Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Nglambor: Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju Lokasi

Berlibur adalah salah kegiatan untuk merefresh diri dari rasa penat nan suntuk. Salah satu destinasi wisata untuk berlibur adalah kawasan tepi laut dengan pemandangan alamnya nan indah dan menarik. Bingung memilih tempat berlibur dan wisata Jogja pantai dengan suasananya  menyenangkan.

Pantai Nglambor merupakan salah satu rekomendasi tepat buat Anda yang ingin berlibur  dengan suasana tak biasa (antimainstream).
Pantai Nglambor: Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju Lokasi
Mengapa memilih kawasan ini sebagai tempat berlibur? Alasan memilih tempat ini adalah pantainya menyimpan dan menyuguhkan pesona keindahan yang akan membuat pengunjungnya selalu betah berlama lama serta akan merasa kangen setelah mengunjunginya.

Bentuk pantainya begitu indah, apik dan menarik sehingga akan membuat siapa saja senang untuk  mengunjunginya. Seperti kawasan tepi laut lainnya di Gunung Kidul, tempat ini mempunyai ombak cukup besar. Tepi laut nglambor ini diapit oleh dua pantai lainnya yaitu pantai Jagon dan Siung. Tempatnya cukup strategis serta ada area khusus bagi kamu untuk melakukan kegiatan wisata snorkeling yang dikelola oleh Bintang Nglambor Snorkeling (BNS).

Tempat ini memang tak seramai kawasan tepi laut lainnya seperti Baron atau Indrayanti. Tetapi dengan kemajuan teknologi banyak media sosial atau Video beredar, sekarang tempat ini mulai rame dikunjungi wisatawan.

Alamat Pantai Nglambor


Alamat Pantai Nglambor
Lokasinya cukup jauh jika Anda tempuh dari pusat kota Jogja. Lokawisata tersebut berada di kabupaten Gunung Kidul, letaknya tak jauh dari destinasi wisata tepi laut lainnya yaitu Pantai Siung dan Jogan.

Alamat Pantai Nglambor tepatnya berada pada Dusun Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta (Jogja)

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor


Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor
Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor tak mahal dan pastinya tak akan memberatkan isi dompetmu cukup dengan Rp. 5 ribu saja  kamu juga sudah bisa  berkunjung Pantai Jogan, dan  Siung.

Untuk parkirnya Anda akan dikenakan biaya Rp. 2.000/ motor serta  Rp. 5.000/ mobil, tentu harga diatas bisa saja ada kenaikan atau perubahan harga sesuai dengan kebijakan pengelola. Jika kamu pengen menikmati biota laut dengan snorkeling di sini ada Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) dengan biaya sekitar  50 ribu dengan fasilitas  komplit.

Rute Pantai Nglambor

Jarak menuju lokawisata tersebut kurang lebih 72 KM dari pusat kota Jogja,  dengan estimasi waktu tempuhnya sekitar 2 jam 12 menit s/d 2 jam 30 menit.

Dari alun-alun Wonosari Gunung Kidul berjarak 33 KM dengan waktu tempuhnya kira-kira sekitar 1 s/d 1,5 jam.
Rute Pantai Nglambor
Rute Pantai Nglambor cukup berat  karena lokasinya  jauh dari pusat perkotaan dan cukup terpencil. Jalan yang harus kamu lalui penuh dengan berbagai tikungan serta tanjakan sehingga perlu kehati-hatian dan konsentrasi tinggi. Namun Anda tak perlu khawatir karena perjalanan terberatmu akan  terbayar dan terobati dengan pesona obyek wisata di Pantai Nglambor.

Untuk berkunjung ke kawasan tersebut Anda bisa  dari arah kota Jogja. Setelah itu Anda kearah Jalan Wonosari menuju Piyungan. Dari Piyungan Anda menuju kearah Patuk dan Sambipitu. Setelah itu ambilah jalur menuju Kota Wonosari. Jika sudah tiba  di Wonosari, ambilah arah menuju ke Tepus (Menthel, Cabean dan Bintaos).

Dari Bintaos Anda melalui kantor kecamatan Tepus, kemudian menuju kearah desa Tepus, Gesing, Purwodadi. Dari Purwodadi tersebut lokasinya cukup dekat dengan pantai Nglambor. Anda selanjutnya  menuju ke arah simpang Tiga Nagun yaitu menuju jalur pantai Siung. Dari sinilah Kamu akan menemukan pos pemungutan retribusi dan selanjutnya bisa melakukan perjalanan kembali ke pantai Nglambor pada simpang tiga kedua.

Fasilitas Pantai Nglambor

Fasilitas Pantai Nglambor cukup memadai meskipun terbilang belum selengkap fasilitas tempat lainnya yang popular. Tetapi dengan adanya fasilitas ditempat tersebut cukup memberikan kenyamanan bagi para wisatawan.

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia dikawasan tersebut.
  • Tempat Parkir Kendaraan
  • Jasa/sewa perlengkapan untuk snorkeling
  • Ojek dari parkiran mobil menuju pantainya
  • Warung makan sederhana
  • Toilet / kamar mandi
  • Mushola untuk beribadah
Daya Tarik Pantai Ngelambor

Waktu terbaik berkunjung di kawasan Tepi Laut Nglambor Jika kamu pengen mencicipi keindahan alamnya atau ingin bersnorkeling melihat keindahan bawah lautnya, maka harus tetap memilih waktu yang tepat. Waktu terbaik berkunjung ke kawasan tersebut yaitu pada waktu pagi hari antara jam 6 d/d 10 pagi. Untuk sore harinya sekitar jam 4 sore sampai tenggelamnya matahari.

Atau juga pada saat air lautnya mengalami pasang atau akan surut karena waktu tersebut adalah waktu
terbaik melakukan kegiatan snorkeling. Jika airnya terlalu tinggi pasangnya juga tidak bisa untuk snorkeling karena berbahaya.

Atau lebih baiknya Anda bisa menghubungi pihak pengelola atau BNS terlebih dahulu untuk memastikan keadaan waktu terbaiknya karena keadaan alam tak ada yang pasti.
Sunrise Pantai Nglambor
Daya Tarik Pantai Nglambor memang luar biasa dan akan membuat pelancongnya betah. Apabila melancong ketempat ini banyak hal bisa kamu lakukan yaitu:

1. Menyusuri Kawasan Tepi Lautnya

Menyusuri kawasan tepi lautnya sambil bermainan pasir  ataupun menikmati alunan ombaknya dipinggiran akan terasa menyenangkan.

Anda bisa menyusuri sepanjang pantainya dari ujung ke ujung, selain itu kamu juga bisa singgah ke beberapa pantai lainnya yang berdekatan dengan kawasan ini.

2. Melakukan Trekking di perbukitan

Letaknya berada pada kawasan perbukitan dan tebing, sehingga akan menambah kecantikan tempat wisata ini. Bagi Anda yang menyukai wisata alam  menantang cobalah wahana trekking ini.

Ketika kamu pada puncak tebingnya atau perbukitan tersebut, akan dapat melihat pemandangan alam begitu sensasional.

Tentu saja momen seperti ini akan jarang kamu dapati di tempat-tempat lainnya, sehingga jangan kamu sia siakan pada saat melancong kesini.

3. Snorkeling

Daya tarik alam bawah laut begitu memikat bagi para pelancong yang melakukan aktivitas wisata snorkeling Jogja. Menikmati langsung biota lautnya seperti kerang-kerang serta bermacam-macam ikan berlalu lalang merupakan sebuah kegiatan menyenangkan dan tak terlupakan.
Snorkeling Pantai Nglambor
Disini ada area khusus untuk melakukan aktivitas snorkeling dan ada jasa sewa perlengkapannya dengan biaya cukup terjangkau sekitar 50 ribu. Untuk menjaga kelestarian terumbu karangnya sebaiknya harus lebih berhati-hati pada saat snorkeling jangan sampai menginjak terumbu karang dan menjadi rusak.

Untuk mengabadikan momen bawah lautnya yang indah kamu bisa berfoto-foto atau membuat video. Jangan lupa ya HP mu dibungkus pengaman agar tak rusak kecuali hp mu sudah khusus dengan kamera  underwater.

Oke sobaku para traveler atau pelancong itulah sekilas ulasan tentang Pantai Nglambor Jogja, jika bermanfaat silahkan share ya. Semoga potensi wisata di Indonesia semakin populer sehingga banyak mendatangkan keuntungan.

Posting Komentar untuk "Pantai Nglambor: Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju Lokasi"