Pesona Pantai Watu Leter di Malang Yang Wajib di Ketahui Para Traveller

Pantai Watu Leter adalah sebuah tepi laut yang berada di pesisir laut selatan di Malang bagian Selatan. Pesisir lautnya berdampingan dengan Destinasi Wisata Pantai Goa China.

Tetapi lokawisata tepi laut tersebut masih belum Hits dan belum banyak dikenal masyarakat umum, terutama masyarakat luar daerah Malang.
Pantai Watu Leter

Rute Pantai Watu Leter:

Jarak Pantainya dari pusat kota Malang yaitu sekitar 68km. Estimasi waktu perjalanan kira-kira 2 s/d 3 jam dengan mengendarai kendaraan  pribadi. Karena posisinya berada di daerah  cukup terpencil dan jarang sekali didatangi oleh para pelancong.

Jika Anda pangen berpiknik ke destiwisata tepi laut  Watu Leter (Ngleter) , maka  harus melalui lokawisata pesisir laut  Goa China dulu. Dalam menempuh  perjalanan, para pengunjung akan disuguhi sajian alam pegunungan selatan serta jalanan berkelok-kelok.
Rute Pantai Watu Leter
Kamu juga akan menikmati hamparan persawahan antara jalan raya dengan deretan perbukitan. Ada pintu masuk menuju Pantai Goa China berjarak kira-kira 1 km arah timur dari jembatan bajulmati. Jalan lintas selatan menuju Pantai Goa China jalan kurang mulus sehingga cukup kesulitan jika dilalui oleh kendaraan bermotor. Banyaknya batuan berkapur dan jika musim penghujan jalanya cukup licin.

Sebelum masuk ke kawasan wisata Malang di Pantai Goa China para pelancong akan melalui sebuah Jembatan Bajulmati yang ada di atas muara. Akses untuk menuju ke lokawisata Watu Leter cukup sulit dan penuh perjuangan.  Sempitnya jalan maka mobil tak akan bisa melewatinya.

Para pengunjung harus masuk ke dalam hutan bakau serta melalui jalanan berbatu cukup tajam. Setelah itu akan melintasi jalanan yang  banyak rumput-rumput liarnya berukuran tinggi. Barulah setelah itu kamu akan sampai  di destiwisata Watu Leter. Untuk mencapai lokasinya, Anda  harus turun dari sebuah gundukan tanah berukuran kurang lebih 1,5 meter.

Jalur lainya untuk berkunjung  ke wisata tepi laut Leter dari Goa China medannya tak begitu sulit. Jika kamu sudah sampai  di Pantai Goa China, kamu bisa berjalan kaki menuju  arah barat berjarak sekitar 100 m. Jalan yang akan kamu lintasi adalah  berupa jalan setapak dan memerlukan waktu 25 s/d 35 menit  sudah sampai sampai di tujuan.
Camping di Pantai Watu Leter
Perjalanan serta perjuanganmu yang  melelahkan akan tergantikan dengan menu keindahan Pantai Watu Leter ini. Lokawisatanya hampir mirip dengan suasana di tempat berwisata pesisir laut Goa China. Bedanya dilokawisata ini  lebih sepi dari  para pelancong, sehingga tempatnya terlihat lebih bersih daripada lokasi Goa China.
Air lautnya terlihat  lebih jernih dan tampak lebih hijau jika dibandingkan dengan pesisir laut Goa China. Kalborasi pemandangan alam tepi lautnya begitu indah, bebatuan karang  tampak timbul tenggelam di hempas ombak air laut yang cukup tenang.

Kemiripan tepi lautnya yang berbentuk seperti kolam, serta airnya  lebih terasa dingin dibandingkan dengan  air pada Tepi Laut Goa China. Alunan ombaknya mengalun begitu tenang dengan hamparan pasir berwarna putih bersih nan lembut. Sajian menu panorama alam pesisir lautnya dengan hiasan beberapa pulau kecil pada tengah lautan, kawasan tersebut  menjadi tempat untuk persinggahan para penyu untuk bertelur.
Alamat Pantai Watu Leter Malang
Lebatnya dan rindangnya hutan mangrove mengelilingi kawasan tersebut dengan air payaunya yang begitu tenang. Pantai Watu Leter merupakan tempat bermuaranya sungai sitiharjo yang akan menambah kecantikan dan daya tarik bagi kawasan ini.

Dengan menaiki perahu para wisatawan bisa menyusuri muara air sungai tersebut yang berada dilokawisata ini. Suasana khas tepi lautnya sungguh membuat situasi terasa senang, dengan menyusuri sungai dengan  tanaman mangrovenya pada  sebelah kiri maupun kanan.

Berdasarkan informasi  masyarakat sekitar, pantai dinamakan Watu Leter karena pada salah satu ujung tebingnya mempunyai bentuk datar. Bebatuan atau tebing di tengah lautan itu bentuknya datar jika dilihat sangat menonjol dari pada bebatuan tebing yang lainnya. Ada juga orang menyebutnya dengan nama Pantai Ngleter.
Wisata Pantai Watu Leter Malang
Karena tempatnya masih sepi dari para pengunjung kawasan tepi laut ngleter, biasanya dijadikan sebagai tempat pelepasan para penyu. Karena kondisi lingkungannya masih asli, maka kawasan ngleter menjadi salah satu tempat terpilihnya  sebagai pusat pelestarian para penyu.

Lokasi Pantai Watu Leter

Alamatnya:
Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kec.Sumbermanjing Wetan, Malang, Jatim.

Harga Tiket masuk di Pantai Watu Leter

Harga Tiket masuk Pantai Watu Leter cukup murah, pihak pengelola tempat tersebut mengenakan biay tiket sebesar Rp 10.000. Dengan biaya tersebut tentu sangatlah murah dan memberatkan isi kantongmu. Untuk biaya parkir motor sebesar 5.000/ motor, sedangkan mobil dikenakan 10.000/ mobil, jika kamu ingin camping ada tambahan biaya 3.000.
Lokasi Pantai Watu Leter Malang

Daya tarik obyek Wisata Watu Leter

Jika kamu piknik ke kawasan tersebut beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu:
  • Lokasi pesisir lautnya masih Asri: Karena lokasinya jarang dikunjungi para pelancong, maka kawasan tersebut   terjaga kebersihan dan keasriannya. Karena jalurnya cukup sulit serta sempit, tepi  lautan watu leter suasananya lebih tenang dan sepi bila dibanding dengan kawasan Goa Cina.Tentunya pasir lebih bersih dan lembut serta airnya juga jauh lebih hijau dan jernih. Kebersihan dan keasrian ini kemudian ditunjang oleh pemandangan batuan karang yang hilang muncul disapu gelombang.Tentu saja kegiatan yang satu ini  wajar dilakukan di tempat-tempat pesisir laut. Tetapi jernihnya air laut  berenang dan snorkeling di Watu Leter lebih terasa spesial. Suguhan pemandangan terumbu karangnya dapat dinikmati pada bawah lautnya.
  • Menyaksikan penyu pada kawasan pesisir: Tepian laut ini menjadi tempat berkumpulnya penyu untuk bertelur. Karena masih sepinya kawasan tersebut, pesisir lautan ini menjadi lokasi yang pas buat melihat datangnya penyu dan pelepasan penyu-penyu kecil kembali ke alam bebas. Tempat ini merupakan pusat ekowisata  pelestarian penyu.
  • Melintasi rimbunan hutan bakau: Rimbunan hutan bakau dengan air payaunya menyajikan sebuah pemandangan unik nan khas. Pesona alamnya indah dan unik jarang bisa ditemukan ditempat lain. Kawasan wisata ini juga merupakan tempat bermuaranya sungai Sitiarjo, serta dapat kamu susuri memakai perahu sambil menyaksikan indahnya hutan bakau.
  • Camping: Pantai ngleter pesona alamnya sangat indah nan memukau, bebatuan karangnya masih dalam keadaan bagus. Kemilau pasir pantainya berwarna putih terlihat masih asri dan tak terlihat sampah bertebaran dilokasi ini.  Karena tempatnya bersih dan berpasir putih lembut tepian laut  juga cocok  dipakai untuk kegiatan camping.
Sobatku para pelancong dan traveler dimanapun berada, itulah sedikit ulasan tentang Tempat Wisata Pantai Watu Leter Malang, jangan lupa melancong ke tempat ini ya.

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Wisatamantul.com. All rights reserved.