Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umbul Ponggok, Sensasi Berfoto di Bawah Air Yang Bikin Ngiler

Kabupaten Klaten merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.  Obyek wisata klaten memang cukup banyak dan layak untuk dijadikan tujuan liburan anda.

Umbul Ponggok Klaten
Umbul Ponggok adalah sebuah wahana permainan air  menyenangkan dan seru. Tempat ini merupakan kolam air alami, tenang, dingin serta menyegarkan serta sangat pas untuk melakukan snorkeling maupun diving.

Umbul di Klaten tersebut mulai hits dan populer setelah banyak orang melihat gambar Umbul Ponggok di media sosial maupun melalui media elektronik. Kolam alami tersebut sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu pada masa penjajahan Belanda.

Kolamnya berukuran 50 x 25 M dengan kedalaman antara 1  hingga 2,6 meter. Tempat wisata di Klaten ini dikelola dan dikembangkan oleh BUMDesa Tirta Mandiri.

Lokasi Umbul Ponggok

Lokasi Umbul Ponggok mudah untuk dijangkau dengan berbagai alat transportasi baik itu roda dua maupun empat.

Untuk menuju ke lokasinya sebaiknya membawa kendaraan pribadi atau menyewa travel ataupun bus pariwisata.

Karena untuk menuju ke belum tersedia transportasi umum hingga saat ini. Sedangkan untuk alamat Umbul Ponggok tepatnya berada di Desa Ponggok, Kec. Polan Harjo, Kab. Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Apabila anda memerlukan informasi atau hal-hal lainnya bisa menghubungi Kontak : 0823-1438-8880

Rute Umbul Ponggok
wahana umbul ponggok
Image By : Instagram.com/umbul ponggok
Rute Umbul Ponggok bisa melalui beberapa jalur sesuai dari keberangkatan anda dari kota atau daerah mana berada.

Dari Kabupaten Boyolali

Bisa melalui jalan Raya Jatinom Boyolali, menuju arah timur mengkuti arah jalan Nangka Gumulan. Selanjutnya ambil arah ke kanan mengikuti jalan Raya Jatinom Boyolali sampai ke Majegan.

Beloklah kiri mengikuti jalan Majegan Jeblog, lalu ambilah arah ke kiri menuju jalan Delanggu Polanharjo. Lokasi  terletak pada pinggir jalan Delanggu Polanharjo.

Dari jalan tol Solo-Semarang

Setelah keluar pada pintu tol Boyolali kamu ambil arah ke selatan hingga bertemu jalan Raya Solo Boyolali. Ambilah arah  kiri mengarah ke jalan Randusari Klaten hingga sampai pada lapangan Kopen.

Selanjutnya beloklah ke kiri mengikuti jalan Kopen Janti, lalu berbeloklah ke kanan menuju arah jalan Tegalgondo Janti.

Sesampainya di Cokro mengambil arah kanan mengikuti jalan Cokro Tulung,  jika sudah sampai pada lapangan Karanglo ambil arah kanan menuju jalan Delanggu Polanharjo.

Dari kota Solo/Kartosura

Mengikuti jalan Raya Solo-Klaten jika sudah sampai di Delanggu mengambil arah ke kanan menuju jalan Delanggu Polanharjo.

Dari Kota Jogjakarta

Berjalan melalui jalan Raya Solo-Jogja jika sudah tiba pada pertigaan Penggung beloklah kiri menuju arah jalan Penggung Jatinom.

Apabila sudah tiba pada pertigaan Karanganom ambilah arah kanan menuju  jalan Karanganom sampai Ponggok.

Apabila anda merasa kesulitan maupun kebingungan bisa menggunakan bantuan Google Map atau dapat bertanya kepada warga yang anda temui di jalan.

Tiket Masuk Umbul Ponggok

Tiket Masuk Umbul Ponggok tentunya sangat murah dan tak akan memberatkan isi kantongmu.

Setiap para wisatawan yang ingin merasakan sensasi liburan di lokasi tersebut akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp15.000 per pengunjung.

Selain itu ada harga penyewaan berbagai alat atau fasilitas untuk menunjang pemotretan di bawah kolam.

Harganya cukup terjangkau dan hanya dipatok antara Rp60.000 sampai dengan Rp100.000.

Jika pada kebanyakan tempat wisata membedakan harga tiket weekday dan weekend di sini harganya sama, baik untuk hari libur maupun hari biasa.

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok diatas kemungkinan bisa mengalami perubahan atau kenaikan sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pihak pengelola.

Jam Buka Umbul Sidomukti

Jam buka umbul Sidomukti yaitu pada setiap hari mulai dari jam 07.00-17.00 WIB. Apabila akan melakukan pemotretan/berfoto  sebaiknya bisa datang antara jam 07.00-09.00 WIB atau jam 14.00-16.00 WIB,  pada saat jam tersebut hasil pemotretan akan jauh lebih maksimal.

Daya Tarik Umbul Ponggok

Apabila kamu merasa penasaran dan berencana mengunjungi tempat wisata Klaten tersebut tentu ada beberapa hal menarik yang dapat dilakukan.

Di bawah ini merupakan Daya Tarik Umbul Ponggok yang perlu kamu ketahui diantaranya adalah

1.Segarnya air kolam dari sumber mata air alami

Segarnya air kolam pada area wisata tersebut menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tempat wisata air tersebut dikelola karena adanya sumber mata airnya alami yang berada di kolam.

Selain memiliki air  menyegarkan, kunjungan anda akan terasa lengkap dengan adanya berbagai macam ikan  hidup di dalamnya.

Berbagai kegiatan seru bisa kamu lakukan dengan ditemani oleh ikan-ikan tersebut, kegiatan wisata seperti ini tentunya akan jarang kamu dapatkan pada lokasi lain.

2. Serunya menikmati aktivitas snorkeling

Mendengar kata snorkeling tentu sepintas di benak anda sebuah lautan luas dengan  lautnya dalam. Itu kalau anda melakukan aktivitas snorkeling yang kebanyakan dilakukan pada pantai atau laut, berbeda kalau snorkeling anda berada pada kawasan ini.

Bagi Anda yang memiliki hobi snorkeling ataupun hanya ingin tahu rasanya snorkeling, maka pada kawasan umbul ini adalah pilihan tepat.

Walaupun pada bawah kolamnya tak seindah tempat wisata pantai terkenal lainnya, di sini snorkeling juga terasa cukup mengasyikkan.

Dan pastinya cukup  aman daripada melakukannya snorkeling pada pantai-pantai dengan ombaknya cukup besar.

3. Melakukan aktivitas diving
Alamat Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah
Image By : Instagram.com/umbul ponggok
Melakukan aktivitas diving merupakan hal yang menarik dan tentunya bisa kamu coba. Lokasinya sering digunakan sebagai latihan diving atau menyelam terutama bagi para pemula.

Pada dasar kolamnya  terdapat berbagai macam ikan  berwarna-warni, tentu akan menambah  semangat diving terutama bagi  pemula.

Apabila sudah terbiasa melakukan diving di sini, tentu bisa dijadikan sebagai dasar atau pengenalan jika suatu saat melakukan diving pada pantai maupun lautan.

4. Sensasi seru dan mengasyikkan dengan berenang

Renang merupakan salah satu kegiatan yang pada saat ini mulai disukai banyak orang. Ini terbukti banyak anak-anak mulai dari TK  sudah mulai diperkenalkan berenang, sehingga tak heran banyak sekali berdiri kolam renang terutama pada daerah perkotaan.

Buat kamu yang menyukai renang tetapi bosan dengan desainnya yang begitu-begitu saja, tak ada salahnya mencoba di sini.

Berenang di Umbul tersebut tentu akan berbeda dengan kolam renang buatan pada umumnya. Pada lokasi ini kolamnya memiliki bebatuan alami dengan bermacam-macam ikan berlalu lalang. Sehingga berenang pada area wisata umbul tersebut terlihat seperti berada  pada dasar laut.

5. Menikmati pengalaman menaiki perahu kayuh

Untuk memanjakan para pengunjungnya pihak pengelola  juga telah menyediakan perahu kayuh. Kegiatan menaiki perahu kayuh ini tentu, bisa melengkapi waktu liburmu ketika berada di sini.

Jika kamu tertarik menaiki perahu tersebut bisa menyewa dan berjelajah mengelilingi kolam yang ukurannya 50 x 25 meter. 

Walaupun kolamnya tak begitu luas akan tetapi bisa memberikan kepuasan tersendiri ketika anda menaiki perahu kayu tersebut. Mengajak keluarga ataupun kerabatmu ketika menaiki perahu kayuh tersebut tentunya akan jauh lebih seru.

6. Bergembira ria di kolam anak-anak

Selain aktivitas menyenangkan seperti snorkeling diving dan menaiki perahu kayu, di sini juga disediakan kolam untuk anak.

Apabila anda berkunjung dengan membawa anak-anak bisa mengajaknya bermain pada kolam yang lebih dangkal.

Pada area ini  ada beberapa  pilihan  kolam dengan level kedalamannya berbeda-beda . Sehingga lebih aman untuk anak-anak bermain dan bergembira.
7. Spot berfoto underwater yang asyik dan keren

Daya tarik yang dimiliki Desa Ponggok Klaten, tidak kalah menarik dan super keren yaitu foto di bawah air/foto underwater.

Kedalaman umbul ponggok bisa kamu jadikan spot menarik. Pada sudut-sudut bawah kolamnya telah dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga menghasilkan gambar Instagramable.

Tak hanya akan mendapatkan gambar berbagai jenis ikan, tetapi disini kamu bisa eksis bergaya dengan spot yang telah disediakan. Misalnya Anda sedang bergaya menaiki motor, sedang menonton TV, sedang bermain laptop, sedang duduk di bangku ataupun lainnya. Terlihat menarik dan keren deh.

8. Melakukan aktivitas foto prewedding

Selain konsepnya wisata permainan air di sini bisa juga dimanfaatkan untuk foto prewedding. Foto prewedding yang dilakukan di dasar kolam tentu akan lebih unik dan jarang dilakukan pada tempat-tempat wisata lainnya.

Foto prewedding underwater mulai banyak diminati karena akan memberikan kesan yang lebih berbeda. Berbagai dokumentasi bagus bisa kamu dapatkan saat melakukan foto prawedding di dasar kolam.

9.Mencicipi Kuliner di Sekitar Umbul Ponggok

Selepas memanjakan diri dan merasakan kesejukan air di umbul ponggok tentunya perut akan terasa lapar. Tak ada salahnya jika anda mencoba mencicipi wisata kuliner Klaten di sekitar area Umbul.

Ketika berwisata kuliner di daerah Klaten anda tak perlu bingung. Klaten adalah daerah  yang  kekayaan akan ragam kuliner dengan cita rasa tinggi.

Ada banyak berbagai pilihan kuliner seperti sop ayam, sate, bakso, keripik belut, rambak kulit dan keripik ikan dan masih banyak lagi.

Bagaimana sobat traveller semua menarik bukan, jika menikmati liburan di Umbul Ponggok. Cukup sekian ya informasi yang saya berikan mohon maaf jika ada kekurangan ataupun kesalahannya.

Posting Komentar untuk "Umbul Ponggok, Sensasi Berfoto di Bawah Air Yang Bikin Ngiler"