Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Wediombo: Harga Tiket Masuk dan Rute menuju Lokasi

Bagi Anda yang bosan berlibur ke pegunungan, perkotaan atau tempat lainnya saatnya mencoba liburan ke wisata tepi laut. Pantai merupakan salah satu  destinasi wisata menarik dan menjadi favorit bagi para wisatawan dimanapun. Di Jogja khususnya daerah Gunung Kidul merupakan gudangnya destinasi wisata pesisir laut.

Banyak sekali lokawisata tepi laut dikabupaten tersebut, salah satu  kawasan wisata yang jadi incaran yaitu Pantai Wediombo.
Pantai Wediombo
Kata Wediombo merupakan bahasa Jawa, Wediombo merupakan Bahasa Jawa ‘wedi’ artinya ‘pasir’ dan ‘ombo’ artinya ‘luas’. Jadi jika diartikan, Wediombo yaitu pasir yang luas.

Walaupun, pada kenyataannya adalah hamparan pasirnya tak begitu luas. Tetapi, perbukitan karangnya  menambah keexotisannya pada kawasan ini.

Akses untuk menuju pantainya  tak terlalu jauh dari area parkir kendaraan. Kamu cukup menuruni kurang lebih  50-60 anak tangga terbuat dari beton. Setelah sampai  dibawah, kamu akan dimanjakan dengan hamparan  pasir putih pantainya.
Pantai Wediombo Camping
Di tengah pantainya terlihat bebatuan besar yang bisa dicapai ketika airnya surut. Biasanya air surut pada saat siang hari. Bebatuan tersebut terlihat cantik nan menarik dan merupakan salah satu spot bagus buat berfoto. Tak disitu saja, sepanjang tepi lautnya terdapat pepohonan rindang yang akan menambah nuansa sejuk pada kawasan ini.

Alamat Pantai Wediombo
Alamat Pantai Wediombo terletak di Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta.

Berlibur bersama keluarga, sahabat, rekan kerja maupun kerabat tentu akan lebih menyenangkan. Berbagai hal bisa Kamu lakukan pada kawasan wisata tepi laut ini. Kalborasi pesona alamnya begitu memukau antara birunya laut, rindangnya pepohonan dan bebatuan karang-karangnya. Tempat ini bisa menjadi salah satu tempat wisata Jogja hits.
Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Harga Tiket Pantai Wediombo
Harga Tiket Pantai Wediombo sangatlah terjangkau dan tentu tak akan memberatkan isi dompetmu. Cukup dengan merogoh kocek Rp5 ribu saja kamu sudah bisa menikmati keindahan alam sekitar pantainya. Untuk parkirnya cukup membayar sebesar Rp3 ribu per motor dan 5 ribu per mobil.

Jika dari gerbang kawasan ini, Anda harus berjalan kaki antara 10-15 menit untuk sampai ke pantainya. Jalurnya tak terlalu berat tetapi kurang cocok untuk lansia.

Rute Menuju Lokasi Pantai Wediombo
Rute Menuju Lokasi Pantai Wediombo mudah untuk dijangkau walaupun jalannya cukup menanjak dan banyak tikungan. Walaupun begitu akses jalannya cukup halus untuk dilalui kendaraan.

Dari kota Jogja berjarak sekitar 73 km dan bisa ditempuh dengan waktu antara 2,6 jam s/d 3 jam.

Dari alun-alun kota Wonosari Gunung Kidul bisa kamu tempuh dengan waktu perjalanan sekitar 55 menit 1,2 jam dengan jarak 34 km.
Rute Menuju Pantai Wediombo
Dibawah ini beberapa jalur menuju ke lokasi:

1. Jalur Pertama
Jogja menuju arah Wonosari munuju kearah Desa Mulo ambil arah kiri kearah Desa jepitu lalu ambil arah kanan, ikuti petunjuk arah ke kawasan tepi laut Wediombo.

2. Jalur kedua
Jln. Wonosari-Mulo mengambil arah yang lurus menuju tepi laut Baron, ada pertigaan ambilah arah ke kawasan wisata tepi laut Kukup-Tepus-Jepitu lalu mengambil arah kanan-ikuti arah menuju lokasi.

3. Jalur ketiga
Wonogiri-Pracimantoro menuju Rongkop menggambil ke arah Nglindur-Pasar Ngrancah ambilah arah ke kanan menuju Jepitu lalu belok kiri- ikutilah jalanan lurus hingga sampai lokasi tujuan.

4. Jalur keempat
Anda bisa lewat Semanu kearah Giripanggang dilanjutkan  ke Cuelo ada pertigaan ambilah arah kanan lalu menuju Pasar Jepitu belok kanan-ikuti jalan hingga sampai lokasi tujuan.

Itulah beberapa rute menuju lokasi tepi laut Wediombo. Pilihlah rute terdekat dari jalur diatas jika merasa
ragu atau takut tersesat sebaiknya bertanya kepada warga setempat.
Fasilitas Pantai Wediombo

Fasilitas Pantai Wediombo
  • Tempat beribadah
  • Kamar mandi dan Toilet
  • Tempat Parkir Kendaraan
  • Warung makan
  • Penginapan (dekat kawasan Indrayanti)
  • Area camping dan sewa tenda
Daya Tarik Pantai Wediombo
Daya Tarik Pantai Wediombo begitu memikat para pelancong yang datang ke tempat tersebut. Beberapa hal bisa dilakukan pada saat plesiran ke kawasan ini yaitu:

1. Menikmati keindahan sekitar pantainya
Jika Anda berkunjung ketempat ini dan malas untuk mandi basah-basahan atau tak mau kotor, Anda bisa
menikmati pesona alamnya.

Anda bisa duduk-duduk santai di pinggiran pantainya menikmati semilirnya angin laut. Selain itu bisa
memandang lepas kearah lautan lepas yang kebiruan. Perbukitan disekitar lautannya juga sangat bagus untuk

2. Hunting spot berfoto
Bebatuan karangnya yang terletak disekitar area  pantainya membuat kawasan wisata tersebut menjadi instagramable dan bisa dijadikan pilihan untuk spot berfoto.

Selain itu, keindahan bebatuan karangnya tempat ini sangatlah tepat untuk hunting sunset atau sunrise. Tentu liburanmu akan semakin seru dan menarik jika bisa mengabadikan setiap spot-spot terindah.

3. Melakukan camping
Bukan hanya  berenang dan berburu spot berfoto, namun pada area tempat ini bisa digunakan untuk area camping. Untuk bercamping kamu bisa ajak saudara, teman-teman atau keluargamu.

Area tepian lautnya   cukup luas dam biasa digunakan untuk bercamping menikmati suasana malam di
pinggiran pantainya. Untuk Keselamatan sebaiknya memilih area camping jangan terlalu dekat air laut dan cari tempat cukup tinggi untuk menghindari air laut pasang.
Penginapan Pantai Wediombo

4. Wisata kuliner
Wisata kuliner Jogja pada kawasan ini tak boleh ketinggalan. Kamu bisa isi perutmu dengan berbagai menu
kuliner disekitar pantainya. Pilihlah menu sesuai dengan selera makanmu dan tak usah kuatir harga makanan disini cukup murah.

Bagaimana apakah kamu berencana liburan ke Pantai Wediombo Jogja, jangan lupa persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Biar lebih rame dan seru ajaklah keluarga maupun kerabatmu.

Posting Komentar untuk "Pantai Wediombo: Harga Tiket Masuk dan Rute menuju Lokasi"