Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Sedahan : Alamat, Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi

Gunungkidul sebuah kabupaten di Jogjakarta, daerah tersebut sering dijuluki sebagai surganya wisata pantai. Daerah ini memang memiliki pantai yang indah yang membentang sepanjang pantainya.

Banyak sekali pantainya yang sudah populer seperti Pantai Indrayanti, Baron, Wedi Ombo, Pok Tunggal dan masih banyak lagi.
Mitos pantai sedahan
Selain itu  akhir-akhir ini mulai banyak pantai yang dibuka untuk dijadikan tempat wisata baru. Salah satunya yaitu Pantai Sedahan yang belum begitu populer akan tetapi memiliki view pemandangan menakjubkan.

Lokawisata ini mempunyai garis pantainya   cukup panjang dan lumayan luas serta bisa dijadikan sebagai kawasan bermain. Pada sisi pantainya ada perbukitan karang yang mengapit pantai tersebut serta menjorok ke arah tengah laut.

Kawasan tepi laut ini memiliki deburan ombak khas persisir laut selatan dan bentangan pasirnya berwarna putih dengan butiran halus. Bermain air di sini akan sangat menyenangkan karena airnya berwarna nn hijau kebiruan terlihat bening dan menyegarkan.

Perlu diperhatikan jika anda bermain air di kawasan ini harus harus ekstra berhati-hati mengingat Pantai Selatan memiliki ombak yang cukup besar.

Lokasi Pantai Sedahan
sedahan beach
Lokasi Pantai Sedahan cukup mudah untuk dicapai, akan tetapi sekitar satu ada beberapa titik sebelum lokasi pantainya ada jalan tanah serta berbatu.

Saat tiba pada lokasi parkiran, pengunjung harus melakukan perjalanan dengan jalan kaki lagi sekitar setengah jam.

Alamat Pantai Sedahan letaknya berada di Pendowo, Desa Jepitu, Kec.Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta 55883

Jam Buka Pantai Sedahan

Jam Buka Pantai Sedahan  24 jam sehari dan Pelayanan tersebut digunakan untuk kegiatan wisata pada siang hari, serta ada juga aktivitas camping pada malam harinya.

Harga Tiket Pantai Sedahan
Foto keren pantai sedahan
Setiap pengunjung yang ingin menikmati kegiatan wisata maka akan dikenakan biaya retribusi. Harga Tiket Pantai Sedahan cukuplah terjangkau, setiap pengunnjung akan  dikenakan biaya sebesar 5.000.

Sedangkan untuk biaya parkirnya akan dikenakan biaya  parkir sebesar Rp 3.000  per motor dan Rp 5.000 per mobil.

Apabila ada pengunjung yang ingin melakukan aktivitas bermalam dengan camping maka harus membayar biaya Rp10.000 per tenda.

Rute Menuju Pantai Sedahan
Foto pemandangan bagus di pantai sedahan

Jarak lokasi dari pusat Kota Jogja memang cukup jauh  kurang lebih 84 km. Jarak tersebut bisa ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam dengan kondisi lalu lintas normal.

Rute menuju Pantai Sedahan terbilang cukup mudah untuk dijangkau. Apabila Anda mulai melakukan perjalanan dari pusat Kota Jogja menuju ke arah timur melalui Jln. KH. Ahmad Dahlan selanjutnya ke Jln. Panembahan Senopati 9.

Setelah tiba pada perempatan menuju arah selatan melalui Jln. Brigjen Katamso, selanjutnya lurut terus hingga ketemu  perempatan melalui Jln. Kolonel Sugiyono.

Tiba di pertigaan mengarah ke selatan melalui Jln. Sisingamangaraja, kemudian jalan lurus mengarah ke JIn. Imogiri Barat.

Apabila tiba  pada pertigaan ambilah arah timur melalui Jln. bakulan Imogiri, jika ketemu dipertigaan ambilah arah barat melalui Jln. Imogiri Silu.

Lanjutkan perjalanan Anda melewati Jln. Siluk Panggang, jika ketemu pertigaan ambilah arah timur melewati Jln. Raya Panggang Wonosari.

Lanjutkan perjalanan Anda ke arah Jln. Pantai Sel. Jawa, apabila telah tiba pada pertigaan ke arah selatan kemudian lurus terus menuju Jalan Wediombo Jungwok.

Ikuti arah Jalan Pantai Jungwok tersebut  hingga sampai lokasi tujuan. Bagi Anda yang tidak pernah  melakukan perjalanan di daerah tersebut mungkin akan merasa kebingungan.

Kondisi jalannya memang banyak tanjakan maupun tikungan  maka diperlukan konsentrasi dan waspada  tinggi.

Mengikuti petunjuk arah dan bertanya kepada masyarakat sekitar adalah solusi terbaik untuk menghindari salah arah.

Daya Tarik Wisata Pantai Sedahan yang Lokasinya Tersembunyi
Gambar pemandangan keren di Pantai Sedahan
Daya tarik wisata pantai sedahan memang layak untuk dikunjungi walaupun pantainya belum setenar dengan kawasan pesisir laut lainnya.

Akan tetapi keindahan yang disuguhkan oleh  area wisata ini cukuplah istimewa, sehingga sangat layak untuk dijadikan aktivitas liburan. Kawasan ini memang belum banyak didatangi oleh para wisatawan terutama pada saat hari-hari biasa.

Lokasinya memang cukup tersembunyi sehingga akses menuju ke lokasinya tersebut haruslah dengan sedikit perjuangan yang cukup melelahkanm Di bawah ini merupakan daya tarik pantai sedahan ketika berkunjung ke sini.

Memiliki View Pemandangan Indah

Seperti halnya berlibur ke tepi lautan lainnya pada kawasan ini juga memiliki view pemandangan indah. Indahnya laut dengan warna biru berkombinasi kehijauan tentu akan sangat enak untuk di pandang oleh mata.

Pada kedua sisi pantainya terdapat perbukitan tebing karang yang posisinya agak menjorok ke arah laut. Tebing tersebut ditumbuhi oleh berbagai tumbuhan liar sehingga terlihat seperti perbukit hijau.

Apabila anda mengunjungi lokasi di sini anda akan dapat menemukan berbagai spot untuk berfoto. Anda bisa menjadikan beberapa tempat untuk dijadikan biground yang tentunya sangatlah menarik mulai dari tebing maupun posisi pada lautnya.

Tempat Bertelurnya Penyu

Salah salah satu daya tarik pada  lokawisata ini yaitu menjadi tempat bertelurnya para penyu. Hal ini tentu akan menjadi pengalaman yang jarang akan ditemukan pada pantai-pantai lainnya pada umumnya.

Dan uniknya lagi di sini ada beberapa penyu  langka yang juga sering bertelur di sini. Untuk menjaga ekosistem penyu tersebut sebaiknya pengunjung tidak mengganggu atau pun mengambilnya. Karena para penemu tersebut merupakan salah satu hewan yang dilindungi oleh pemerintah.
Memiliki Garis Pantai Panjang dan Luas
Gambar pemandangan sunrise di Pantai Sedahan
Pantai sedahan merupakan salah satu tempat wisata di Gunungkidul Jogja yang memiliki garis pantai cukup panjang dan luas.

Sehingga sangatlah cocok dan asik untuk digunakan bermain atau pun bersuka ria bersama teman maupun keluarga.

Pasirnya yang lembut akan melengkapi suasana bermain ketika mengunjungi tempat ini.

Sangat penting untuk diperhatikan apabila bermain di pinggir pantainya haruslah berhati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan mengingat arus ombaknya yang cukup ganas.

Melakukan Aktifitas Menyusuri Pantai

Kawasan pantainya sangat indah dan berdekatan dengan beberapa objek wisata pantai lainnya, salah satunya yaitu pantai wediombo.

Sehingga bagi anda yang suka aktivitas menyusuri lokasi dari satu pantai ke pantai lainnya tentu akan sangat menyenangkan walaupun tentunya akan melelahkan.
Adanya Perbukitan Karang
Gambar Pemandangan Alam di Pantai Sedahan
Salah satu keunikan yang cukup menonjol di lokawisata ini yaitu adanya perbukitan karang cukup Indah. Bukit tersebut sering didaki oleh para pengunjung untuk melihat keindahan alam di sekitar pantainya.

Dari atas perbukitan Karang tersebut tentu para pengunjungnya akan lebih leluasa menikmati pemandangannya yang mempesona.

Akan tetapi untuk sampai di atas perbukitan Karang tersebut tidak ada jalan yang mulus sehingga harus melakukan perjalanan yang cukup menantang.

Cukup sekian informasi yang saya berikan mengenai pantai sedahan,  Semoga apa yang saya sampaikan tersebut bisa bermanfaat buat Anda.

Dan saya harapkan anda selalu senang riang gembira dalam melakukan aktivitas berlibur dan selalu Utamakan keselamatan dan kesehatan.

Posting Komentar untuk "Pantai Sedahan : Alamat, Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi "