Gunung Api Purba Jogja : Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Embung Nglanggeran

Gunung Api Purba adalah sebuah gunung berapi yang berada di daerah Gunung Kidul Jogja dan  terbentuknya pada waktu jutaan tahun lalu.

Kabupaten tersebut terkenal akan destinasi wisata seperti pantai, air terjun dan perbukitan kars atau bukit kapur. Gunung Purba Nglanggeran tersebut juga sudah memperoleh pengakuan Dunia Internasional sebagai Geopark.
Gunung Api Purba Yogyakarta
Karena memiliki nilai ekologi dan warisan budaya serta dijadikan sebagai lokasi konservasi dan edukasi.

Tempat Wisata di Jogja ini sangat indah nan menakjubkan, tetapi jika akan merasakan sensasi berbeda maka pengunjung harus melakukan tracking kearea puncaknya.

Profil Gunung  Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba  letaknya  pada sebelah utara Kabupaten Gunungkidul yang memiliki ketinggian kurangnya lebih antara 600-700 mdpl serta memiliki  luas kawasan pegunungan hingga 48 hektar. Rata-rata suhu udara pada kawasan ini bekisaran antara 23˚ C – 27˚ C.

Lokasinya merupakan sebuah kawasan  litologinya yang tersusun oleh berbagai macam material vulkanik sudah tua. Bentangan alamnya memancarkan keindahan serta secara geologi terlihat begitu unik serta mempunyai nilai ilmiah tinggi.

Dari berbagai kajian serta hasil penelitian para ahli, dinyatakan bahwa Gunung Nglanggeran ini merupakan Gunung Berapi Purba. Keindahan serta pesona alamnya begitu memikat bagi siapapun yang melihatnya.

Adanya bongkahan bebatuan menjulang tinggi yang dulunya adalah gunung berapi aktif diperkirakan sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Alamat Gunung Api Purba
Lokasi Gunung Api Purbo Jogja
Untuk sampai ke lokasinya  memang cukup jauh dari area perkotaan dan penuh dengan tanjakan cukup menantang. Walaupun begitu  akses menuju lokasi tersebut terbilang sudah cukup baik dan bisa dilewati berbagai macam kendaraan.

Alamat Gunung Api Purba berada pada Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kab. Gunungkidul, Jogja.

Harga Tiket Masuk Gunung Berapi Purba

Seperti halnya tempat wisata Jogja lainnya, maka setiap orang yang berkunjung ke sini akan dikenakan biaya. Di sini setiap pengunjung yang datang, tiketnya akan dibedakan antara pagi hari dan malam hari.

Harga  Tiket Masuk Gunung Berapi Purba cukuplah terjangkau yaitu sebesar Rp.15 ribu untuk siang hari dan Rp.20 ribu pada malam hari untuk setiap pengunjung.

Harga tersebut tentunya bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu sesuai ketentuan pihak pengelola. Di sini pihak pengelola  juga telah menyediakan paket wisata menarik bagi wisatawan yang berminat.

Fasilitas Gunung Api Purba

Untuk menarik para wisatawan berdatangan ke sini dan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya, maka telah disediakan beberapa fasilitas.

Fasilitas Gunung Api Purba diantaranya adalah :
Pusat Informasi, tempat Kuliner, Posko Kesehatan, Balai pertemuan, Toilet, Home Stay, Jalur Pendakian, Tempat untuk ibadah dan area Camping Ground

Berdasarkan data dari pihak pengelola, pengunjung yang datang ke lokasi ini dari  tahun ke tahun mengalami peningkatan. Wisata alam Jogja  memang  cocok bagi Anda yang menyukai petualangan . Maka tak heran jika banyak kawula muda atau mahasiswa mendatangi kawasan tersebut.

Akses menuju Gunung Api Purba Jogja
Akses menuju Lokasi Gunung Api Purba
Akses menuju Gunung Api Purba Jogja tergolong mudah karena infrastrukturnya cukup memadai. Bisa memakai kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum dan mempunyai jarak sekitar 24 km dari pusat kota Jogja.

1.  Dari Arah Kota Jogja

Dari Jogja bisa melalui Jl. Raya Wonosari menuju arah ke Bukit Patuk, setibanya di perempatan pos Polisi mengambil arah ke kiri menuju  tower pemancar.

Sekitar kurang lebih jarak 1 km dari deretan pemancar tersebut ada plang ‘Ekowisata Gunung Api Purba’. Untuk sampai ke tujuan diperlukan  waktu sekitar 50 s/d 1 jam perjalanan memakai kendaraan bermotor.

2.  Dari Arah Tempat Wisata Prambanan

Jika dari tempat wisata Prambanan  jaraknya kurang lebih sekitar 20 km, Anda dapat ambil rute Pasar Prambanan - arah Piyungan - menuju Bukit Bintang Patuk - Radio GCD FM - ke arah Desa Ngoro-oro dan menuju ke arah Desa Nglanggeran.

Jalur Pendakian Gunung Api Purba Jogja
Daya Tarik Gunung Api Purba
Ada beberapa pilihan rute pemanjatan pada tebing gunung tersebut, mulai ringan, sedang sampai dengan tinggi diperuntukan bagi  pemanjat professional.

Kawasan tebing tersebut selalu ramai di serbu oleh para pemanjat dari berbagai daerah di Indonesia. Ada beberapa jalur pendakian seperti : Jalur silvana, jalur nyingnying merupakan jalur yang di buat oleh Majestik-55.

Serta ada juga beberapa jalur pendakian lainnya yang dibikin oleh Komunitas Panjat Tebing Yogyakarta. Perjalanan dan pendakian menuju puncak gunungnya akan melalui lorong-lorong bebatuan cukup sempit.

Jarak tempuh pendakian akan memakan waktu lebih kurang 2 jam untuk sampai pada puncak tertinggi gunung ini. Ketika berangkatnya pada sore hari, wisatawan bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam.

Selain itu juga para pengunjung di sini perlu memakai tali untuk bisa menaiki bukit-bukit pendek. Adanya papan petunjuk bertujuan supaya para wisatawan tak mengalami salah arah atau tersesat.

Pesona Embung Nglanggeran
Embung Nglageran Jogja
Embung Nglanggeran adalah bangunan yang berupa kolam mirip sebuah telaga dengan  ketinggian sekitar 500 meter pada permukaan air laut. Pesona tempat wisata Gunug Kidul ini memang mempesona dan layak untuk dijadikan salah satu alternatif wisata alam di Jogjakarta.

Embung tersebut diperkirakan memiliki luas mencapai 5.000 meter persegi dan  difungsikan sebagai tempat menampung air hujan.

Ketika musim kemarau tiba embung tersebut dipakai untuk mengairi kebun buah disekitarnya seperti buah durian, kelengkeng dan rambutan.

Pada tahun 1999 tempat wisata Yogyakarta ini dikelola oleh karang taruna Bukit Putra Mandiri fasilitasnya belum lengkap. Sehingga pada tahun 2008 Badan  Pengelola Desa Wisata Nglanggeran (BPDWN) mengambil alih tempat ini.

Melihat banyaknya potensi ekowisata dan budaya, maka pihak pengelola yaitu BPDWN menambah dan melengkapi berbagai fasilitasnya.

Bagaimana apakah Anda penasaran dengan Gunung Api Purba Jogja dan ingin berkunjung kesana? Jangan lupa ya ajak keluargamu, kerabat atau sahabatmu biar liburanmu terasa lebih seru.

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Wisatamantul.com. All rights reserved.