Saloka Thema Park Semarang : Alamat, Tiket dan Wahana

Berbicara mengenai destinasi wisata Semarang ada sebuah objek wisata terbaru dan mulai naik daun. Saloka Theme Park Semarang merupakan tempat wisata di Jawa Tengah.

Lokawisata tersebut resmi di buka buat umum pada tanggal 15 Desember 2018 lalu. Kawasan Wisata keluarga tersebut dikelola dan dioperasikan oleh PT. Panorama Indah Permai.

Saloka Theme Park Salatiga
Jika Anda sedang berada di daerah Semarang dan sedang mencari tempat wisata keluarga, maka tempat ini sangat recommended untuk dijadikan pilihan berlibur.

Saloka Park adalah sebuah tempat wisata hits di Jawa Tengah, yang dibangun pada lahan seluas kurang lebih 18 hektar.

Dengan di dirikannya lokawisata tersebut  diharapkan menjadi solusi dan alternatif tempat berwisata terutama pada musim liburan. Letaknya strategis, serta didukung akses jalan tol ke lokasinya, diharapkan kawasan ini menjadi tempat wisata primadona bagi masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya.

Nama Saloka  terinspirasi untuk mengangkat budaya lokal dari cerita legenda Rawa Pening yang cukup terkenal. Legendamtentang Baru Klinthing dengan seekor naganya dan merupakan putra Ki Hajar dan Nyai Salokantara.

LOKASI SALOKA PARK SEMARANG

Lokasinya cukup strategis dan sangat mudah untuk ditemukan. Tempat wisata hits ini berlokasi di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Kota Semarang, Kab. Jawa Tengah 50773.

Untuk keperluan Informasi bisa menghubungi nomor kontak atau telepon di nomor 0298-322266. 
Atau juga bisa  mengikuti akun medsos Instagram @salokapark.

HARGA TIKET MASUK SALOKA PARK SEMARANG
Saloka Theme Park Harga Tiket
Harga Tiket masuk Saloka Park Semarang  cukuplah terjangkau dan tentunya masih nyaman dengan isi kantongmu. Wisatawan yang berkunjung ke sini  akan dikenakan biaya sebesar Rp 120 ribu pada saat hari biasa (weekday) dan Rp 150.000 pada hari libur (weekend).

Dengan membayar tiket tersebut pengunjung sudah bebas bermain di berbagai wahana yang telah tersedia. Sedangkan untuk bisa mencicipi kulinernya  harganya bervariasi dan di bandrol dengan harga antara Rp 5.000 s/d Rp 25.000.


Jam buka Saloka Thema Park di mulai pada pukul 10.00 – 18.00 WIB (weekdays), sedangkan untuk weekend di buka dari pukul 10.00 – 20.00 WIB.

WAHANA PERMAINAN DI SALOKA PARK


Saloka Park  merupakan satu-satunya tempat wisata Semarang  dengan menyuguhkan arena permainan paling lengkap. Terdapat  lebih dari 25 wahana yang disiapkan untuk pengujungnya  yang dibagi menjadi limat zona.

Anda bisa merasakan berbagai keajaiban yang terdapat pada Zona Pesisir,Kamayayi, Balalantar, Ararya, dan Segara Prada. Taman rekreasi tersebut tak hanya menyuguhkan wahana permainan tetapi juga memberikan suasana gembira serta menyenangkan.

Di bawah ini adalah beberapa wahana permainan andalan yang bisa dicoba yaitu:

1. Zona Pesisir
Saloka Theme Park Tuntang
Zona Pesisir akan memanjakan setiap pengunjung mulai dari desain, interior sampai dengan bangunannya serasa berlibur di pantai.

Di sini ada beberapa wahana yang bisa  di coba antaranya Lumbung Ilmu Galileo, replika Kapal Jenju serta Taman Galileo. Jangan sampai Anda terlewatkan serta ketinggalan dengan keseruan  pada zona pesisir tersebut

Arena Jejogedan Kapal Jenju

Arena Jejoge dan mempunyai latar Kapal Jenju dengan menyajikan keindahan air mancur bergerak-gerak dengan kombinasi sinar lampu berwarna-warni.

Lumbung Ilmu Galileo

Lumbung Ilmu Galileo (science center) merupakan pusat  ilmu pengetahuan yang berguna untuk berbagai kalangan, terutama untuk anak-anak maupun pelajar. Di tempat ini para pengunjungnya akan diajak mengenal tokoh ternama di dunia termasuk Indonesia.

Pada zona pengetahuan bisa mengenal Zona Disester, Prasejarah, Bumi, Zaman Es,  Flora dan Fauna, zona Tubuh Manusia, serta tentang Antariksa. Banyak berbagai ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan  melalui gambar, video, tulisan, replika sampai dengan permainan.

Kafe Jenju

Kafe Jenju akan menjamu kamu  dengan sajian menu donat dan pizza menggunakan berbagai macam topping.

Kafe berkonsep ala pantai tersebut didisain menggunakan interior papan kayu selancar sebagai meja. Tentu suasana ini akan membuat Anda berasa terlihat mirip seperti di kafe kafe  dekat pantai. 

Untuk masalah harga masih cukup terjangkau dan tentunya tak akan membuatmu merogoh kocek dalam.

Cakrawala
saloka theme park wahana
Cakrawala (ferris wheel) merupakan sebuah wahana berupa kincir besar memiliki tinggi sekitar 33 meter. Tersedia 22 gondola dengan durasi sekali putaran sekitar 15 menit. Dari atas permainan tersebut pengunjungbisa menikmati pemandangan indah disekitarnya.

2. Zona Balalantar

Zona Balalantar merupakan sebuah zona di sediakan buat para wisatawan dengan tema hutan belantara.

Tempat ini ada beberapa atraksi serta wahana yang bisa untuk dinikmati bersama keluarga. Memasuki kawasan balalantar, maka kamu akan sudah ditunggu penghuni hutan.

Pada zona Balalantar terdapat beberapa wahana seru seperti Jamur Apung, Angon Ingon, Kumbang Layang, Safari Bocah,Adu Tangkas dan Adu Nyali.

Angon Ingon
Saloka Theme Park Dimana
Angon Ingon merupakan wahana edukasi buat anak berupa kebun binatang.

Pada tempat ini anak-anak bisa bermacam-macam  kura-kura, kelinci, burung, unggas dan hewan lainnya. Kebun binatang tersebut mempunyai luas sekitar 1.240 meter persegi.

Ada berbagai macam burung dan unggas, seperti burung belibis, burung macaw, jalak bali, burung sun conour, bebek mandarin, merak biru, merak putih, ayam lady amherts pheasant dan ayam  golden pheasant. 

Tentu ini akan membuat anak-anak menjadi lebih senang dan bertambah pengetahuan.

Kumbang Layang
Tiket Saloka Park Salatiga
Kumbang Layang adalah sebuah wahana  dengan ketinggian sekitar 4 meter dan berjenis air bike yang akan memutar 360 derajat.

Panjang lintasan air bike tersebut sekitar 500 m dilengkapi dengan MP3 serta dapat terhubung dengan bluetooth.

Serunya menaiki wahana kumbang layang bisa melihat keadaan sekitar lokawisata ini. Ini bisa dijadikan pengalaman baru, unik serta menarik.

Agrowisata Ijo Royo Royo

Agrowisata Ijo Royo Royo  merupakan Wahana edukasi dan rekreasi untuk mengenal bermacam-macam tanaman buah seperti jambu biji, srikaya, nangka, manggis, sawo, jeruk bali dan durian.

Luas area pada Wahana tersebut sekitar 5.262 meter persegi selain tanaman buah juga terdapat tanaman bunga.

Pada area ini bisa dijadikan tempat rekreasi menyenangkan sekaligus menambah ilmu pengetahuan bagi pelajar ataupun anak kecil.

Safari Bocah

Safari Bocah ialah wahana berupa kereta yang akan  mengantarkan pengunjung berjelajah antara rumah jamur dan  taman bunga.

Untuk setiap kereta bisa ditumpangi oleh 4 orang dewasa dan anak-anak, dengan  durasi waktu berkeliling kurang lebih  5 menit.

Di area safari bocah menyediakan 8 kereta melayani para pelancong ketika berlibur ke sini.

Adu Tangkas

Adu Tangkas yaitu berupa arena permainan mekanik beradu ketangkasan motorik bersama keluarga, sahabat maupun kerabatmu.

Area ini menyediakan 3 macam permainan diantaranya adalah melempar bola ping-pong pada gelas, melemparkan bola pada susunan piramida gelas serta melempar bola ke dalam keranjang.

Untuk menikmati permainan tersebut setiap pengunjung harus membayar 15 RB dan akan diberikan kesempatan maksimal 10 kali kesempatan.

Adu Nyali

Adu Nyali adalah sebuah wahana berupa haunted house atau rumah hantu yang akan menguji keberanian para wisatawan.

Rumah hantu pada area ini tentu berbeda dengan rumah hantu pada tempat wisata umumnya. Pada area adu nyali di kawasan ini bercerita tentang peri yang rumahnya telah dikuasai oleh Buto Ijo.

Di mana Buto Ijo tersebut ternyata sudah bekerja sama dengan peri jahat.

3. Zona Kamayayi

Kamayayi adalah zona yang diciptakan dan di desain untuk anak-anak supaya mereka bisa bermain dan sekaligus belajar dengan bersuka ria.

Untuk memanjakan anak-anak ersebut maka area ini memiliki 7 permainan menarik yaitu Pinguin, Kupu Kupu, Tata-Titi, Polah Bocah, semprat-Semprot,  Teka Teko dan Komidi Kuda Laut.

Selain terdapat arena permainan menarik, di sini juga telah menyediakan restoran dan kedai es krim lezat yang akan memanjakan lidah para pengunjungnya.

Untuk selengkapnya silahkan simak informasinya singkat di bawah ini.

Pinguin

Pinguin  merupakan area permainan kano untuk anak-anak agar mereka lebih mengenal suasana dan situasi kutub.

Di sini suasana kutubnya digambarkan dengan adanya kano berbentuk pinguin dan replika salju berupa gundukan.

Pada area ini terdapat enam kano yang akan berjalan sesekali melalui gundukan-gundukan salju dan melewati atas permukaan air.

Setiap kano bisa dimuat oleh 2 orang anak-anak, tetapi orang dewasa pun juga bisa menaiki kano tersebut.

Polah Bocah

Polah Bocah adalah area permainan indoor didesain bagi anak-anak berusia antara 3-6 tahun. Sedangkan bagi anak-anak usia antara 1-2 tahun diperbolehkan bermain di area ini asal harus  diawasi langsung oleh orang tuanya.

Diarea ini terdapat sekitar 15 permainan anak, diantaranya yaitu Arena Mandi Bola, Start Drawaing, Fire Station, Prosotan, Kapal, Puzzle, Cup Putar, Sepeda, Mobil tak bergerak, Pohon Kelapa, Kolam, Puzzle Piano, Trampolin, Mobil-Mobilan dan Ice Cream.

Kupu Kupu

Kupu Kupu merupakan wahana seru berupa sepeda gantung berwarna-warni bentuknya seperti kupu-kupu yang bisa melayang dan berputar hingga maksimal 4 m.

Wahana permainan tersebut berputar sekitar 2 menit dengan kapasitas 12 orang dan area ini menyediakan buah 6 sepeda gantung yang siap digunakan pengunjung.

Tata Titi

Tata-Titi adalah arena permainan disediakan khusus buat anak-anak untuk usia antara 5-10 tahun yang berupa mobil-mobilan.

Cara permainannya cukuplah menarik, karena kalau anak-anak tersebut bisa melalui tantangan akan memperoleh SIM.

Sebelum permainan dimulai anak-anak melakukan foto terlebih dahulu untuk membikin identitas. Setelah itu setiap anak akan diberi gelang untuk menjalankan mobilnya dengan cara ditap.

Permainan dengan durasi sekitar 4 menit tersebut tentunya akan membuat anak-anak merasa senang.

Semprat-Semprot

Semprat-Semprot yaitu wahana permainan air dengan durasi waktu sekitar 3 menit  yang dilakukan pada atas kursi berputar mengitari patung-patung.

Permainan Semprat-Semprot sangat cocok dilakukan rame-rame karena mempunyai kapasitas untuk 24 orang.

Permainan tersebut sangat seru dan pastinya harus siap-siap berbasah-basahan.

Komidi Kuda Laut

Komidi Kuda Laut merupakan wahana bermain dimana bentuknya mobil dan kuda laut. Mobil akan berputar secara datar saja, sedangkan untuk kuda lautnya akan berputar naik turun.

Wahana tersebut bisa digunakan oleh anak-anak dengan maksimal usia 10 tahun. Ketika menaiki komodo  laut maka bisa menikmatinya selama 2 menit.

Selain itu untuk menambah suasana menarik akan dilengkapi dengan iringan musik dan kelap-kelip lampu ketika gelap.

Teka Teko

Teka Teko yaitu wahana permainan  yang memiliki bentu seperti teko dan cangkir berukuran besar yang bisa di naikin oleh semua usia.

Berkapasitas 24 orang dan terdapat 6 cangkir yang akan menghantarkan para pengunjungnya bersuka ria.

Permainan ini berputar selama 2 menit. Permainan ini dapat kamu coba bersama anggota keluarga sambil menikmati semilir angin di sekitaran zona permainan Kamayayi.

4. Zona Ararya

Zona ararya adalah sebuah wahana yang menarik dengan penuh tantangan yang akan memacu adrenalin setiap pengunjung.

Jika anda berkunjung ke sini maka akan disambut dengan berbagai Wahana seperti Paku Bumi,Lika-Liku, Bengak-Bengok, Senggal Senggol dan obat Abit.

Selain menikmati Wahana nya yang menantang dan menguji adrenalin, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan tempat untuk mengisi perut ketika merasa lapar.

Di sini ada kolam bebek, Cafe rimba dan beberapa foodtruch yang menyediakan berbagai sajian menu makanan dan minuman. Untuk selengkapnya mengenai zona ararya silakan simak informasi di bawah ini

Paku Bumi
Paku Bumi Iyalah  wahana permainan dengan dengan ketinggian sekitar 38 m yang akan menciptakan sensasi luar biasa.

Permainan yang berdurasi 2 menit tersebut memiliki kapasitas 16 orang, serunya bermain di sini anda akan ditarik ke atas dengan kecepatan tinggi.

Serunya menikmati permainan paku bumi ini akan memberikan Anda sebuah sensasi yang luar biasa. Selain itu Anda akan melihat beberapa kawasan persawahan di sekitar area ini.

Bengak Bengok
Bengak Bengok  merupakan sebuah wahana berbentuk lingkaran yang akan maju mundur berputar secara pelan-pelan pada atas rel.

Menaiki wahana ini akan membuatmu berteriak histeris karena semakin melaju semakin tinggi mendekati kemiringan 90 derajat.

Tapi Anda tak perlu kuatir karena keamanan dan keselamatan juga telah di utamakan.

Kolam Bebek

Tak hanya permainan yang menegangkan dan menguji adrenalin di zona Arya pengunjung juga bisa menikmati zona santai.

Kolam Bebek dengan baluran hiasan bebatuan dan  berisi beberapa macam ikan mas koki yang bisa diberi makan oleh pengunjungnya.

Akan  tetapi Anda  tak  boleh memberi makan ikan tersebut dengan sembarangan. Anda harus membeli makanan ikan yang telah disediakan Rimba Café dengan banderol Rp 5 ribu per kantong.

Senggal Senggol

Senggal Senggol merupakan wahana bermain bumper car dengan durasi waktu permainan sekitar 4 menit. Di Saloka Theme Park telah menyiapkan sebanyak 12 bumper car untuk para pengunjungnya.

Serunya bermain bumper car jetika saling beradu dengan bumper car yang lainnya Di sini juga ada aturannya untuk bermain bumper car tersebut maksimal tinggi badan nya yaitu 120 cm.

Lika-Liku

Lika-liku adalah sebuah Wahana kereta luncur dengan jalurnya berlika-liku yang memiliki ketinggian sekitar 12 m.

Waktu permainan kereta luncur ini selama 2 menit dengan kapasitas 24 orang dan pada setiap keretanya bisa diisi oleh maksimal 4 orang

Dengan menaiki Wahana tersebut tentu anda bisa melihat berbagai wahana yang ada di lokawisata ini.

Obat Abit

Serunya menikmati wahana obat Abit yang akan memberikan sebuah sensasi duduk berayun dan melayang secara pelan-pelan.

Permainan yang berdurasi sekitar 3 menit tersebut akan memberikan sebuah pengalaman baru dalam berlibur bersama keluarga.

Kapasitas pada Wahana tersebut bisa diisi 32 orang dan hanya boleh ditumpangi oleh pengunjung dengan tinggi maksimal 120 cm.
Rimba Cafe
Saloka Fun Park Salatiga
Sesuai dengan namanya limbah Cafe mengusung konsep hutan atau lebih dikenal juga dengan rimba. Bangunan yang terdiri dari 2 lantai tersebut diisi dengan berbagai jenis ornamen burung dan pepohonan.

Bersantai sambil mencicipi menu hidangan yang tersedia sambil mendengarkan kicauan burung yang terdengar indah

Selain itu para wisatawan bisa melihat indahnya pemandangan sekitarnya yang berupa pegunungan dan area persawahan.

Nuansanya yang begitu Asri dengan desain nya berupa bangunan yang terbuat dari kayu akan memberikan suasana lebih berbeda.

Menu hidangan yang paling banyak disukai yaitu Australian steak dengan harga berkisar antara Rp50.000 s/d 95.000.

Selain itu juga ada berbagai variasi minuman yang dibanderol antara 10.000 s/d Rp20.000.Cafe Rimba tersebut bisa menampung hingga 300 orang.

5. Zona Segara Prada

Zona Segara Prada adalah zona bertemakan  industri pertambangan dan menjadi kawasan menyuguhkan kombinasi antara wisata kuliner dengan wahana bermain.

Zona Segara Prada ini terdapat Kedai Daimami, Taman Galileo dan wahana gonjang ganjing. Untuk informasi lebih lanjut simak  info di bawah ini.

Kedai Daimami
Saloka Theme Park Salatiga Jam Buka
Kedai Daimami mengusung konsep bertemakan industri pertambangan dengan menawarkan berbagai macam kuliner ala khas negara Sakura Jepang.

Menu andalan dan favorit di sini adalah beef katsu dan chicken katsu Untuk harga menu makanannya pun juga bervariasi mulai dari harga Rp 45 s/d 50 ribu.

Untuk minuman paling favorit yaitu ocha dan harga minumannya juga bervariasi dengan banderol antara 12 ribu s/d 23 ribu.

Kedai Daimami memiliki kapasitas lebih banyak dari pada Rimba Cafe yaitu bisa menampung pengunjung hingga 600 orang.

Gonjang Ganjing

Gonjang Ganjing (arung jeram / rapit river) merupakan wahana seru serta asyik bagi Anda yang suka berbasah-basahan.

Serunya berada di  dalam kano berputar dan akan membawamu  berjelajah hingga 360 meter dengan menyaksikan pemandangan area pertambangan.

Kano tersebut juga akan membawamu melewati terowongan pertambangan atau terowongan Zulu.

Wahana tersebut mempunyai kapasitas hingga 54 orang dengan masing-masing kano bisa di tumpangi maksimal sampai 8 orang.

Taman Galileo

Taman Galileo juga menyajikan beberapa permainan luar ruangan yang dapat  menambah ilmu pengetahuan bagi para pengunjungnya.

Di sini kamu bisa memperoleh berbagai hal yang belum tentu bisa didapatkan pada tempat wisata lainnya.

Para sahabatku traveller maupun para pelancong mampir ke Saloka Theme Park Semarang ketika berada di daerah Jawa Tengah ataupun sekitarnya.

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Wisatamantul.com. All rights reserved.