Catat dan Ingat, 11 Curug di Bandung Ini Bisa Kamu Datangi

Daerah Bandung merupakan sebuah kota Kabupaten siang berdasarkan letak geografisnya merupakan daerah perbukitan atau pegunungan.

Salah satu julukan kota tersebut yaitu Paris Van Java memiliki banyak sekali pesona keindahan alamnya yang cocok untuk dijadikan lokasi liburan.

Salah satu tempat pelesiran sering didatangi oleh para wisatawan yaitu berupa  air terjun. Curug di Bandung memang layak untuk dijadikan destinasi liburan bagi Anda yang menyukai keindahan alam.

Dibawah Ini adalah 11 daftar Curug di Bandung

1. Curug Cipanji
Alamat Curug Cipanji berada di Tenjolaya, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jabar, Indonesia.
Foto Curug Cipanji
Curug Cipanji merupakan salah satu tempat plesiran berupa air terjun yang letaknya berada pada kawasan Ciwidey. Air terjunnya terletak pada daerah terpencil dan masih belum begitu dikenal masyarakat umum.

Oleh karena itu, tempat  ini menjadi  destinasi liburan  unik serta menantang di Ciwidey. Daya tarik serta keunikan dari Curug tersebut salah satunya yaitu  posisinya berada  di tengah hamparan perkebunan teh cukup luas.

Dalam melakukan perjalanan menuju lokasi, Anda akan menikmati indahnya hamparan perkebunan teh tersebut. Ketika  mengunjungi tempat melancong ini, Anda bisa melakukan beberapa hal yang menyenangkan seperti: menikmati suasana air terjunnya, bermain air atau juga berfoto-foto.

2. Curug Tilu Leuwi Opat.
 Alamat dan lokasi  Curug Leuwi Opat tepat nya berada di Jln. Ciwangun Indah, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung

Curug Leuwi Opat adalah salah satu tempat tujuan  liburan yang berupa wisata alam dengan air terjunnya. Keunikan tempat liburan tersebut yaitu  terdiri dari air terjun, leuwi (sungai), hutan dan goa dengan luas hingga 5 hektar.

Suasana alamnya masih begitu asri dan alami menjadikan area liburan ini semakin menarik untuk didatangi. Para wisatawan yang berkunjung kesini bisa bermain di area outbond,  tentunya, air terjun, sungai dan camping.

Jika Kamu hobi berfoto lokasi disini juga cocok untuk dijadikan sasaran kameramu dengan biground menarik.

3. Curug Malela
Alamat Curug Malela tepatnya berada di Sindangjaya, Gununghalu, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat 40565.
Curug Malela Bandung
Curug Malela adalah kawasan liburan di daerah Bandung yang banyak mengundang banyak perhatian para wisatawan. Seperti namanya, obyek wisata ini adalah sebuah air terjun yang tentunya asik serta bisa menghilangkan rasa penatmu setelah beraktivitas sehari-hari.

Salah satu alasan yang membuat curug ini menjadi terkenal yaitu keindahannya alamnya dan lokasinya yang terpencil di tengah hutan dengan diapit oleh perbuktian.

Jadi, untuk sampai ketempat ini dibutuhkan nyali dan keberanian tinggi karena rutenya cukup menantang. Maka dari itu tak ada salahnya mengunjungi tempat ini sebagai salah satu alternatif berwisata.

4. Curug Bugbrug
Alamat Curug Bugbrug tepatnya terletak di Desa Kertawangi Kec. Parongpong Kab. Bandung Barat

Pesona dan keindahan Curug bugbrug tentu akan memberikan sebuah pengalaman plesiran yang tak akan terlupakan. Lokawisata tersebut memiliki sebuah kolam penampungan alami pada posisi bawah air terjunnya.

Dengan adanya penampungan kolam alami tersebut membuat airnya melimpah ruah, tetapi sayangnya di sini para pengunjung tak dapat berenang karena beresiko untuk keselamatan.

Letak Curug Bugbrug ini berada pada ketinggian 1050 mdpl dengan ketinggian air terjunnya kurang lebih mencapai 50 meter. Ketika melakukan perjalanan menuju lokasi tersebut, para pengunjung akan dimanjakan dengan  perkebunan  asri.

Bagi Anda yang menyukai berfoto-foto di sini merupakan tempat melimpah untuk mendapatkan spot berfoto cantik nan apik. Jika anda sedang berada di kota Kembang ataupun sekitarnya, tak ada salahnya Anda mampir kesini.

5. Curug Omas
Alamat Curug Omas letaknya berada pada  Desa Langensari, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.
Curug Omas Bandung
Curug Omas merupakan salah satu air terjun yang berada di Kota Kembang Bandung dan dijadikan lokasi plesiran oleh para pengunjung dari berbagai daerah.

Curug ini mempunyai ketinggian an-an lebih 30 sampai dengan 40 m ter dengan kedalaman air hingga 10 meter

Jika kamu mendatangi tempat ini, maka akan meklihat sebuah jembatan diatas Air Terjun tersebut. Dari atas jembatan tersebut bisa melihat hamparan sungai yang terlihat cukup luas.

Suguhan view pemandangannya yang terlihat indah  tentu akan membuat betah setiap mata yang memandangnya. Jika anda berencana plesiran ke sini jangan lupa membawa kamera ataupun handphone untuk mengabadikan setiap tempat-tempat yang menarik.

Lihat Juga : Update, Daftar Wisata Bandung Yang Selalu Rame Pengunjung


 6. Curug Pengantin
Alamat Curug Pengantin tepatnya berada pada Jln. Curug Panganten, Padaasih, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat 40551

Curug pengantin adalah sebuah lokasi wisata yang letaknya berada pada ketinggian  1050 m diatas permukaan laut. Tinggi air terjunnya dari permukaan tanah sekitar 50 s/d 60 m.

Selain air terjunnya sebagai daya tarik utama, view pemandangan alamnya juga sangat menarik nan indah. Walaupun kawasan tersebut belum memiliki fasilitas lengkap seperti air terjun terkenal lainnya, tetapi cukup membuat para pengunjungnya senang.

Jika anda ingin berkunjung ke daerah ini maka waktu terbaiknya pada saat musim penghujan. Karena pada saat musim penghujan aliran air terjunnya akan lebih deras dari pada musim kemarau.

Tetapi apabila kamu ingin melihat kejernihan airnya, maka pada saat musim kemarau adalah waktu yang tepat. Tak hanya menikmati pemandangan air terjunnya, disini kamu bisa berfoto serta menikmati sejuknya udara yang menyegarkan.

 7.  Curug Siliwangi
Alamat Curug Siliwangi  berada  di daerah Bandung bagian Selatan, tepatnya di Desa Cimaung, Kec. Banjaran, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

Curug Siliwangi adalah sebuah tujuan berlibur yang berupa air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 100 m. Sedangkan lokawisata tersebut berada pada ketinggian 1290 m di atas permukaan air laut.

Menikmati indahnya air terjun dan panorama alam sekitarnya, merupakan aktivitas para pengunjung yang sering dilakukan disini.

Kawasan ini juga telah disediakan beberapa fasilitas seperti tempat berkemah, toilet, tempat beribadah, warung jajanan serta area parkir kendaraan.

Selain air terjun dan pemandangan alamnya sebagai daya tarik utamanya, para pelancong yang datang ke sini juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya.

Area wisata disekitar berupa bekas pemancar radio Malabar dan Goa peninggalan zaman Belanda. Jika sedang berada di Kota Kembang tak ada salahnya menjadikan tempat ini sebagai alternatif liburan anda.

8. Curug Layung
Alamat Curug Layung mudah untuk diakses dan tepatnya berada di Kertawangi, Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat 40559, Indonesia.
Curug Layung Lembang
Curug Layung adalah salah satu Curug yang menjadi destinasi liburan bagi masyarakat Bandung maupun sekitarnya. Curug ini hanya mempunyai ketinggian air terjun sekitar 4 s/d 5 meter saja.

Areanya terlihat begitu indah serta terasa sejuk menyegarkan, karena dikelilingi oleh rimbunan pepohonan pinus. Luas lokawisata ini kurang lebih mencapai 12 hektar, sehingga para pengunjungnya dapat sepuasnya mengeksplor kawasan tersebut.

Beberapa aktivitas dapat dilakukan oleh para pelancong seperti bermainan air terjun, berkemah, menikmati keindahan alamnya atau foto-foto.

Di sini ada beberapa Spot menarik untuk berfoto dan berselfie yang menjadi favorit para pelancong. Untuk menambah kenyamanan bagi para pengunjungnya, pihak pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas seperti : area berkemah, toilet, area parkir, warung makan, kamar mandi, gazebo dan lainnya.

9. Curug Maribaya
Alamat Curug Maribaya mudah untuk dijangkau dan letaknya berada pada Jln. Raya Maribaya, Langensari, Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

Curug Maribaya adalah lokasi plesiran dengan sajian menu wisata alam serta keindahan air terjunnya. Lokasinya terasa sejuk, serta masih berada dalam taman hutan raya Juanda Kota Kembang Bandung.

Selain air terjun sebagai objek utamanya disini para pelancong dapat menikmati aktivitas menarik lainnya. Jika anda mendatangi tempat ini bisa menikmati pemandian air panas, permainan anak-anak maupun berkeliling sekitar kawasan hutan.

Jika anda hobi dengan berfoto ataupun berselfie, disini ada Spot paling disukai para pelancong yaitu Sky Bridge Tapak Halimun. Sky Bridge Tapak Halimun merupakan sebuah jembatan dari kayu yang sering digunakan oleh para wisatawan untuk melihat keindahan sekitar area hutan Juanda.

Apabila anda mempunyai rencana berkunjung ke sini tak ada salahnya mengajak keluarga, saudara maupun kerabat agar suasana berlibumu terasa lebih seru nan asyik.

10. Curug Sawer
Alamat Curug Sawer  berada pada daerah Cililin Gabus Girang, Karangtanjung, Cililin, Kab Bandung Barat, Jabar 40562.
Curug Sawer Cililin
Curug Sawer Cililin Bandung satu alternatif untuk berlibur atau sekedar melepaskan rasa penat serta jenuh setelah beraktivitas seharian.

Lokasi Curug sawer berada pada ketinggian 1700 meter diatas permukaan air laut dan menjadikan lokawisata ini mempunyai udara cukup sejuk.

Ditambah lagi dengan pemandangan alamnya  dikelilingi oleh hutan pinus menjadikan area tersebut nyaman untuk didatangi. Walaupun tak setenar atau semenarik air terjun lainnya di daerah Jawa Barat, tetapi kawasan tersebut juga sering disinggahi oleh para pelancong dari berbagai wilayah.

Suasana menarik lainnya yaitu terdapatnya hewan-hewan berkeliaran seperti monyet serta burung-burung di sekitar hutan. Luas area wisata tersebut mencapai 8 hektar dan dikelola oleh KPH Perhutani Cililin dari tahun 1970 hingga sekarang.

Jika anda sedang berlibur pada kawasan tersebut Jangan lupa untuk selalu menjaga kelestarian alamnya. Salah satu nya dengan tak merusak apapun yang  ada disini atau ikut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

11. Curug Cilengkrang
Curug Cilengkrang dikelola oleh Perum Perhutani letaknya berada pada kaki Gunung Manglayang Desa Cilengkrang Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat.

Curug Cilengkrang merupakan sebuah kawasan berlibur  dengan daya tarik utamanya berupa air terjun yang terlihat indah. Air terjunnya mempunyai ketinggian kurang lebih 8 s/d 9 m dengan debit airnya  cukup deras.

Selain mempunyai keindahan air terjunnya para pengunjung yang datang kesini juga akan disuguhkan dengan view dan spot-spot pemandangan alam begitu memukau.

Rimbunan pepohonan dengan nuansa sejuk ditambah lagi dengan kicauan burung-burung bersahutan menjadikan lokawisata tersebut terasa lebih asyik.

Ketika anda merasa jenuh bosan atau sedang tertekan tak ada salahnya mencoba mendatangi area wisata ini. Oke sobatku para traveler ataupun para pelancong, itulah informasi sekilas tentang Curug di Bandung. Tentunya setiap kawasan tersebut mempunyai kelebihan maupun kekurangan tersendiri. Dan apabila anda belum puas dengan wisata tersebut diatas, bisa juga mengunjungi wisata terdekat.

Apabila anda mengunjungi area tersebut di atas, jangan lupa untuk selalu menjaga kelestarian alam dan lingkungannya, supaya dapat dinikmati oleh generasi penerus kita yang akan datang.

Semoga informasi tersebut diatas bermanfaat buat anda semua dan terima kasih.

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Wisatamantul.com. All rights reserved.