Tebing Breksi : Rute Menuju Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Membahas tempat wisata di Jogjakarta khususnya daerah Sleman tentu sangat menyenangkan. Kabupaten ini memiliki potensi  wisatanya banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai kota atau wilayah di Indonesia. Salah satu destinasi wisata di Sleman DIY terbit yaitu tebing breksi.

Tebing Breksi Jogja sebenarnya sudah ada sejak lama tetapi dengan  aktivitas penambangan tebing yang lakukan masyarakat setempat.
Daya Tarik Tebing Breksi
Akibat dari kegiatan penambangan  tersebut maka tebing ini berubah bentuk menjadi pahatan artistik menarik. Setelah aktivitas penambangan dihentikan tempat ini  dinobatkan sebagai salah satu cagar alam yang wajib dilestarikan.

Tebing bekas penambangan tersebut akhirnya disulap menjadi sebuah tempat wisata menarik dan sekarang menjadi salah satu tempat wisata terhits Jogja.

Tebing yang menjulang tinggi serta terlihat kokoh dan gagah tersebut menjadi daya tarik terutama bagi anak anak muda atau para pelancong yang penasaran dengan tempat ini.

Tebing breksi Yogyakarta ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 30 Mei 2015 Tempat unik menarik tersebut sangat pas serts cocok bagi para pelancong terutama anak muda yang menyukai dengan petualangan.

Ada spot dengan konsep petualangan seperti  panjat tebing dan bersepeda atau  sebagai latar berfoto ria yang pastinya instagramable.

Dari ketinggian puncak tebing tersebut para pengunjung dapat menyaksikan kota Jogja, atau tempat-tempat wisata lainnya di Jogja seperti candi sojiwan candi Prambanan Gunung Merapi Candi barong dan lain sebagainya.

Sejarah Tebing Breksi Jogja

Seperti telah saya tulis di atas bahwa tebing breksi merupakan sisa dari penambangan batu alam. Selama bertahun-tahun tempat ini menjadi mata pencaharian para warga setempat untuk menambang batu alam jam berjenis batu kapur breksi.

Tetapi setelah diteliti dan ditemukannya bahwa tempat ini merupakan  gunung api purba Nglanggeran, maka sekitar tahun 2014 an telah dikeluarkan aturan untuk menghentikan aktivitas penambangan tersebut.

Berdasarkan fakta dari hasil penelitian, bahwa  batuan di penambangan batuan breksi ini menunjukkan persamaan dengan mineral yang terkandung dalam abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Dengan demikian bebatuan yang berada di lokawisata tersebut merupakan hasil aktivitas Vulkanik Gunung api Purba Nglanggeran telah berusia sangat tua sekali.

Setelah kegiatan penambangan dihentikan, maka tempat ini disulap menjadi sebuah destinasi wisata di Sleman populer dan hits.

Alamat Tebing Breksi
Wisata Tebing Breksi
Untuk sampai ke Puncak tebing breksi Sleman ini para pengunjung  harus menaiki anak tangga dengan jumlah tak sedikit.

Lokasi tebing breksi mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan baik roda dua maupun dengan roda empat maupun dengan bus. Tebing Breksi Yogyakarta masih termasuk pada cakupan kawasan wisata Candi Ijo Prambanan.

Alamat tebing breksi Jogja tepatnya berada di dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogjakarta 55572.

Jarak dari Candi Prambanan ke Tebing Breksi ini sekitar 7 km dengan perkiraan waktu tempuhnya sekitar 16 menit s/d 20 menit.

Dari pusat Kota Jogja berjarak sekitar 19 km dengan estimasi waktu perjalanan 40 menit - 1 jam.

Rute Menuju Tebing Breksi cukup mudah diakses, Anda bisa mengikuti jalur menuju  Candi Ijo sampai di pertigaan  sebelum SD Negeri Sambirejo, selanjutnya pada pertigaan tersebut bisa  ambil arah belok kiri.  1 km dari pertigaan tersebut  lokasi wisata ini berada.

Apabila Anda bingung dan takut tersesat, lebih baik bertanya kepada warga setempat yang Anda jumpai.

Jam Operasional
Foto Tebing Breksi
Tempat ini dibuka setiap hari  mulai dari hari senin s/d minggu. Untuk Jam Operasional mulai pukul 05.30 21.00 WIB.

Tiket Masuk Tebing Breksi 

Jika anda ingin mengunjungi tempat tersebut, maka tiket masuk tebing breksi pada saat ini adalah GRATIS.

Namun jika anda datang ke sini menggunakan kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah per motor, Rp5 ribu untuk mobil dan dan Rp10 ribu untuk bus.

Mohon di perhatikan:

Harga diatas sewaktu-waktu dapat mengalami kenaikan tanpa adanya pemberitahuan resmi dari pihak pengelola.

Hal yang bisa dilakukan pada saat liburan disini

1. Menikmati keindahan Sunset

Menikmati keindahan Sunset merupakan salah satu daya tarik pada tempat ini yang yang dilakukan oleh para wisatawan. Fenomena keindahan alam ini memang luar biasa dan sayang untuk ditinggalkan. Dengan mengunjungi tebing breksi ini para wisatawan bisa berfoto ketika matahari tenggelam di ufuk Barat pada sore hari.

2. Sensasi bersepeda gunung

Menikmati sensasi sepeda gunung pada kawasan pegunungan ini merupakan Salah satu hal yang menarik dengan penuh tantangan.

Bersepeda pada jalanan datar dan ahlus merupakan hal biasa tetapi jika anda bersepeda di tempat ini tentunya akan menguji adrenalin Dan keberanian.

Para pengunjung bisa bersepeda ada di tebing-tebing yang menjulang tinggi dengan cukup menegangkan. Tentu hal seperti ini akan jarang anda lakukan di tempat-tempat wisata pada umumnya.

3. Serunya Panjat Tebing

Serunya panjat tebing merupakan kegiatan menantang yang disukai oleh beberapa orang terutama bagi anak muda.

Aktivitas panjat tebing tersebut terlihat mudah untuk dilakukan tetapi faktanya susah dilakukan dan penuh dengan resiko, tetapi akan terasa menyenangkan.

Pengunjung yang mendatangi tempat ini bisa melakukan hal menantang tersebut, tetapi harus memprioritaskan keselamatannya.

4.  Menikmati keindahan Sunrise

Selain menikmati  keindahan Sunset, para pelancong dapat juga  merasakan  keindahan Sunrise pada lokawisata ini. Indahnya matahari terbit dari ufuk timur dengan segarnya udara pagi hari tentu akan membuat suasana lebih berkesan.

Anda pun juga bisa mencari keringat dengan berolahraga pagi, sambil menikmati sensasi sunrise yang begitu indah.

5. Membuat foto-foto cantik

Tentu terasa tak lengkap apabila para pengunjung yang datang ke tempat ini tak mengabadikannya dengan membuat foto-foto cantik atau dengan video video unik.

Tebing breksi Jogja  akan menyuguhkan Spot-spot berfoto atau membuat video cantik yang bisa dijadikan sebagai latar  atau biground berfoto.

6. Menikmati kuliner Jogja

Menikmati kuliner Curup adalah salah satu aktivitas wisata yang tak boleh ketinggalan. Disini anda bisa mencicipi menu-menu khas daerah Jogja dengan ciri khas nya yang sudah Tidak diragukan lagi. Apalagi pada saat anda mulai terasa lapar tentu menu Apapun akan terasa lebih nikmat.

Selain mempunyai cita rasa yang enak wisata kuliner Jogja juga terkenal dengan harga yang murah dan tentunya tak akan membuat  dompetmu jebol

7. Mengunjungi tempat wisata di Sleman

Jika para pelancong tak puas mengunjungi tebing breksi Sleman ini, maka bisa mengunjungi tempat wisata di Sleman lainnya.

Banyak sekali destinasi wisata yang lokasinya tak jauh dari tempat ini mulai dari Candi, pantai, wisata alam maupun wisata bersejarah lainnya.

8. Sensasi Jip Wisata "Shiva Platheu".

Selain Menikmati keindahan pemandangan kota Jogja dari atas tebing breksi para pelancong juga dapat menikmati sensasi Jeep wisata Shiva Plateau.

Jeep wisata ini dipersiapkan oleh pengelola untuk para wisatawan untuk mengelilingi tebing breksi. Tak hanya berkeliling di area ini para wisatawan bisa diantar an-nisa ta lainnya yang berada di sekitar Kecamatan Prambanan.

Di sini telah disediakan sekitar 200 unit armada jip  dengan selalu dilakukan pengecekan kondisi Jeep tersebut sehingga layak digunakan sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan.

Para wisatawan bisa menggunakan jasa Jip tersebut dengan rute dari tebing breksi ke beberapa Loka wisata lainnya di Kecamatan Prambanan seperti: Candi Barong, Candi Ijo, Bukit Teletubbies, Desa Wisata Rumah Domes Teletubbies,Batu Papal, Spot Riyadi.

Fasilitas Taman Tebing Breksi

Fasilitas Taman Tebing Breksi memang belum selengkap tempat wisata di Prambanan lainnya, tetapi fasilitas yang ada cukup standar untuk kenyamanan para wisatawan. Dibawah ini beberapa fasilitas yang tersedia.
  • Area parkir cukup luas
  • Musholla dan toilet
  • Tempat menarik untuk berfoto
  • Tempat wisata kuliner
  • Jeep wisata
  • Berkuda (tersedia di hari tertentu saja)
  • Tlatar Seneng dan panggung seni
Semoga kedepannya tempat ini semakin berkembang dan menambah fasilitas lainnya yang lebih baik seperti penginapan, wahana bermain anak dan lainnya.
Gambar Tebing Breksi
Tips Berlibur di Tebing Breksi 
  1. Usahakan pada saat datang ke sini jangan waktu siang hari karena kalau musim kemarau akan terasa terik.
  2. Waktu  terbaik untuk berlibur ke sini yaitu pada pagi hari maupun sore hari.
  3. Jika anda membawa kendaraan pribadi sebaiknya kondisi kendaraan anda dalam keadaan prima, karena jalan menuju tempat ini cukup menanjak dan sempit.
  4. Gunakanlah alas kaki yang tidak licin karena untuk mencapai puncak tebing anda akan menaiki tangga yang jumlahnya cukup banyak.
  5. Supaya lebih seru dan asik ketika melancong ke lokawisata ini bisa mengajak keluarga sodara maupun kerabat.
  6. Jangan lupa membawa kamera ataupun handphone untuk mengabadikan setiap spot-spot tercantik yang ada di lokawisata tersebut.
  7. Mengunjungi tebing breksi pada hari biasa Karena pada saat hari libur tempat ini akan dipenuhi pengunjung mengingat kawasan ini merupakan tempat wisata terbaru dan terhits di Jogja.
Itulah sekelumit tentang deskripsi tebing breksi yang pada saat ini mulai naik daun. Jangan lupa ya kawan untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan Anda saat berkunjung ke sini dan jangan lupa selalu menjaga kebersihan.

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Wisatamantul.com. All rights reserved.