Candi Borobudur : Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Daya Tarik

Candi Borobudur merupakan sebuah candi di Buddha yang letaknya berada di daerah Magelang Jawa Tengah dan menjadi tempat wisata di Magelang paling populer. Lokawisata tersebut tak pernah sepi diserbu oleh para wisatawan terutama pada saat musim liburan tiba.
Borobudur Temple
Berdasarkan data, bahwa kawasan Candi tersebut dalam satu tahunnya bisa dikunjungi jutaan wisatawan dari pengunjung lokal maupun mancanegara.

SEJARAH CANDI BOROBUDUR

Sejarah candi Borobudur secara pastinya memang tak ada yang tahu, tetapi berdasarkan  data penelitian bangunan bersejarah tersebut diperkirakan dibangun pada abad ke 29. Pendirinya  adalah Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra serta proses pembangunannya selesai oleh Ratu Pramudawardhani.

Sedangkan Ratu Pramudawardhani sendiri merupakan putri dari Raja Samaratungga. Bangunan ini  disusun dari 2 juta balok atau sekitar 55.000 m3 batuan andesit. Banyak yang percaya bahwa Gunadarma merupakan arsitek Candi Borobudur meskipun tak ada kejelasan pastinya. 

Penemuan Candi Borobudur

Pada tahun 1814 pulau Jawa berada pada kekuasaan Gubernur Jendral Thomas Stamford  Raffles dari Inggris. Dia menerima kabar bahwa adanya bangunan kuno besar berada pada kawasan hutan dekat desa Bumisegoro.

Akhirnya HC cornelius seorang insinyur dari negara Belanda di utus untuk menyelidiki keberadaan bangunan bersejarah tersebut. Pada tahun 1835 Hartman seorang Pejabat Hindia Belanda keresidenan Kedu,  meneruskan hal ini.

Berkat kerja keras Hartmann seluruh bagian bangunan candi mulai kelihatan bentuknya. Dan hal tersebut  banyak menarik rasa ingin tahu para ilmuwan di seluruh dunia kala itu. Berbagai upaya penelitian serta proses penggalian terus dikerjakan, akan tetapi tak sampai rampung.

Karena berbagai hal proses pemugaran candi ini  berhenti,  sehingga pada tahun 1973, pemerintah Indonesia meminta bantuan pihak dunia internasional untuk melakukan pemugaran.

Dengan bantuan UNESCO pada tahun 1975 s/d 1982 proses pemugaran besar-besaran . Pada tahun 1991 setelah selesai proses renovasi,  candi Borobudur dimasukan ke dalam daftar situs warisan dunia.

Lokasi Candi Borobudur
Alamat Candi Borobudur Magelang
Lokasi Candi Borobudur cukup strategis dan mudah dijangkau berbagai kendaraan baik roda dua maupun lebih. Akses  jalan untuk sampai ke lokasinya sudah bagus dan layak, sehingga nyaman untuk dilalui oleh para wisatawan.

Alamat Candi Borobudur tepatnya terletak pada Jalan Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Untuk informasi lainnya bisa kontak ke Call  0274-496-402 atau ke email: info@borobudurpark.co.id Atau bisa juga ke akun sosmed : Instagram@borobudurpark

Rute Menuju Candi Borobudur

Jarak dari  Kota Jogja ke sekitar 43 km dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam 20 menit. Jika dari bandara Adisucipto berjarak 46 km dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 menit.

Apabila melakukan perjalanan dimulai dari terminal daerah Jogja Anda ambil Kendaraan umum menuju terminal Jombor. Selanjutnya bisa naik lagi bis yang langsung membawa Anda langsung ke lokasi.

Apabila dari bandara Adisucipto, bisa menaiki bis DAMRI langsung menuju ke lokasi tanpa harus ke terminal Jombor dahulu.

Apabila mengendarai  kendaraan pribadi dari Jogja bisa mengambil rute jalan Jogja menuju ke arah terminal Jombor.

Selanjutnya dari terminal Jombor arahkan Kendaraan menuju ke arah kota Magelang. Jika sudah bertemu pertigaan palbapang ambilah arah ke kiri menuju Candi Borobudur.

Jika merasa kebingungan coba deh gunakan Google Maps atau ikuti petunjuk arah yang terdapat di sepanjang jalan. Jangan lupa bertanya kepada orang disepanjang jalan yang Kamu temui.

Harga Tiket Candi Borobudur

Walaupun kawasan ini sebagai salah satu tempat wisata populer di Indonesia tetapi harga tiket  Candi Borobudur cukup terjangkau.

1. Harga Tiket Paket Terusan
  • Candi Borobudur – Candi Ratu Boko : Anak berusia diatas 10 tahun akan dikenakan biaya Rp 75 ribu, sedangkan untuk usia 3-10 tahun harus membayar sejumlah Rp 35 ribu.
  • Candi borobudur – Prambanan : Usia  diatas 10 tahun akan dikenakan biaya sejumlah Rp 75 ribu. Untuk umur 3-10 tahun biayanya sebesar Rp 35 ribu.
  • Candi borobudur – sendratari ramayana (kelas II) : Di atas 10 tahun biayanya yaitu Rp 150.000. dan untuk usia 3-10 tahun sebesar Rp 135.000

2. Harga Tiket Perorangan
  • TWC (Taman Wisata Candi) Borobudur : Untuk usia diatas 10 tahun harus membayar Rp 40 ribu dan usia  3-10 tahun biayanya  Rp 20 ribu.
  • Paket TWC Borobudur, Pawon, dan candi Mendut : Usia 10 tahun ke atas biayanya yaitu  Rp 60.000 dan untuk umur 3-10 tahun biayanya Rp 30 ribu.

3. Tiket Rombongan
  • TWC (Taman Wisata Candi) Borobudur akan di kenakan harga tiket sebesar  Rp 20 ribu
  • Untuk Paket TWC Borobudur, Pawon, dan Mendut biaya tiketnya sejumlah Rp 30 ribu.

Harga tersebut tentunya bisa mengalami perubahan suatu waktu tanpa adanya pemberitahuan dahulu oleh pihak pengelola .

Fasilitas Candi Borobudur

Fasilitas Candi Borobudur ini sudah terbilang  lengkap dan tak kalah dengan fasilitas tempat wisata pada umumnya.

Dengan terdapatnya fasilitas disini tentu akan memberi kenyamanan bagi para wisatawan dan akan melengkapi suasana berlibur. Berikut ini merupakan beberapa fasilitas yang telah disediakan diantaranya adalah

Area Parkir : jika membawa kendaraan pribadi tak perlu khawatir karena fasilitas parkirnya sangat luas bahkan banyak bis bisa masuk.

Warung makan/ restoran : apabila saat berkunjung ke lokawisata perut merasa lapar, maka wisatawan bisa menikmati menu makanan yang tersedia.

Penginapan : apabila para wisatawan berencana menginap di sekitar area sini juga terdapat banyak penginapan atau hotel.

Toko cenderamata : tentu kurang lengkap apabila liburan ke sini tidak membeli cinderamata. Jika mempunyai budget lebih bisa membeli Cinderamata yang unik dan menarik pada toko cendramata.

Pusat informasi : fasilitas ini akan memberikan berbagai  informasi yang  mungkin dibutuhkan oleh pengunjung.

Toilet : tempat ini juga terdapat banyak toilet yang jumlahnya cukup banyak dan terawat kebersihannya.

Mushola : walaupun berlibur pengunjung tetap bisa beribadah tepat waktu dan khusyuk dengan adanya fasilitas mushola ini.

ATM : fasilitas ini disediakan bagi para wisatawan yang kebetulan kehabisan uang cash.

Apa saja yang bisa dilakukan di Candi Borobudur?

Ada berbagai hal menarik yang dapat lakukan selama berwisata pada area candi Buddha terbesar di dunia ini, diantaranya yaitu :

Berjelajah Area Candi
Gambar Candi Borobudur
Berjelajah Area Candinya merupakan salah satu kegiatan berwisata menarik serta mengasyikkan. Pada sekitar area Candinya terdapat pelataran hijau cukup luas yang dapat Anda jelajahi.

Selain  berjalan kaki, bisa juga dengan menyewa sepeda untuk berkeliling atau berjelajah pada tempat wisata sejarah ini. Bagi Anda yang membawa si buah hati tentu akan terasa seru serta menyenangkan jika menaiki kereta kelinci.

Selain menaiki kereta kelinci di sini juga ada andong/delman yang siap mengantarkan Anda berkeliling dengan suasana lebih berbeda.

Menikmati Keasrian Taman Lumbini

Menikmati Keasrian Taman Lumbini adalah salah satu kegiatan berlibur ketika berada pada area Candinya. Taman Lumbini mempunyai ukuran luas sekitar 70×65 meter dengan hamparan rumput  hijau serta tertata rapi.

Taman ini akan sangat mudah ditemukan oleh para wisatawan karena letaknya sering dilalui oleh pengunjung ketika akan menuju ke Candinya.

Dengan adanya pepohonan dan berlatar  Candi megah, maka tempat ini sangat pas buat acara pemotretan. Lokasinya juga sering digunakan event-event tertentu seperti foto prewedding atau acara pernikahan.

Belajar Sejarah, Seni dan Budaya

Selain bertamasya datang ke sini Anda juga bisa belajar tentang sejarah seni maupun budaya. Apabila Anda suka dengan seni, sejarah serta budaya, berkunjung ke Candi Borobudur tentunya akan menjadi sebuah pengalaman menarik.

Kita semua tahu bahwa Candi tersebut mempunyai nilai sejarah sejarah tinggi. Di tempat ini tentu akan memperoleh banyak informasi dan pengetahuan berhubungan dengan candi maupun kesenian dan nilai budaya Jawa, khususnya daerah Magelang ataupun Jogjakarta.

Bagi para pelajar maupun mahasiswa lokawisata ini sangatlah tepat untuk dijadikan sebuah karya wisata.

Sunrise Di area Candi Borobudur

Sunrise merupakan salah satu daya tarik pada lokawisata ini dan merupakan salah satu favorit bagi mereka yang menyukai keindahan pagi hari.

Maka tidak heran apabila banyak wisatawan yang rela datang pagi-pagi untuk menikmati indahnya suasana sunrise.

Momen seperti ini tentu akan menyenangkan serta bisa dijadikan salah satu Spot foto yang menarik. Apabila Anda ingin menikmati suasana sunrise di Borobudur jangan lupa ya datangnya sangat pagi-pagi supaya tak ketinggalan.

Hunting Spot Berfoto

Hunting Spot Berfoto bisa dilakukan oleh para wisatawan ketika berwisata ke sini. Lokawisata ini menyuguhkan banyak sekali spot foto menarik untuk Anda jadikan sasaran jepretan kamera.

Cobalah berjelajah pada seluruh  area candinya dan temukan berbagai spot bagus untuk memotret. Pilihlah spot-spot dengan berbagai latar atau background menarik yang dapat kamu koleksi.

Hasil dari setiap jepretan kamera bisa kamu simpan atau pun langsung diunggah pada berbagai media sosial ataupun disimpan sebagai dokumentasi.

Safari Gajah Borobudur

Safari gajah merupakan salah satu aktifitas unik, seru dan menyenangkan, ketika berlibur ke area wisata sejarah tersebut.

Akan tetapi Kamu harus merogoh kocek cukup dalam untuk menikmati safari gajah ini. Tetapi untuk menaiki gajah biaya tiketnya mulai dari Rp 50 ribu per 10 menit.

Terdapat beberapa macam paket yang ditawarkan pihak pengelola, sesuai dengan  pilihan durasi waktu serta tempat yang akan dikunjungi. Harga tersebut mulai dari harga Rp 250 ribu /orang. Jika hanya menunggang gajah, berfoto, atau memberi makan gajah, harganya masih terjangkau.

Berbelanja Souvernir dan oleh-oleh

Berbelanja souvenir dan oleh-oleh merupakan salah satu hal yang dapat kamu lakukan ketika berkunjung ke tempat ini.

Pada sekitar kompleks area wisata ini terdapat deretan kios suvenir dan kios oleh-oleh. Anda bisa memborong  berbagai macam souvernir  seperti topi, tas, kaos,  gantungan kunci, miniatur candi dan lainnya.

Selain berbelanja souvernir, Anda pun juga bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Jogja maupun oleh-oleh khas Magelang. Untuk harga souvernir dan oleh-oleh tersebut tentu mempunyai variasi berbeda-beda antara kios satu dengan lainnya.

Oleh karena itu pada saat akan membeli sebaiknya Anda pandai-pandai menawar supaya mendapatkan harga lebih murah. 

Demikianlah informasi tentang Candi Borobudur jangan lupa jika berada pada daerah Jogja, Magelang atau sekitarnya mampir ya.

Untuk menjaga warisan budaya tersebut jangan lupa selalu menjaga kebersihan serta tak membuang sampah sembarangan.

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Wisatamantul.com. All rights reserved.