Coban Rais : Alamat, Tiket Masuk dan Daya Tariknya

Apabila Anda sedang mencari lokasi liburan recommended dengan menyuguhkan view keren tak ada salahnya  mendatangi Coban Rais.

Tempat ini menyajikan view pemandangan alam yang terpampang apik serta menarik.

Tak hanya view air terjunnya  menjadi daya tarik utama, tetapi spot-spot cantiknya juga akan membuat para pengunjungnya merasa nyaman serta betah.
Coban Rais Malang
Tentang Coban Rais

Pada waktu dulu sebelum lokasinya direnovasi dan diinovasi, pengunjung yang ke sini hanya segelintir orang saja.

Akan tetapi setelah tempatnya menyediakan berbagai fasilitas serta wahana, tak disangka lokasinya menjadi lebih ramai dan tak pernah sepi dari para wisatawan.

Keindahan Alam Coban Rais

Sebelum bernama Coban Rais masyarakat menyebut kawasan ini dengan nama cobaan sabrangan.

Berdasarkan filosofi sabrangan berarti menyebrang, mengingat bahwa untuk menuju air terjunnya harus terlebih dahulu menyeberangi air sungai.

Coban Rais adalah  Air Terjun dengan ketinggian  kurang lebih 1025  mdpl, serta memiliki ketinggian air terjunnya antara 75 s/d 80 m.

Berdasarkan letaknya tentunya untuk sampai di lokasi nya harus memerlukan perjuangan cukup ekstra keras.

Menuju lokasinya  Anda harus berjalan setapak sempit , menaiki bebatuan, melewati jembatan besi dan menyeberangi sungai.

Namun tak usah kuatir semuanya akan lunas terbayarkan, apabila  telah sampai di tujuan. Banyak sekali spot-spot cantik dan view indah yang akan kamu jumpai di sini.

Alamat Coban Rais
Alamat Coban Rais Malang
Untuk sampai pada lokasinya memang cukup sulit karena letaknya cukup jauh dari jalan utama. Tetapi tak  perlu khawatir, karena lokawisata tersebut sudah tercantum di aplikasi Google Maps.

Jadi cukup dengan mengetikkan Coban Rais di aplikasi Maps dengan  smartphone Anda. Alamat GPSnya yaitu 7° 58′ 1.55″ S 112° 30′ 1.23″ E .

Alamat Coban Rais tersebut terletak di kota Malang tepatnya berada di Dusun Dresel, Desa Oro Oro mbo, Kota Batu, Jatim.

Rute Jalan Menuju Coban Rais

Apabila Anda sudah berada di Kota Batu, Rute Jalan Menuju Coban Rais ini dapat ditempuh kurang lebih sekitar 30 s/d 50 menit tergantung dari situasi jalan dan cuaca.

Dari pusat kota Batu berjarak sekitar 7 km dan dari pusat Kota Malang jaraknya sekitar  20 km dengan estimasi waktu perjalanan 50 menit s/d 1 jam.

Untuk menuju ke lokasinya  dapat  melalui Terminal Batu ke arah Studio Batu. Dari sinilah Kamu dapat menemukan petunjuk arah menuju air terjun coban rais.

Untuk selanjutnya setelah melakukan parkir kendaraan yang telah disediakan, kamu harus melakukan perjalanan dengan jalan kaki.

Berjalan melalui jalan setapak serta menyebrang sungai adalah tantangan tersendiri. Ketika akan berkunjung ke sini akan lebih baik memakai sepatu yang nyaman dan tak licin.

Harga Tiket Masuk Coban Rais
Harga Tiket Masuk ke Coban Rais
Seperti tempat wisata alam pada umumnya area liburan ini akan mengenakan biaya kepada pengunjung. Harga Tiket Masuk Coban Rais tergolong cukup murah dan tak akan membuat kantongmu jebol.

Untuk biaya tiketnya sebesar 10 ribu akan dikenakan per orangnya. Area wisata air terjun tersebut dibuka setiap hari, mulai dari pagi sampai dengan sore hari. 

Penting : Perlu diingat harga di atas belum termasuk biaya lainnya atau wahana lain, jika akan menggunakan fasilitas tersebut tentu harus bayar dengan biaya variasi dan harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Wahana Coban Rais

Untuk meningkatkan kualitas  dan kenyamanan bagi para wisatawan maka pihak pengelola terus berbenah dan bersolek.

Bukan hanya menyuguhkan keindahan air terjun dan wisata alam, tetapi ada juga  spot instragamable. Banyaknya berbagai tempat unik serta keren membuat objek wisata tersebut banyak dilirik para wisatawan dari berbagai daerah.

Aktivitas Seru dan Menarik

Di area ini ada sekitar 30 lebih spot beroto dengan berbagai keunikannya masing-masing. Ada wahana menarik  tersedia sepeperti: Flying Fox, Sepeda Terbang, Hammock Tower, Batu Flower Garden, dan lainnya. Setiap spot didesain dengan latar atau biground pemandangan alam terlihat indah.

Di bawah ini merupakan aktivitas yang dapat dilakukan oleh para pelancong ketika berlibur ke sini.

1. Menikmati Indahnya Air Terjun
Coban Rais Malang
Menikmati Indahnya Air Terjun merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh wisatawan. Di sini pengunjungnya bisa menikmati indahnya alam dan berfoto dengan latar utamanya air terjun.

Area ini terdapat sebuah bukit yang bernama bukit gumuk yang terletak di sebelah kiri jalan ketika akan menuju lokasi air terjun.

Dari perbukitan tersebut, para pelancong bisa menikmati pemandangan Kota Malang atau sekitarnya.

Setibanya di lokasi, para pengunjung akan disambut semburan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter.

Ketinggian Coban  Rais lebih dari 1020 mdpl dengan panorama alamnya terlihat indah dan sangat bagus untuk berswafoto.

2. Asyiknya Bukit Bulu dan Batu Flower Garden
Wahana Batu Flower Garden
Asyiknya Bukit Bulu dan Batu Flower garden bisa Anda coba ketika berkunjung ke Coban Rais. Tersedianya gardu pandang serta spot untu berselfie di atas bukit, menjadikan lokasi ini  lebih populer.

Bahkan, Bukit Bulu dan Batu Flower garden  menjadi lokasi favorit untuk untuk liburan pada akhir pekan atau hari libur nasional.

Pemandangan pada bukit ini  sangat indah, hijau dan sangat nyaman dipandang mata. Tempat yang menyuguhkan spot untuk selfie dengan tulisan I Love You, ada juga spot berselfie berupa ayunan pada atas bukitnya.

Selain  Bukit Bulu, ada juga tempat wisata baru lainnya yang masih satu kawasan yaitu Batu flower Garden. Spot keren ini merupakan sebuah taman bunga dengan keunikannya yaitu berada pada bibir bukit.

Berbagai macam tanaman bunga ada di sini dan bisa dijadikan sebagai spot selfie keren terutama bagi kaum hawa yang senang bunga.

3. Treking Menuju Lokasi Air Terjun

Trekking adalah salah satu aktivitas yang dapat dilakukan oleh para wisatawan, karena untuk sampai ke lokasi air terjunnya  harus berjalan  kaki cukup jauh.

Jalurnya cukup menantang serta melelahkan, dari loket pintu masuk menuju lokasi bisa sekitar 1 jam dengan menyusuri bukit, hutan serta sungai.

Kondisi alamnya masih begitu asri dengan udara yang sejuk menyegar.

Para wisatawan juga melewati sebuah taman indah penuh bunga-bunga cantik yang bagus untuk berfoto yaitu Batu Flower Garden.

Di kawasan ini masih banyak kera-kera liar berkeliaran dan tak jarang kera-kera tersebut menampakkan diri di pepohonan.

Rimbunnya semak-semak belukar dan keindahan lanskap alam pegunungan  selama melakukan perjalanan.

4. Spot Berfoto I LOVE U
Spot Berfoto Coban Rais
Spot berfoto I LOVE U merupakan bagian dari kawasan ini yang menjadi favorit para wisatawan untuk melakukan fotografi

Spot tersebut cukup diminati terutama bagi kaum hawa ataupun pasangan muda-mudi. Sekitar awal tahun 2017 pihak pengelola terus berias dan bersolek untuk meningkatkan daya tarik area liburan ini.

Dengan adanya beberapa spot wisata terbaru dengan ramah kamera serta akan bagus sebagai biground gambar berfoto.

Kawasan ini memang menyajikan berderet spot-spot bagus nan romantis. Spot berfoto ‘I Love U’  merupakan salah satu ikon dari wisata air terjun Coban Rais.

Berada pada sebuah lembah yang letaknya berdampingan dengan tempat bagus lainya yaitu taman Bukit Bulu.

Di sini udaranya sejuk menyenangkan dan akan menyajikan keromantisan bagi yang berfoto. Spot ini menjadi spot swafoto yang diburu oleh para wisatawan serta  mereka rela antri untuk memperoleh foto unik nan cantik di spot tersebut.

5. Asyiknya Menikmati  Hammock
Hammock Tower Coban Rais
Hammock adalah jenis tempat tidur atau tempat bersantai yang berupa kain seperti ayunan digantung pada kedua sisi ujungnya.

Hammock atau hammock camp ini merupakan sebuah spot menarik yang bisa pengunjung nikmati dilokasi ini. Jika memasuki area hammock tersebut Anda akan langsung dipandu oleh Team dari BFG HAMMOCK Camp.

Di sini pengunjung bisa memilih sendiri wahana hammock sesuai dengan selera dan peralatannya sudah sesuai dengan standar. Banyaknya berbagai pilihan wahana hammock tentu akan menambah keseruan saat mencobanya.

Beberapa pilihan Hammock seperti Hammock Garden, Hammock Tower, Flying Hammock, Triangle Hammock Tower dan Spider Hammock.

Bagaimana apakah Anda tertarik dengan wahana ini ?

Serunya wahana sepeda udara dan hujan salju
wisata sepeda udara di Malang
Serunya wahana sepeda udara dan hujan salju bisa juga dirasakan oleh pengunjung yang datang ke tempat ini. Menggowes sepeda di daratan dah hal yang biasa, tetapi mengayuh  sepeda di udara adalah sebuah  tantangan tersendiri.

Wahana Sepeda Udara adalah salah satu spot yang dapat memacu adrenalin para pelancong yang berlibur di kawasan wisata ini.

Selain memacu adrenalin sambil menikmati keindahan, sepeda udara tersebut juga dapat sebagai spot berfoto menarik. Selain menaiki serunya sepeda udara Anda bisa juga merasakan sensasi zona hujan salju.

Coban Rais terdapat sebuah zona khusus yang merupakan kawasan putih ‘bersalju’ seperti di luar negeri. Di spot khusus ini ada juga rumah Eskimo dilengkapi dengan halaman yang ada tumpukan salju.


Baca Juga : Ingin Berlibur Menyenangkan, Coba Deh ke Jatim Park 2 Ajah


Untuk melindungi para pelancong pihak pengelola telah menyediakan berbagai perlengkapan seperti : pakaian, topi pelindung dan kaos tangan.

Dengan didisain menarik serta ornamen-ornamen yang ada, maka berfoto di spot ini dapat menghasilkan gambar bagus nan menarik.

6.  Melakukan Camping atau Berkemah
Camping di Coban Rais
Melakukan Camping atau berkemah merupakan salah satu aktivitas menyenangkan bagi mereka yang menyukai.

Di Coban Rais adalah tempat wisata alam yang juga disediakan area perkemahan. Karena memiliki kondisi alam menantang  area ini pun sering dijadikan lokasi pilihan untuk bercamping atau berkemah.

Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka penyuka petualangan alam bebas, seperti mahasiswa, pelajar dan lainnya.

Mungkin bagi kalian penyuka tantangan atau suka berpetualang, tak ada salahnya mencoba sensasi camping di sini.

Tips Berwisata di Coban Rais

Di bawah ini adalah beberapa Tips Berwisata di Coban Rais yaitu
Sebelum berkunjung ke sini pastikan kondisi badan dalam keadaan fit dan prima.
  • Apabila mengendarai kendaraan pribadi  pastikan semuanya terkunci dengan aman kalau perlu pakai kunci pengaman ganda.
  • Ketika melakukan tracking  lebih berhati-hati karena medanya terjal dan gunakanlah alas kaki yang nyaman dan tak licin.
  • Bawalah perbekalan cukup terutama persediaan air minum karena medannya cukup jauh dan cukup menguras tenaga.
  • Jagalah kebersihan dan jangan merusak apapun yang ada pada tempat ini termasuk pohon-pohon.
  • Jangan mandi di bawah Air Terjun, karena jika  hujan tiba akan deras arusnya dan sangat berbahaya buat Keselamatan.
  • Sebaiknya melakukan tracking ketika tak musim penghujan, karena jalurnya lebih licin dan cukup berbahaya buat Keselamatan.
  • Jangan lupa ya membawa HP atau kamera untuk berfoto-foto pada spot-spot cantik nan menarik.                                

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Wisatamantul.com. All rights reserved.