Pantai Srau : Alamat, Harga Tiket Masuk Dan Daya Tariknya

Berbicara mengenai Kabupaten Pacitan tentu di benak kita akan menggambarkan sebuah kabupaten yang banyak dengan goa. Karena julukan kabupaten tersebut adalah kota seribu Goa.

Daerah yang terletak paling selatan berbatasan dengan Samudra Hindia menjadikan kabupaten ini memiliki banyak potensi wisata.

Salah satu tepi laut  cantik dan layak untuk dikunjungi sebagai tempat liburan di Pacitan yaitu Pantai Srau. Lokasi pantainya merupakan tujuan wisata favorit karena lokasinya tak begitu jauh dari Kota Pacitan.
Gambar Keren Pantai Srau Pacitan
Foto : Ali Rois seven
Lokawisata tepi laut ini menyuguhkan pemandangan indah dengan airnya jernih dan pasirnya putih berkilau. Selain putih berkilau pasirnya juga terasa lembut sehingga sangat nyaman ketika digunakan untuk bermain.

Sehingga tak heran jika tempat wisata di Pacitan tersebut sangat pas untuk dijadikan area bermain air. Seperti kebanyakan Pantai Selatan Jawa tepi laut srau kurang cocok untuk dijadikan area berenang.

Hal ini dikarenakan ombaknya cukup besar sehingga ketika bermain di pinggir lautnya jangan terlalu ke tengah takut terseret oleh arus ombak.

Pantai Srau Pacitan memiliki area cukup luas, sehingga dapat menampung para wisatawan cukup banyak. Kawasan pantainya  terdiri dari tiga dan banyak orang menyebutnya yaitu Pantai Srau 1, 2 dan 3

Diantara tiga kawasan pantainya, Pantai Srau 2 atau yang posisinya pada bagian tengah merupakan tempat wisata favorit bagi para pengunjung.

Ini dikarenakan Pantai Srau 2 terbebas dari bebatuan yang terbawa ombak dan  untuk pasirnya juga begitu lembut.

Selain itu juga garis pantainya cukup luas sehingga akan terasa lebih puas ketika bermain di sini. Di tepi laut Srau ini merupakan spot photografi  paling bagus dan paling disukai pengunjungnya, karena terdapat karang berlubang yang dinamakan pantai wayang.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan anda jangan mencoba-coba bermain ke ke lobang batu karang tersebut.

Ini dikarenakan di lubang tersebut ada lumpur-lumpur sebaliknya sangat kuat sehingga bisa membahayakan keselamatan. 

Waktu Yang Tepat berkunjung ke Pantai Srau
Gambar Pantai Srau di Pacitan
Foto : Josh F Levante
Untuk menghasilkan suasana yang lebih asik dan pemandangan jauh lebih mempesona sebaiknya berkunjung ke sini ketika tak musim penghujan.

Selain itu waktu bagus ketika pagi hari atau sore hari,  Kalau Anda memaksakan diri datang pada siang hari akan terasa terik.

Apa Benar Pantai Srau Angker


Pantai Srau merupakan salah satu pantai terindah di Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Akan tetapi di balik keindahannya tersebut konon katanya Pantai Srau angker.

Berdasarkan berbagai cerita pada sebelah barat pantainya ada bekas penginapan dan sumber air yang disebut angker oleh warga setempat.

Menurut cerita warga tidak semuanya Pantai Srau itu angker. Pada sumber air di sebelah barat pantainya jarang ada warga yang berani mengambil air sampai dengan malam hari.

Tak jauh dari sumber air yang dianggap angker tersebut terdapat bekas penginapan yang telah lama ditinggalkan oleh pemiliknya.

Konon katanya penginapan tersebut didirikan oleh seorang warga asing akan tetapi ditutup dan tak pernah dipakai lagi.

Hal tersebut disebabkan karena pemilik maupun orang-orang yang pernah menginap di situ diteror oleh berbagai penampakan.

Berdasarkan cerita dari masyarakat sekitar Hal ini disebabkan tempatnya yang tak jauh dari sumber air tersebut.

Lokasi Pantai Srau
Srau Beach
Image : Imam Fadhlal
Lokasi Pantai Srau dari Kabupaten Pacitan berjarak sekitar 23 km dan memerlukan waktu perjalanan sekitar 45 menit waktu normal.

Waktu perjalanan tersebut di atas tentu saja bukan sebagai patokan utama, bisa saja perjalanan Anda lebih cepat ataupun lebih lambat.

Untuk sampai ke lokasi tujuan bisa diakses menggunakan berbagai kendaraan bermotor. Alamat Pantai Srau tepatnya terletak pada Desa Candi, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk Pantai Srau

Harga tiket masuk ke Pantai Srau terbilang  cukup murah meriah, untuk  pengunjung akan dipungut biaya masuk sebesar Rp 5 ribu per orangnya.

Jam operasional wisata Pantai Srau


Jam operasional wisata Pantai Srau dibuka setiap hari 24 jam dan tujuh hari dalam seminggu. Sehingga tak heran lokasi wisata ini sering dijadikan sebagai tempat berkemah.

Jalan Menuju Pantai Srau Pacitan


Akses Pantai Srau memang masih cukup tersembunyi, hanya terdapat sedikit papan petunjuk yang akan menunjukkan lokasi pantainya.

Petunjuk arah tersebut akan mulai terlihat jika sudah melewati jalur utama menuju ke arah Pantai Teleng Ria. Dalam perjalanan pengujung akan melalui daerah perkampungan dengan kondisi jalan sempit, penuh tanjakan turunan, dan berkelok-kelok.

Apabila papasan dengan kendaraan besar lainnya, maka harus lebih berhati-hati karena jalannya  sempit. Untuk sampai ke lokasi tujuan, Andaup mengikuti jalan perkampungan tersebut.

Rute Pantai Srau dari Solo
Apabila anda melakukan perjalanan dari daerah Solo ataupun sekitarnya bisa menuju Kabupaten Sukoharjo, selanjutnya ke arah Kabupaten Wonogiri lalu ambilah jalur menuju Kecamatan Ngadirojo.

Pada pertigaan Kecamatan Ngadirojo yang posisinya dekat pasar Ngadirojo, Anda bisa mengambil jalur ke arah Baturetno. 

Dari Kecamatan Baturetno Anda langsung melakukan perjalanan ke arah Kecamatan Pringkuku. Jika sudah tiba di Pringkuku Anda tinggal arahkan kendaraan menuju desa Candi.

Perjalanan dari pusat Kota Solo memerlukan waktu sekitar 2.5 hingga 3 jam dengan jarak tempuhnya sekitar 112 km.

Untuk kondisi jalannya cukup mulus dan sangat layak untuk dilalui kendaraan. Dalam sepanjang perjalanan menuju lokasi anda akan disuguhi berbagai pemandangan alam yang begitu indah.

Daya Tarik Pantai Srau

Potensi dan daya tarik pantai srawu banyak membuat orang penasaran sehingga berbondong-bondong datang ke lokasi ini.

Pantainya sendiri terbagi menjadi 3 zona dengan dikelilingi oleh perbukitan karang.

Obyek Wisata di Pantai Srau

1. Bagusnya pemandangan perbukitan karang yang apik dan mempesona
Foto Pantai Srau Pacitan
Image by : Siti Nur Wulandari
Bagusnya pemandangan perbukitan karang yang apik nan mempesona merupakan salah satu daya tarik pada kawasan ini. Perbukitan karang di tempat ini terdapat tiga Spot yaitu bagian timur, barat serta selatan.

Pada bagian selatan tersebut merupakan salah satu favorit bagi pengunjung untuk dijadikan tempat camping. Selain tempat camping juga dijadikan tempat melihat Sunset begitu indah.

Suara ombaknya begitu bergemuruh juga menjadi salah satu suasana berbeda ketika bercamping di sini.

2. Asyiknya Spot camping
Wisata pantai Srau Pacitan
Foto by : Budi Ono
Adanya pemandangan perbukitan karang  bagus menjadikan lokawisata ini juga sering dijadikan arena camping.

Di sekitar area camping juga sering dijadikan tempat melihat suasana sunset.

Spot spot campingnya terlihat asyik sambil menikmati suasana malam dengan alunan suara ombak laut yang tak ada hentinya.


Camping di sini akan menambah pengalaman baru cukup menyenangkan bagi beberapa orang yang menyukai aktivitas ini.

Artikel Menarik Lainnya :

3. Spot sunset yang begitu bagus dan menggoda
Sunset di Pantai Srau Pacitan
Foto : Gondrong
Spot sunsetnya begitu bagus dan menggoda  akan kamu dapatkan ketika  di sini.

Bukit karangnya hijau nan eksotis pada sebelah timur merupakan sebuah tempat  pas untuk menikmati suasana indah tersebut.

Momen indah tersebut bisa juga kamu abadikan atau dijadikan dokumentasi dengan membuat video ataupun berfoto. Sungguh luar biasa karunia dari Tuhan sang pencipta alam dengan berbagai keindahannya.

4.  Berkunjung ke Pantai lainnya
Pantai Srau Pacitan Jawa Timur

Foto by : rockfishing fvn
Kita semua pasti tahu bahwa Pacitan merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak pantai seperti di daerah Gunungkidul ataupun Malang Jawa Timur.

Sehingga ketika anda mengunjungi Pantai Srau ini tentu bisa juga menikmati suasana kawasan pantai lainnya.

Pantai lainnya yang bisa dikunjungi seperti pantai Watu Karung, buyutan, ngiroboyo, Kasap, watubale dan lainnya.

Bagaimana sobat semua, Apakah Anda penasaran dan tertarik ingin mengunjungi Pantai Srau Pacitan ?

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Wisatamantul.com. All rights reserved.