Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Ngiler, 9 Makanan Khas Probolinggo Ini Wajib Kamu Coba

Probolinggo merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur kota tersebut yang kaya akan destinasi wisata.

Tak hanya mempunyai tempat wisata  menarik untuk dikunjungi, daerah tersebut juga terkenal akan wisata kuliner maupun oleh-olehnya.

Banyak oleh-oleh khas Probolinggo, makanan ataupun jajanan yang bisa kamu peroleh ketika berkunjung ke kota seribu taman ini.

Untuk  rekomendasi ketika kamu liburan dan ingin menikmati wisata kuliner, berikut ini merupakan  makanan khas Purbolinggo yang perlu kamu coba.

1. Sensasi rasa yang unik dan  begitu menggoda selera makan : Kepiting Olok
Kuliner Enak di Probolinggo
Kepiting olok dari namanya saja sudah terlihat begitu unik dan membuat banyak orang yang penasaran.

Apa bila kamu pecinta kuliner khususnya seafood tak ada salahnya mencoba menu kepiting olok ketika berada di Probolinggo Jawa Timur.

Ternyata nama kepiting olok  merupakan kepiting yang umurnya masih muda.

Untuk cara pengolahan kepitingnya sendiri disajikan dengan cara dikukus terlebih dahulu selanjutnya baru dipisahkan cangkangnya.

Untuk memberikan sebuah rasa sensasi  lezat dalam sajian bahan lainnya juga dicampur dengan udang maupun bumbu-bumbu lainnya di dalam cangkang kepiting.

Dengan menggunakan resep yang pas menjadikan rasa kepiting ini terasa lezat gurih manis dan lembut karena kepitingnya masih muda.

Kepiting olok sendiri merupakan makanan khas yang cukup terkenal dan rugi apabila telah datang ke Cindy kamu tidak mencicipinya.

2. Rasanya begitu lezat dan kuah santannya bikin ketagihan : Soto Kraksaan
Wisata Kuliner Enak Probolinggo
Image : just4intan.wordpress.com
Untuk Anda pecinta makanan terutama yang berkuah seperti soto tak ada salahnya mencoba Soto Kraksaan. Soto Kraksaan sendiri sebenarnya tak jauh beda seperti pada umumnya soto.

Makanan ini kuahnya terbuat dari santan kelapa, selain itu yang membuatnya lebih spesial soto kerasaan menggunakan ayam jantan.

Ada keunikan lainnya yaitu sebelum santan dimasukkan maka akan dicampur kan kelapa parut sangrai sehingga akan mendapatkan sensasi rasa yang lebih wow.

Untuk melengkapi rasanya agar lebih menggoda ditambahkan dengan irisan kentang kukus. Untuk menambah selera makan pada penyajiannya disantap dengan menggunakan kerupuk udang. Jika kamu mencicipi soto ini tentunya akan menjadi ketagihan bisa -bisa pengen menambah porsi lagi.

3. Salah satu Ikon Kabupaten Probolinggo : Anggur Prabu Bestari
Anggur Prabu Bestari Probolinggo
Image : jualbenihmurah.com
Tak hanya terkenal dengan kuliner makanan dan cemilannya,  salah satu yang bisa kamu coba yaitu Anggur Prabu bestari.

Anggur ini menjadi salah satu tu ikon Kabupaten Probolinggo dan telah dibudidayakan selama 80 dekade. Untuk budidaya nya sendiri dilakukan di jalan mastrip desa wonoasih.

Pembudidayaan anggur Bestari di desa wonoasih merupakan yang paling terkenal dan terbesar di daerah ini.

Anggur Prabu Bestari ini telah populer di daerah tersebut dan mempunyai jenis maupun macamnya cukup banyak.

Anggur tersebut juga bisa dibikin berbagai macam olahan makanan dan minuman misalnya seperti jus.

Ketika kamu sedang berada di kota Seribu Taman ini tak ada salahnya dong membeli dan mencicipinya, atau juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

4.  Sensasi rasanya begitu menggoda dan bikin ketagihan : Ketan Kratok
Anggur Prabu Bestari Probolinggo
Image : Eko Listrianto
Salah satu makanan khas kota santri ini yaitu ketan kratok. Sebagian besar orang yang telah mencicipi kuliner khas Probolinggo ini tentu akan merasa ketagihan.

Bahannya tak ada yang begitu istimewa yaitu menggunakan kacang Koto. Di daerah ini biasanya kratok diolah dengan sayur lodeh dan dicampurkan juga dengan ketan.

Dalam penyajiannya ketan katrok tersebut akan ditaburi menggunakan parutan kelapa dan ditambahkan dengan pemanis  gula merah sudah di cairkan.

Jadi ketika mencicipi kuliner ketan kratok ini sensasinya akan terasa gurih, manis serta asin. Oleh karena itu tak ada salahnya jika anda mencoba kuliner khas ini.

5. Rasanya begitu menggoda dan akan membuat laparmu hilang dalam sekejap : Nasi Campur Nyak Nyong 
Nasi Campur Nyang Nyong Probolinggo
Ketika anda merasa lapar setelah berkeliling kota Probolinggo saatnya anda mencicipi kulinernya yaitu nasi campur nyak nyong.

Menu kuliner  satu ini juga tak kalah tenar di daerah tersebut dan sering diburu oleh masyarakat setempat. Makanan lezat ini tentu  akan menggugah selera makan dan menghilangkan lapar dalam sekejap.

Kuliner enak di Probolinggo ini juga disebut atau dikenal sebagai nasi campur klenteng.

Nasi campur Nyang Nyong atau nasi campur kelenteng ini, campurannya merupakan empal, serundeng , dendeng  yang disirami menggunakan santan kental.

Selain rasanya yang begitu lezat dan enak harganya pun cukup terjangkau bagi kantong anda. Tentu akan rugi dong bila anda sudah berada di kota ini tak mencicipi menu kuliner yang satu ini.

Baca Juga :  Suka Kuliner Bandung, Coba Deh Batagor Hanjuang Astina

6.  Menyegarkan dan bagus untuk kesehatan : Sirup Pokak
Keripik Kentang Probolinggo
Foto : tokopedia.com/barokah16
Tak hanya menyajikan menu makanan saja, daerah ini juga  memiliki  buah tangan yang bisa dicoba salah satunya yaitu Sirup Pokak.

Sirup pokak ini buat oleh masyarakat sekitarnya dengan menggunakan bahan utama dari gula merah dan jahe. Akan terasa segar dan nikmat apabila disajikan dalam keadaan hangat.

Untuk bahan tambahan lainnya sirup ini menambahkan pandan, kayu manis, cengkeh dan daun jeruk purut.

Selain terasa segar sirup pokak tersebut juga dapat mengobati  masuk angin, menurunkan kolesterol hingga batuk.

Semakin hari produk sirup tersebut  terus berkembang  dan inovasi dengan berbagai rasa buah-buahan. Kamu pun bisa membelinya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Probolinggo.

7. Sensasi penuh rasa dan menggugah selera : Proll Tape
Proll Tape Probolinggo

Foto : oleholehprobolinggo.blogspot.com
Mungkin anda sedang bingung mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang ketika berkunjung ke daerah ini. Salah satu oleh-oleh yang bisa kamu cicipi dan untuk dibawa pulang adalah prol tape.

Kue tersebut juga merupakan jajanan khas  Probolinggo yang bahan bakunya terbuat dari tape singkong manis. Selain menggunakan tape bahan lainnya adalah garam, gula pasir, telur, margarin, tepung terigu, susu sapi cair, keju atau kismis.

Jika kamu telah mencoba prol tape ini tentu akan merasa ketagihan dan rasanya begitu cocok dengan lidah Kebanyakan orang Indonesia.

 8. Kriuknya yang Menggoyang Lidah : Keripik Kentang Probolinggo
Keripik Kentang Probolinggo

Foto : oleholehprobolinggo.blogspot.com
Keripik kentang merupakan salah satu  oleh-oleh khas Probolinggo yang bisa Kamu beli di daerah ini rasanya  gurih renyah dan kriuk.

Keripik kentang  cukup populer adalah keripik kentang dari Bromo dengan menggunakan bahan kentang  super.

Untuk harganya pun lebih mahal karena kualitas bahannya menggunakan kualitas  terbaik. Selain ukurannya besar warnanya putih seperti susu dan pastinya lebih renyah dari keripik kentang biasa.

Apabila Anda ingin memperoleh harga  lebih murah bisa memilih keripik biasa yang ukurannya lebih kecil dan berwarna putih kecoklatan.

Apabila anda sudah menyantap keripik ini tentunya tak akan ada bosannya. Selain mempunyai rasa enak kentang banyak dipercaya mempunyai kolesterol  cukup rendah.

9. Sensasi Rasa Makanan Langka : Nasi Jagung Merpati
Keripik Kentang Probolinggo
gambar : Yudi Setiawan
Bagi kamu yang menyukai makanan khas jadul daerah ini juga memiliki makanan khas berupa nasi jagung merpati.

Makanan ini terbilang cukup unik dan langka terbuat dari bahan jagung dengan citra rasa  cukup gurih dan enak.

Nasi jagung sebenarnya adalah makanan pengganti nasi beras akan tetapi setelah diolah sedemikian rupa dan disajikan dengan berbagai lauk pauk rasanya begitu menggugah selera.

Itulah beberapa informasi tentang makanan khas Probolinggo yang menarik serta perlu untuk kamu coba atau sebagai oleh-oleh.

Posting Komentar untuk "Bikin Ngiler, 9 Makanan Khas Probolinggo Ini Wajib Kamu Coba"