Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Pantai Sembukan Wonogiri: Pantai Indah di Jawa Tengah yang Mempesona

Salah satu surga tersembunyi di Jawa Tengah dan patut dikunjungi adalah wisata Pantai Sembukan Wonogiri. Lokawisata tersebut pada saat  ini mulai diekspos setelah wisatawan lokal banyak mengunggahnya ke khalayak umum melalui media sosial.

Potret keindahannya banyak tersebar sehingga membuat pengunjung pantai mulai ramai berdatangan. Sebelum berkunjung kesini, simak informasinya di bawah ini supaya berguna untuk bekal pengetahuan kamu.
Harga tiket masuk  wisata Pantai Sembukan Wonogiri

Harga Tiket dan Fasilitas
Harga tiket masuk ke tempat wisata Pantai Sembukan kota Wonogiri hanya Rp 5.000 per orang. Biayanya sangat murah dibandingkan dengan tempat berwisata pesisir laut  lainnya.

Fasilitas yang ada di pantai Wonogiri ini berupa kedai makan, pendopo, toilet umum hingga mushola. Biasanya pendopo digunakan orang-orang yang berkepentingan spiritual seperti bertapa. Area parkirnya pun luas untuk menampung banyak kendaraan pengunjung.

Jika kamu ingin merasakan keindahan Pantai Sembukan, ada beberapa peraturan yang harus diketahui. Mengingat lokasinya masih kental dengan mitos yang ada, sebaiknya  Anda perhatikan dan taati peraturannya seperti tidak berenang dan memakai baju berwarna hijau.

Keunikan Tepi Laut Sembukan
Tepi Laut Sembukan merupakan tempat berwisat  teduh dan memiliki spot-spot khusus yang bisa membuat mata terpesona. Salah satunya adalah pemandangan dari atas bukit dekat pantai. Jika lokasi pesisir laut  lainnya biasanya panas, maka disini jauh berbeda.

Pesisir laut sembukan ini sangat teduh karena banyak pepohonan. angin laut yang bertiup juga tidak terlalu kencang sehingga sangat nyaman untuk dijadikan tempat refreshing. Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir kepanasan jika berkunjung siang hari. Selain itu, ada beberapa puncak bukit yang bisa dipilih dengan pemandangan yang berbeda-beda.
Wisata Terbaru Murah dan Hits di Wonogiri

Apa Saja Yang Bisa Dinikmati Di Sini?
Meskipun berwisata ke Pantai Sembukan Wonogiri kamu tidak diperbolehkan berenang, namun masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah menikmati pemandangan dari bukit bukit di sekitar laut.

Baca Juga:

Untuk menaiki bukit harus menaiki tangga beton terlebih dahulu. Ketika sudah mencapai atas bukit, kamu bakal disuguhi pemandangan hamparan laut biru dengan suasana teduh. Kamu juga bisa menikmatinya sambil minum air kelapa muda. Spot atas bukit menjadi spot favorit khususnya bagi pecinta senja. Untuk menikmati matahari tenggelam, kamu hanya perlu datang sore hari dan naik ke aras bukit.

Karena keindahannya, maka tidak heran banyak orang mengambil foto dari atas bukit tersebut. Selain itu, kamu juga bisa memancing. Tanyakan kepada penjaga pantai atau warga sekitar mengenai spot memancing terbaik.

Obyek wisata Laut di Wonogiri ini biasanya sangat ramai pengunjung pada tanggal 1 Suro. Ada beberapa  pengunjung melakukan kegiatan spiritual. Pada tanggal tersebut, ada juga Ritual Larung Ageng, yaitu ritual mempersembahkan hasil bumi kepada penguasa laut selatan.
Lokasi Pantai Sembukan Wonogiri

Lokasi Pantai Sembukan Kabupaten Wonogiri
Lokasi pantai Sembukan Kabupaten Wonogiri tepatnya berada di desa Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Dari pusat kota Wonogiti, berjarak sekitar 60 an km. jika kamu dari pusat kota, maka bisa mengambil jalur yang menuju arah selatan baik melalui Jalan Giritontro dan Giriwoyo maupun melalui Jalan Giritontro dan Baturetno.

Untuk menuju lokawisata tersembunyi ini, perlu menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum. baik kendaraan roda dua maupun roda empat melewati jalur menuju lokasi ini. Terlebih jalanannya sudah beraspal halus, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan kondisi jalanan.

Petunjuk jalan menuju pantai juga banyak terpampang di pinggir jalan. Kamu tak perlu khawatir tersesat dengan jalur yang sudah dikembangkan.

Posting Komentar untuk "Wisata Pantai Sembukan Wonogiri: Pantai Indah di Jawa Tengah yang Mempesona"