Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Pantai Sepanjang Jogja - Lokasi + Harga Tiket Masuk

Pesona Pantai Sepanjang Jogja - Pantai Sepanjang merupakan destinasi wisata kawasan pesisir laut selatan dengan hamparan pasir putihnya yang begitu luas dengan butiran-butiran pasirnya yang begitu halus dan lembut. Lokawisata (lokasi wisata) tepi lautnya merupakan salah satu pantai yang terletak pada wilayah Kabupaten Gunungkidul dan berdekatan atau berdampingan dengan beberapa wisata tepi laut lainnya.
Pantai Sepanjang: Harga Tiket Masuk dsn Rute Menuju Lokasi
Pantainya membentang luas serta garis pesisir lautnya panjang dengan hamparan pasirnya begitu indah dan lokasinya tak  jauh dari jalan utama  menuju kawasan ini.

Alamat  Pantai Sepanjang

Alamat  Pantai Sepanjang berada pada Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Kawasan  ini berdekatan  dengan Pantai Kukup,  Sanglen,  Watu Kodok dan  Drini.

Pesona pantainya begitu indah nan mempesona. Banyak orang menyebut bahwa kawasan wisata pesisirnya seperti pantai Kuta di Bali atau orang menjulukinya pantai Kutanya daerah Jogja.

Karena suasana di tempat berwisata tersebut  bernuansa seperti  pantai kuta Bali yang termasyhur itu. Bentangan pasir putihnya cukup luas, dengan alunan ombaknya tak terlalu besar sehingga cocok  untuk liburan keluarga.

Rute Pantai Sepanjang 

Rute ke Pantai Sepanjang dari Solo
Rute Pantai Sepanjang bisa dimulai dari  Bantul - arah Purwosari-Panggang Saptosari-Kukup- lokasi tujuan.

Dari  Jogja - Piyungan - Pathuk, jalan wonosari.

Selanjutnya, menuju arah Jalan Baron,  kemadang, setelah di pertigaan Baron belok ke kiri munuju pantai Kukup. Terus ke arah timur menuju ke lokasi.

Anda juga bisa melalui kecamatan Tepus, Indrayanti, Sundak, Krakal, Hingga sampai di lokasi.

Keistimewaan Pantai Sepanjang
  • Pantainya dijuluki Pantai Kutanya Jogja
  • Mempunyai garis pantai terpanjang dibandingkan tepi laut lainnya di Gunung Kidul.
  • Banyaknya deretan saung di pinggiran kawasan pantainya.
  • Para masyarakatnya kebanyakan sebagai petani walaupun berada dipinggir persisir laut.
Pantai Sepanjang Gunung Kidul Jogja

Daya Tarik Tepi Laut Sepanjang

Apabila kamu sedang berada di Jogja atau kota sekitarnya berkunjung ke lokawisata tersebut merupakan sebuah keharusan. Karena, tempat ini kamu akan disuguhi sajian menu berwisata yang indah nan alami.

Banyak orang penasaran dan mencoba meluangkan waktu untuk berlibur ke kawasan tersebut. Beberapa hal yang menjadi daya tarik tempat tersebut adalah

Bersantai ria dalam saung
Jelajah Pantai Sepanjang Jogja memang asyik dan seru, tapi ketika Anda mulai terasa lelah jangan dipaksakan lebih baik istirahat sejenak.

Kamu tak perlu bingung mencari tempat beristirahat karena pada kawasan berwisatanya disediakan saung yang bisa kamu pakai. Saung-saung tersebut bisa kamu pakai buat bersantai, berteduh dan beristirahat sejenak.

Keunikan pada saung-saung tersebut yaitu terbuat dari kayu dan beratapkan dedaunan kering. Sehingga akan memberikan kesan berbeda pada saat kamu berteduh didalamnya.
Camping Pantai Sepanjang

Melihat habitat bermacam-macam biota laut
Melihat habitat bermacam-macam biota laut adalah salah satu daya tarik yang ada ditempat ini. Ketika air lautnya surut, kamu dapat melihat berbagai jenis biota laut disekitar bibir pantainya.

Berbagai biota lautnya seperti  bulu babi, kerang, ganggang laut,bintang laut, dan rumput laut. Momen seperti itu tentu akan membuat pengunjung ataupun warga setempat merasa senang.

Mereka akan menyerbu  ke bibir pantainya untuk mengumpulkan berbagai biota lautnya, nantinya jika sudah terkumpul bisa diolah maupun dijual kembali. Pada bagian sudut pantainya terdapat rumput laut  menghijau, tepatnya berada di antara pasir dan bebatuan karang. 

Dilokasi inilah biasanya para warga setempat  mengambil rumput laut untuk dijadikan olahan makanan dan untuk dijual  kembali.

Mengunjungi Banyusepuh

Mengunjungi Banyusepuh bisa kamu lakukan pada saat berkunjung ke lokawisata ini.  Banyusepuh yaitu sebuah situs bersejarah yang terletak pada kawasan pantainya. Berdasarkan artinya tersebut, Banyusepuh adalah sebuah mata air yang dipakai untuk memandikan atau membasuh.

Konon menurut cerita tempat tersebut di pergunakan oleh para wali untuk memandikan pusaka yang mereka miliki.

Untuk dapat melihat serta mengunjungi situs bersejarah tersebut bertanyalah kepada masyarakat sekitar, karena untuk menemukan tempat tersebut cukup sulit.

Membeli oleh-oleh di bawa pulang
Setelah puas berjelajah dan menikmati keindahan Pantai Sepanjang, kamu bisa membeli oleh-oleh di bawa pulang untuk keluarga atau kerabat. Kamu bisa membelinya dari para warga setempat rumahnya berada di sekitar kawasan pantainya.

Kamu bisa berbelanja  beraneka ragam kerajinan tangan yang bahan dasarnya menggunakan kerang. Kerang-kerang tersebut diolah sedemikian rupa menjadi sebuah kerajinan tangan dengan berbagai pernak pernik, model dan bentuknya unik nan lucu.

Kerajinannya bentunya berupa  orang-orangan,  kereta, jepitan rambut, hiasan dan lain sebagainya. Dengan adanya oleh oleh khas Jogja tersebut, bisa Anda jadikan sebagai kenang-kenangan, atau sebagai bukti bahwa Anda pernah berkunjung ke kawasan tersebut.
Rute Menuju Pantai Sepanjang

Berburu momen Sunset
Berburu momen sunset pada kawasan ini merupakan salah satu hal menarik. Suasana  pemandangan pantainya akan terlihat semakin indah nan mempesona kala senja.

Jika Anda menyukai pemandangan ini kamu bisa menunggu saat matahari terbenam di lokawisata tersebut.  Suasananya tentu akan cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana berbeda pada kawasan ini.

Mengabadikan fenomena matahari terbenam dengan cahayanya kemerahan di ufuk barat, siapkan kameramu dokumentasikan hal-hal menarik disini.

Berwisata menyusuri sekitar tepi  lautan
Di kawasan ini Anda bisa berwisata menyusuri sekitar tepi  lautan dari ujung ke ujung.Dengan keindahan pantainya yang terasa  sejuk, maka akan membuat  para pelancong lebih nyaman dan betah pada saat disini.

Kondisi pantainya pun  cukup bersih sehingga sangat nyaman ketika Anda berjalan menyusuri pinggiran pantainya. Indahnya bentangan pasir putihnya dan pesona alam sekitar lautnya menjadikan liburamu semakin  terasa seru dan berwarna. Keaslian serta keasrian alamnya masih terjaga inilah salah satu yang disukai wisatawan di tempat tersebut.
Rute ke Pantai Sepanjang dari Jogja

Fasilitas Pantai Sepanjang

Fasilitas Pantai Sepanjang sudah cukup memadai walaupun tak selengkap wisata tepi laut lainnya yang sudah terkenal. Disini sudah tersedia tempat untuk parkir kendaraan cukup luas, sehingga Anda pun tak perlu khawatir tak kebagian tempat parkir.

Dari lokasi parkir kendaraan Anda dapat melihat  saung-saung berderet yang digunakan  berjualan atau tempat beristirahat para pengunjung.

Selain deretan saung berjualan, kawasan tersebut juga telah difasilitasi banyak tempat sampah. Dengan banyaknya  tempat sampah itu diharapkan kondisi kebersihan akan selalu terjaga. Fasilitas standar lainnya  uga terdapat pada tempat ini yaitu toilet, kamar mandi, tempat ibadah serta penginapan pun juga tersedia.

Sahabatku traveler semua itulah sedikit ulasan tentang wisata di Jogja yaitu pantai sepanjang Jogja. Semoga bermanfaat buat Anda semuanya.

Posting Komentar untuk "Pesona Pantai Sepanjang Jogja - Lokasi + Harga Tiket Masuk"