Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Sri Gethuk : Lokasi, Rute dan Tempat Wisata Terdekat

Gunung Kidul adalah sebuah Kabupaten di bagian Selatan di Jogjakarta. Berdasarkan letak geografisnya berada pada dataran tinggi, maka tak heran jika kabupaten tersebut mempunyai destinasi wisata mata yang menjanjikan.

Daerah ini memang terkenal  memiliki berbagai macam pesona keindahan alam dan tak akan kalah  dengan daerah lainnya di Indonesia. 
Air Terjun Sri Gethuk Jogja
Tempatnya banyak menyimpan berbagai tujuan wisata mulai dari pantai air terjun pegunungan Goa dan lainnya.

Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu pesona wisata alam berupa air terjun yang mulai naik daun dan cukup diminati para wisatawan. Selain menyuguhkan berbagai keelokan alamnya para pelancong yang berkunjung ke sini tentu bisa melakukan berbagai aktivitas mengasyikkan.

Sejarah Air Terjun Sri Gethuk

Sejarah Air Terjun Sri Gethuk ini memang tak terlepas dari cerita dan mitos  masyarakat sekitarnya secara turun temurun hingga saat ini. Banyak cerita  bahwa air terjun tersebut merupakan sebuah lokasi berkumpulnya para jin.

Konon katanya para Jin tersebut dipimpin oleh Anggoro meduro. Kumpulan jin  tersebut sangat menyenangi akan musik khas Jawa yang dihasilkan dari gamelan.

Banyaknya para wisatawan ataupun warga sekitarnya  sering mendengar alunan suara gamelan ditabuh. Akan tetapi bila didekati tak ada seseorang yang sedang memainkan musik gamelan tersebut.

Masyarakat sekitar banyak yang memercayai bahwa suara gamelan tersebut merupakan hasil tabuhan dari Anggo Meduro.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Lokasinya mudah untuk dijangkau dengan menggunakan berbagai kendaraan roda dua maupun empat. Akses jalannya juga sudah bagus walaupun dari arah Jogja menuju daerah Gunung Kidul ada beberapa tanjakan.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk tepatnya berada pada Desa Bleberab, Kec. Playen, Kab. Gunungkidul, Jogjakarta.

Jam Operasional

Jam Operasional  Air Terjun Sri Gethuk di buka pada setiap harin dari hari Senin s/d Minggu. Dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Harga Tiket Air Terjun Sri Gethuk
HTM Air Terjun Sri Gethuk
Untuk menikmati berbagai keindahan dan aktivitas seru di sini, maka setiap pengunjung akan dikenakan biaya. Biaya yang dikenakan juga tak terlalu mahal dan masih dalam kewajaran.

Harga tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk sebesar Rp 13 ribu / orang untuk menaiki perahu akan kena tarif  Rp 10 ribu / orang.

Untuk pengunjung dengan membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000/ motor dan Mobil Rp5.000 / mobil.
Rute Menuju Air Terjun Sri Gethuk
Jalan Menuju Air Terjun Sri Gethuk
Berjarak 36 km dari pusat kota Jogja dengan perkiraan waktu tempuhnya 1,5 s/d 2 jam. Rute menuju Air Terjun Sri Gethuk cukup mudah ditemukan.

Apabila dari arah Kota Yogyakarta anda harus mengarahkan kendaraan menuju jalan Wonosari. Ikuti jalan tersebut terus hingga tiba pada daerah Pathuk Gunung Kidul.

Ketika telah sampai pada kawasan Pathuk jalan terus hingga bertemu di pertigaan Gading, selanjutnya ambil arah kanan mengarah ke daerah Playen dan menuju daerah Palian.

Jika telah tiba  di  daerah Palihan, maka akan berjumpa dengan pertigaan, selanjutnya mengambil arah kanan pada pertigaan tersebut. Di sini akan menjumpai papan petunjuk arah menuju area wisata Air Terjun Sri Gethuk.

Ikutilah petunjuk yang ada, apabila bingung ataupun takut tersesat bisa bertanya kepada warga setempat.

Aktivitas di Air Terjun Sri Gethuk

Banyak Aktivitas di Air Terjun Sri Gethuk yang menyenagkan serta mengasyikan dinataranya yaitu

1. Berjelajah di aliran sungai
Letak Air Terjun Sri Gethuk
Berjelajah pada aliran sungai merupakan sesuatu hal menyenangkan serta mengasyikkan ketika berada pada air terjun ini.

Air terjunnya mengalir deras mulai dari puncak hingga perbukitan melalui 6 bebatuan bertingkat dan akhirnya bermuara ke sungai.

BACA JUGA : Ingin Liburan Menyenangkan, Coba Deh ke Puncak Becici Jogja 


Air sungai ini menjadi favorit bagi para pelancong untuk mendapatkan sensasi liburan berselusur sungai. Suasana menyenangkan tentu akan diperoleh bagi setiap pengunjung yang ada di sini. Mengikuti aliran sungai sambil menikmati suasana alam disekitarnya.

2. Serunya Cliff Jumping

Cliff Jumping merupakan kegiatan berlibur yang bisa dilakukan pada lokasi ini. Melakukan Cliff Jumping tentunya  akan bisa memacu adrenalin Anda.

Cara melakukan  Cliff Jumping,  anda tinggal naik ke batu lalu melompatkan diri di kedalaman Sungai Oya. Dengan menceburkan diri  pada permukaan air sungai  memakai pelampung, selanjutnya berdiam diri terbawa arus sungai.

Ketika akan melakukan aktivitas Cliff Jumping sebaiknya Ketika anda akan pulang. Sehingga anda tidak perlu susah payah untuk tracking melewati jalan tadi.

Tentu Aktivitas ini sangat menyenangkan dan bisa menjadi pengalaman terbaru Anda yang belum pernah melakukannya.

3. Aktivitas Berenang
Wisata Air Terjun Sri Gethuk
Selain aktivitas berjelajah aliran sungai para pelancong juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya seperti berenang. Tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke air terjun tanpa mencoba segarnya air terjun.

Pada lokasi ini wisatawan yang berkunjung diperbolehkan untuk berenang pada kolam bawah air terjunnya atau pada aliran sungainya.

Akan tetapi dihimbau tetap harus waspada dan beerhati – hati dan menjaga keselamatan.

4. Aktivitas Berfoto

Aktivitas berfoto merupakan hal yang wajib dan tak boleh terlewatkan. Tentu akan merasa rugi bila mengunjungi kawasan wisata ini tak melakukan foto.

Pemandangan alamnya yang cukup menawan bisa dijadikan Spot berfoto yang menarik. Spot spot indah di kawasan tersebut bisa kamu jadikan sasaran jepretan HP maupun kameramu.

Kamu juga bisa berbagai gaya maupun pose dan menjadikan kawasan sekitar tempat itu sebagai background menarik.

Tentu akan terasa lebih harmonis jika melakukan foto bersama dengan pasangan maupun keluarga kamu sahabat maupun kerabat.

Bagaimana Apakah anda tertarik berlibur ke sini dan berfotografi.

5. Menikmati Wisata Kuliner

Berlibur ke tempat wisata Yogyakarta terutama daerah Gunung Kidul tentu Tak akan ada ruginya. Selain banyak tempat wisata ta murah Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas Jogja.

Menu kuliner nya tentu saja tak hanya akan membuat perutmu kenyang tetapi juga akan memberikan cita rasa yang berbeda.

Selain harganya cukup murah tentu saja kualitas rasanya akan menggugah selera makanmu.

Maka jangan lewatkan ketika berkunjung ke Gunung Kidul atau sekitarnya untuk menikmati wisata kuliner khas Jogja.

Simak Juga :  Tersembunyi, Inilah Keunikan Air Terjun Kedung Pedut Jogja

6.  Berkunjung tempat wisata terdekat
Air Terjun Sri Gethuk Wonosari
Setelah puas berjelajah dan bereksplorasi di Air Terjun Sri Gethuk Wonosari Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata terdekat.

Perlu Anda ketahui bahwa daerah ini merupakan salah satu surganya wisata alam  cukup populer. Jika Anda berniat berlibur di di kabupaten Gunungkidul maka akan menghabiskan waktu berhari-hari. Pada daerah ini banyak sekali tempat wisata yang menarik dan layak untuk didatangi.

Di bawah ini merupakan beberapa tempat wisata terdekat yang ada di sini di antaranya :
Pantai Indrayanti, Pantai Baron, Gunung Pantai Pok Tunggal Goa Pindul, Gunung Api Purba, Pantai Watu Kodok, Gua Jomblang, Air Terjun Kedung Kandang, Pantai Slili, Gua Kalisuci, Pantai Jungwok, Puncak 4G, Pantai Drini dan  masih banyak lainnya.

Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk

Bagi Anda yang pengen berkunjung ke lokawisata ini tak perlu kuatir karena Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk cukup lengkap diantaranya adalah :

1. Warung – warung Makan
2. Toko jajanan dan Oleh – oleh
3. Toilet Umum
4. Kamar Mandi
5. Tempat untuk Ibadah
6. Area Parkir Kendaraan

Tips Wisata Air Terjun Sri Gethuk Wonosari
Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta
Supaya liburan Kamu menjadi nyaman dan asyik tak ada salahnya simak beberapa tips wisata air terjun Sri Gethuk di bawah ini:
  • Datanglah ketika musim kemarau, karena airnya jernih debit air sungainya lebih tenang dan lebih aman buat keselamatan.
  • Jika ingin suasana lebih sepi dan tenang datanglah pada hari biasa atau weekday.
  • Bawalah pakaian ganti, handuk dan perkembangan mandi seperti sabun, sahampo.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang tidak licin.
  • Bagaimana menarik bukan berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk, karena banyak sekali hal-hal menarik bisa kamu dapatkan.
  • Pada saat datang ke lokasi tersebut usahakan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan prima. Jika ingin liburan ke sini datanglah lebih awal, supaya lebih puas berlibur.
  • Jangan lupa membawa HP atau Kamera untuk aktivitas berfotografi
Jangan lupa ya Sobatku semua, jika sedang berada di Jogja dan sekitarnya jangan lupa mampir ke Air Terjun Sri Gethuk. Semoga Anda semua selalu berlibur menyenangkan.

Posting Komentar untuk "Air Terjun Sri Gethuk : Lokasi, Rute dan Tempat Wisata Terdekat"