Curug Lawe : Alamat, Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju Lokasi

Curug Lawe adalah sebuah air terjun yang letaknya berada pada kawasan Gunung Ungaran dan dijadikan tempat wisata di Semarang. Air pada curug tersebut benar-benar terlihat begitu bersih dengan view pemandangan alamnya  sangat indah.
Curug Lawe Semarang
Lokasinya berada pada sebelah utara  anak Gunung Ungaran dan merupakan hulu Kali Banjir Kanal Barat. Ada dua versi mengenai pemberian nama curug lawe tersebut.

Versi pertama airnya jatuh dari tebing curam itu tampak seperti benang halus berwarna putih, di dalam bahasa Jawa  disebut lawe. Versi kedua konon katanya jumlah air terjunnya berjumlah 25 buah dari yang besar sampai kecil atau selawe.

Lokasi Curug Lawe

Lokasi Curug Lawe tak begitu jauh dari Curug Benowo yang juga merupakan salah satu wisata air terjun di Semarang. Alamat Curug Lawe tepatnya berada  pada Desa Kalisidi, Gunung Pati, Kec. Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Atau berada pada bagian  sebelah barat dari lereng Gunung Ungaran. Berjarak 12 km dari Kota Semarang dan 7 Km dari Alun-alun Kota Ungaran.

Keindahan Alam
Curug Lawe Ungaran
Berlibur ke air terjun  ini tentu terasa menyenangkan, selain itu biayanya sangat murah. Karena lokawisata tersebut merupakan salah satu tempat wisata murah di Semarang. Berkunjung ke sini memang sedikit penuh perjuangan mengingat lokasinya cukup terjal serta curam.

Menelusuri jalur tersebut akan rasa cukup melelahkan, tentu saja hal ini akan langsung terobati dengan menyaksikan keindahan alam.

Ketika melewati jembatan para wisatawan sudah bisa menyaksikan air terjun dengan aliran sungainya yang jernih. Aliran sungai yang terus mengalir tak ada hentinya sesekali bertabrakan dengan bebatuan sehingga menimbulkan suara dari.

Suara yang ditimbulkan dari air terjunnya terdengar cukup jauh sehingga menimbulkan suasana yang berbeda. Aliran airnya tak ada hentinya  dan kerap bertabrakan dengan bebatuan yang ada di sekitar kaki air terjun tersebut.

Ketika berada pada sekitar lokasi air terjunnya para wisatawan bisa merasakan percikkan airnya yang jernih dan menyegarkan. Selain itu lokasinya terlihat unik dan indah karena tebing pada pinggirnya terlihat seperti cekungan.

Debit airnya cukup deras mengalir pada tengah cekungan tersebut akan melengkapi daya tarik pada Curug Lawe ini. Maka tak heran kalau tempat wisata di Ungaran ini, mulai ramai diserbu para wisatawan terutama saat hari libur.

Cara Menuju Curug Lawe
Curug Lawe Waterfall
1.  Dari alun-alun kota Ungaran
Apabila kamu memulai perjalanan dari alun-alun Kota Ungaran berkendara menuju Mapangan. Selanjutnya dari Mapangan arahkan Kendaraan menuju ke Boja.

Sesampainya di daerah Boja kamu akan menemukan pertigaan Ambillah arah  kiri menuju Desa Sumur Gunung. Teruskan perjalananmu hingga bertemu lagi dengan persimpangan tiga, lalu ambilah jalan menuju perkebunan teh Zanzibar.

Setelah itu kamu akan menemukan  pertigaan lagi, selanjutnya beloklah ke kiri lalu teruslah berjalan hingga sampai pada lokasi tujuan.

2.  Dari Pusat Kota Semarang
Apabila anda memulai perjalanan dari pusat Kota Semarang bisa menuju ke UNNES atau Universitas Negeri Semarang. Sebelum gerbang utama UNNES Anda akan menjumpai pertigaan, ambilah arah ke kiri untuk melalui jalan utama. Selanjutnya akan bertemu lagi dengan pertigaan .

Dari pertigaan tersebut akan menjumpai jalan menurun dan menanjak. Ambilah jalur ke arah kanan atau jalur menurun. Setelah itu akan menemukan lagi  pertigaan, selanjutnya beloklah ke kiri akan mengantarkan Anda ke lokasi tujuan.

Pada jalur ini terdapat papan petunjuk yang dapat membantu para wisatawan sampai ke lokasi tujuan. Apabila merasa kebingungan sebaiknya bertanya kepada warga atau juga bisa menggunakan fasilitas Google Maps.

Harga Tiket Masuk Curug Lawe Semarang

Seperti tempat wisata alam pada umumnya, ketika berkunjung ke curug ini, maka setiap pengunjung akan dikenakan biaya. Harga tiket masuk Curug Lawe terbilang sangat murah, sertiap pengunjungnya hanya dikenakan biaya Rp. 5.000.

Sedangkan untuk parkir kendaraannya akan dikenakan biaya parkir antara Rp2.000 sampai dengan Rp5.000 per kendaraan.

BACA :  Inilah Wahana Permainan Terbesar di Jawa Tengah yang Cocok Untuk Wisata Keluarga


TIPS PENTING WISATA KE CURUG LAWE
Lokasi Curug Lawe Semarang
Sebelum melakukan kunjungan wisata alangkah baiknya mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Untuk mengurangi hal hal yang mengganggu kenyamanan dalam berlibur tak ada salahnya Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini.

Ketika hari libur atau weekend tempat ini cukup padat diserbu pengunjung, maka sebaiknya anda mengunjungi lokasi wisata ini saat hari biasa atau week day.

Jika anda harus berkunjung pada hari libur usahakan berangkat lebih awal. Berangkat lebih awal tentunya anda akan lebih leluasa menikmati suasana pemandangan alam di sini.

Selain itu juga pada saat perjalanan pulang ke rumah tak akan mengalami kemalaman di jalan. Mengingat rute perjalanan menuju lokasi Air Terjunnya cukup curam, sebaiknya menggunakan alas kaki yang nyaman dan tak licin.

Usahakan berkunjung ke sini tidak musim penghujan, karena jalur yang akan dilalui akan semakin sulit dan semakin licin. Tempat liburan ini memang masih minim fasilitasnya oleh karena itu sebelum datang ke lokasi ini sebaiknya membawa perbekalan dari rumah.

Pemandangan alam di sini cukup bagus untuk dijadikan Spot foto oleh karena itu bawalah HP atau kamera untuk dijadikan sasaran jepretan kamera maupun HP kamu.

Sobatku para traveller atau para pelancong semuanya, itulah sekelumit tentang Curug Lawe. Semoga liburan kamu selalu menyenangkan, jangan lupa ya selalu menjaga kesehatan keselamatan dan kebersihan pada saat berlibur.

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Wisatamantul.com. All rights reserved.