Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Jogan Jogja : Alamat, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Tentang Pantai Jogan Yogyakarta

Gunung Kidul adalah sebuah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah tepatnya Kabupaten Wonogiri.

Daerah dengan mayoritas pegunungan ini memiliki luas sekitar 1.485,36 km2, pada bagian selatannya berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.
Pantai Jogan  Jogja
Foto By : Bintarta Wijaya
Sehingga tak heran jika Gunung Kidul mempunyai potensi wisata tepi lautnya tak kalah dengan Kota Malang atau Kabupaten Pacitan.

Banyak sekali tempat wisata pantai di Gunungkidul yang sudah populer maupun baru salah satunya yaitu Pantai Jogan.

Tepi laut ini sedikit berbeda dengan kawasan pesisir laut lainnya yang kebanyakan mempunyai Pasir Putih luas.

Tepi laut Jogan mempunyai pemandangan alam  memukau dengan adanya air terjun yang jatuh ke laut. Pantainya unik memang belum familiar seperti kawasan pesisir lainnya yaitu tepi laut Baron, Kukup dan Indrayanti.

Pantai Jogan ini memang belum banyak dikunjungi para wisatawan sehingga menjadikan tempat ini terlihat masih alami

Lokasi Pantai Jogan
Jogan Beach
Foto by : ios gelapss
Lokasi Pantai Jogan diapit oleh kedua pantai lainnya yaitu pantai Timang dan  Siung. Lokasinya sudah terbilang cukup bagus dan mudah untuk dijangkau oleh para pengunjungnya.

Akan tetapi ada beberapa titik akses jalannya masih cukup sulit untuk dijangkau dan sempit. Apabila ada 2 mobil  bersimpangan arah salah satu kendaraan harus  ada yang menepi.

Alamat Pantai Jogan tepatnya berada di   Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Jogjakarta.

Harga Tiket  Pantai Jogan

Harga Tiket  Pantai Jogan terbilang masih murah dan tentunya tak akan menghabiskan isi dompetmu.

Setiap pengunjung yang datang ke lokasiwisata tersebut akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 per pengunjung.

Harga tersebut sudah termasuk berkunjung ke Kawasan Wisata Nglambor dan Pantai Siung. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi maka akan ada tambahan biaya parkir.

Untuk sepeda motor akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000 untuk mobil sebesar Rp5.000 dan dikenakan Rp20.000.

Rute Menuju Pantai Jogan Jogja

Jarak dari kota Jogja sekitar 72 km dengan estimasi jarak tempuhnya sekitar 2 jam. Jika dari Kota Solo jarak tempuhnya sekitar 85 KM dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 2 jam 15 menit.

Rute menuju Pantai Jogan cukuplah mudah dan akan terasa lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi ataupun jasa sewa mobil.

Rute perjalanan dari Jogja bisa melalui jalan KH Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9.

Jika sudah tiba pada perempatan ambil arah ke selatan melalui Jalan Brigjen Katamso lanjutkan perjalanan Anda menuju ke arah Jalan Pantai Selatan Jawa.

Ikuti terus jalan Pantai Selatan Jawa tersebut hingga ketemu hingga di pertigaan Pantai Siung. Lanjutkan perjalanan Anda hingga sampai ke lokasi tujuan yaitu Pantai Jogan

Apabila merasa kebingungan bisa meminta bantuan kepada warga untuk menunjukkan arahnya.

Fasilitas Di Pantai Jogan
Foto pantai Jogan
Foto : Tommi Rosandy
Fasilitas Di Pantai Jogan memang tak sama dengan kawasan wisata pantai lainnya di Gunung Kidul. Mengingat area wisata ini tergolong baru Maka fasilitasnya tak belum begitu lengkap.

Di kawasan ini terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjungnya diantaranya  kamar mandi, beberapa toilet, mushola dan sekedar warung jajanan.

Jika anda mengunjungi lokawisata ini jangan mengharapkan adanya Hotel ataupun penginapan.

Apabila anda berencana liburan dan menginap Anda bisa mencari homestay ataupun penginapan dekat pantai yang lebih populer diantaranya Indrayanti, Kukup maupun Baron.

Daya Tarik Pantai Jogan

Setiap tempat wisata mempunyai kekurangan maupun kelebihan nya sendiri-sendiri. Ada beberapa daya tarik Pantai Jogan di Jogja yang bisa anda nikmati ketika mengunjungi lokawisata tersebut diantaranya yaitu :

1. Salah satu Pantai di Gunungkidul yang memiliki air terjun
 wisata pantai jogan gunung kidul
Foto : ILLynn Virgobiru 
Selain pemandangannya berupa ombak laut kebiruan perbukitan di sini para wisatawan akan melihat air terjun jatuh ke laut.

Pemandangan hal seperti ini tentu jarang kamu temui di pantai lainnya di sekitar Gunung Kidul.

Meskipun lokasi ini belum begitu tenar maka banyak yang penasaran dan berbondong-bondong datang kemari karena keunikannya tersebut.

Air terjun tersebut memiliki ketinggian kurang lebih hingga 12 meter dan arus air terjunnya akan terasa lebih deras ketika musim penghujan.

Air terjun tersebut berasal dari sumber air tawar yang berasal dari perbukitan di sebelah utara pantainya.

Untuk menikmati percikkan air terjunnya para wisatawan harus turun ke dasar baik melalui travelling maupun berjalan meniti bebatuan yang licin.

Di sekitar air terjun tersebut banyak para wisatawan melakukan aktivitas berfoto maupun berselfie untuk mendapatkan dokumentasi yang bagus.

Artikel Menarik Lainnya : Review  Tentang Pantai Baron Jogja

2. Memiliki Pemandangan Alam cantik dan bagus
Gambar Pantai Jogan
Gambar By :Black B
Jika anda berkunjung ke lokawisata ini akan menyaksikan sebuah pemandangan alam menarik. Ombak lautnya berwarna kebiruan dan  perbukitan akan melengkapi daya tarik lokasi wisata ini.

Ditambah lagi kondisi alamnya yang jarang dijamah oleh manusia menjadikan tempat ini begitu asri nan alami.

Tak jarang para wisatawan berkunjung ke sini selalu melakukan aktivitas berfotografi dengan background pemandangan lautnya maupun perbukitan di sekitar pantainya.

Selain air terjun dan pemandangan alamnya yang menjadi daya tarik pengunjung ada beberapa pantai terdekat Ketika anda mengunjungi Pantai Jogan Yogyakarta.

Pantai yang terdekat dari lokasi wisata ini yaitu Pantai Siung dan Pantai Timang.

Oke sobatku para traveller atau para pelancong semua itulah beberapa informasi yang saya sampaikan mengenai Pantai Jogan semoga informasi tersebut bermanfaat buat anda semua.

Posting Komentar untuk "Pantai Jogan Jogja : Alamat, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas"