas dari menu gudeg. Ada banyak tempat makan yang menyediakan aneka gudeg, namun dari semua itu terdapat warung makan paling laris dan legendaris, yaitu Gudeg Pawon. Warung makan ini terletak di Jl. Janturan 36-38, Warungboto. Sesuai namanya, cara pelayanan gudeg ini langsung berada di pawon (dapur). Rasa gudeg yang lezat dan empuknya daging ayam
membuat banyak pembeli rela mengantri.

6. House of Raminten
Apakah kamu ingin menikmati menu tradisional dan angkringan di tempat makan dengan konsep modern? Jika iya, datang saja ke House of Raminten. Alamatnya berada di Jl. FM Noto 7, kota Baru dan buka selama 24 jam. Tempat ini merupakan wisata kuliner Jogja terkenal yang menawarkan berbagai hidangan tradisional Jogjacukup lengkap. Mulai dari menu wedang sereh, tahu bola, brongkos, cunduk, sate lilit,
hingga nasi kucing. Kelebihannya, semua makanan di House Raminten dibanderol dengan harga murah,
meski desain tempatnya cukup bagus. Di depan rumah makan terdapat sebuah kereta kuda, sedangkan bagian dalam di desain khas Jawa lengkap dengan wangi dupa.

7. Soto Sulung Stasiun Tugu
Bagi kamu pecinta soto bisa melengkapi wisata kuliner murah enak di Jogja dengan mengunjungi Soto Sulung Stasiun Tugu. Sesuai namanya, tempat makan ini terletak di parkiran selatan Stasiun Tugu Yogyakarta. Di sini kamu bisa menikmati soto khas Madura yang berisi daging sapi atau jeroan, seperti usus, paru-paru, hati, dan babat,

kemudian ditambahkan telur rebus. Kuah pekat kaya rempah-rempah akan membuatmu susah melupakan kenikmatan soto ini. Menariknya, nasi tidak dihidangkan langsung di piring, melainkan dibungkus kecil-
kecil. Ini membuat kamu bebas mengambil berapa pun sampai kenyang tanpa rasa malu. Lebih penting lagi, soto selezat ini hanya dibanderol dengan harga Rp 6.500- Rp.9 500. Kamu bisa datang pada pukul 09.30 sampai dengan 21.00 WIB.

Ya, itulah beberapa pilihan wisata kuliner Jogja Legendaris yang wajib kamu coba. Semua makanan tersebut merupakan kekayaan kuliner yang wajib dijaga kelestariannya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengajak orang-orang terdekatmu untuk ikut mencintai makanan khas Indonesia. Selamat berburu makanan lezat legendaris Jogja!

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Wisatamantul.com. All rights reserved.