Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Sadranan : Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk

Pantai Sadranan Jogja adalah tempat wisata pantai di Jogja  yang masih tersembunyi dengan berbagai keindahannya yang begitu menawan.

Seperti halnya dengan lokasi pantai lainnya pada kawasan Selatan Jogja, lokawisata ini juga mempunyai ciri khas dengan pasir putih dengan karang yang dekat dengan bibir pantainya.

Pasir putihnya mengingatkan kita pada kawasan Pantai terkenal semacam di Bali, Pacitan, Malang dan Lombok.
Gambar Pantai Sadranan
Foto by : Erni Nuraini
Namun pantai di gunung kidul ini memiliki  kelebihan yaitu adanya bebatuan koral karang, selain itu, pantainya juga masih terbilang sepi.

Sehingga para pengunjungnya bisa menikmati keasrian pantainya tanpa harus terganggu dengan hiruk pikuk keramaian.

Ombaknya relatif tenang dikarenakan adanya penghalang alami yang memecah ombaknya. Penghalang tersebut  merupakan sebuah pulau kecil dan akan melengkapi sempurnanya pantai untuk dijadikan sebagai lokasi snorkeling.

Alamat dan Lokasi Pantai Sadranan

Alamat Pantai Sadranan  secara administratif berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul Jogja.

Lokasi Pantai Sadranan Jogya masih dalam satu kawasan dengan lokawisata pantai lain di area Gunungkidul.

Karena lokasinya belum begitu hits , menyebabkan kunjungan wisatawan  belum terlalu ramai. Dengan begitu mengakibatkan terlambatnya pembangunan akses menuju ke lokawisata tersebut.

Rute Pantai Sadranan

Dalam situasi lalu lintas normal,  untuk sampai di lokasinya hanya memerlukan waktu dua jam dari kota Yogyakarta.

Rute menuju pantai Sadranan terbilang cukup mudah. Dari kota Jogja langsung saja arahkan kendaraanmu menuju ke Kabupaten Gunungkidul melalui jalan wonosari.

Ketika telah sampai di pasar wonosari, Anda  mengmbil kanan ke menuju  arah ke pantai baron. Setibanya di pantai baron mengarah ke timur lagi nanti  terdapat papan nama menuju ke arah lokasi.

Tiket Masuk Pantai Sadranan
Foto Keren Pantai Sadranan
Foto by : Nicolas Hafner
Seperti pada umumnya di tempat wisata Yogyakarta, di sini setiap wisatawan akan dikenakan biaya masuk. Berbeda dengan objek wisata lain yang mematok tiket tinggi, di pantai sadranan ini terbilang murah.

Pihak pengelola akan menarik harga tiket pantai Sadranan  sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya tersebut tentunya belum  termasuk buat parkir kendaraan.

Setiap pengunjung akan ditarik biaya sebesar 2 ribu rupiah untuk sepeda motor, dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Biaya masuk dan parkir di atas tentu saja dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan aturan dan kebijakan dari pihak pengelola.

Untuk jam bukanya, pantai Sadranan wonosari ini buka  setiap hari 24 jam nonstop.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Ketika mengunjungi tempat wisata ini para pengunjung dapat melakukan beberapa aktivitas menarik diantaranya adalah

1. Pantainya indah berpasir putih dengan Ombak Tak begitu besar : Aktivitas Bermain Pasir
Pantai Sadranan Wonosari
Foto by : Dwi marlina
Kondisi tepi lautnya dengan pasir putih dan bersih  memungkinkan  para wisatawan untuk melakukan aktivitas bermain pasir dan ombak lautnya.

Pada umumnya  pasir pantai di sini memiliki warna putih  menawan dan terasa cukup lembut. Wisatawan tentu saja  bisa menjadikan pasir putih tersebut sebagai tempat bermain pasir yang asyik nan seru.

Selain itu, juga terdapat perbukitan karang yang letaknya pada bagian pinggir pantainya. Dengan terdapatnya perbukitan karang tersebut dipercaya berpengaruh terhadap besar kecilnya ombak.

Perbukitan karang tersebut juga menambah kecantikan dan keelokan dari kawasan wisata tersebut.

2. Mempunyai panorama bawah laut indah nan menawan  : Aktivitas Snorkeling
Pantai Sadranan Snorkeling

Foto : Sadranan Snorkeling
Pantai Sadranan memiliki panorama alam bawah laut begitu memukau, tentu ini sangat bagus buat aktivitas snorkeling

Oleh sebab itu, tempat ini bisa  di jadikan sebagai referensi wisata yang menyukai  snorkeling. Saat menyelam para wisatawan akan menyaksikan berbagai keindahan terumbu karang serta biota laut.

Apabila ingin melakukan aktivitas snorkeling di pantai Sadranan ini sebaiknya Mencari waktu yang tepat. Waktu bagus untuk snorkeling yaitu dapat dilakukan ketika pagi dan sore hari.

Untuk pagi hari mulai pukul 06.00 hingga 08.00 dan pada sore hari Mulai pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.

Jika pengunjung tak membawa perlengkapan untuk aktivitas snorkeling, bisa menyewa perlengkapan tersebut di sekitar pantai ini.

Untuk harga sewa perlengkapan snorkeling ini mulai harga Rp50.000 selama kurang lebih 2 jam.

3. Keindahan pemandangan alamnya sangat menakjubkan dan layak untuk di dokumentasikan : Aktivitas Berfotografi
Biaya Pantai Sadranan
Foto : Rusdi Sanad
Keelokan dan keindahan pesona alamnya nan eksotis tentu layak untuk diabadikan. Jika berkunjung ke sini jangan lupa membawa kamera maupun HP untuk dijadikan sarana pemotretan.

Ada banyak spot-spot photo kekinian yang bisa dipilih untuk dijadikan latar ataupun sasaran pemotretan. Spot-spot tersebut mulai dari perbukitan Karang di Lautan luas pasir dan lain-lainnya.

Disini anda bisa melakukan gaya gaya menarik yang paling kamu sukai baik sendiri maupun berame-rame bersama keluarga ataupun kerabat.

Maka akan terasa rugi dong jika ke sini tidak melakukan aktivitas berfoto selfie maupun membuat berbagai video.

 4. Rasanya tak kalah lezat dan harganya juga murah : Wisata Kuliner Jogja

Selain bagus wisata pantai di Jogja, para pengunjung juga bisa mencicipi Kuliner Jogja Murah.

Sudah tak terbantahkan lagi jika menu kuliner di daerah ini juga terkenal akan kualitas rasanya yang tak kalah dengan daerah lain.

Jadi ketika mengunjungi pantai Sadranan aktivitas menikmati kuliner jangan sampai terlewatkan. Banyak menu pilihan yang disajikan, jadi para pengunjung tinggal memilih menu sesuai selera.
5.  Pantai terdekat yang tak kalah indah bisa menjadi pilihan menarik : Jelajah Pantai Sekitar Gunungkidul
Pantai Sadranan sunset
Foto : Akson Nurhanafi
Berwisata  ke pantai Sadranan tentu tak akan ada ruginya, selain melakukan aktivitas berfoto, wisata kuliner, snokeling para wisatawan juga bisa melakukan aktivitas jelajah pantai sekitar Gunungkidul.

Pantai terdekat yang berada di sekitar kawasan ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk dijelajahi. Pengalaman menarik ini tentu sangat menyenangkan dan sangat mengasyikkan.

Kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman baru dengan menjelajahi beberapa pantai terdekat tersebut.

Dengan berbagai kelebihan dan keunggulan dari masing-masing pantainya tersebut tentu bisa menjadi hal-hal yang berbeda tetapi tetap menarik.
Rumah Makan Terdekat
Rumah Makan Enak di Gunung Kidul
Foto : Resto Bosskid Gunungkidul
Setelah melakukan berbagai aktivitas di sekitar pantai Sadranan mungkin saatnya untuk beristirahat dan mengisi perut.

Ada berbagai jajanan ataupun makanan yang terdapat di sekitar lokasiwisata ini. Apabila Anda ingin mengisi perut yang sudah terasa lapar tak ada salahnya mencoba menu kuliner di rumah makan terdekat.

Ketika mengunjungi lokawisata ini anda juga bisa mencicipi menu kuliner di rumah makan terdekat, salah satunya Resto Bosskid Gunungkidul.

Restoran atau rumah makan ini letaknya tak begitu jauh dari lokasi tepi lautnya, jaraknya hanya sekitar 1,4 KM dan memerlukan waktu sekitar 5 menit saja.

Resto yang posisinya menghadap langsung ke tepi laut selatan ini letaknya berada di atas tebing. Sehingga asik juga buat melakukan aktivitas berfoto maupun selfie.

Berdasarkan berbagai review pengunjung yang ada, resto ini mempunyai  berbagai menu yang bervariasi dan kualitas rasa menggoda.

Penginapan Terdekat

Liburan ke pantai terdekat di Gunung Kidul tentu tak akan cukup dalam waktu sehari sehingga Anda harus menginap.

Apabila anda merencanakan liburan ke pantai Sadranan ataupun sekitarnya dan ingin menginap, bisa mencoba ke beberapa penginapan terdekat.

Di bawah ini ada beberapa penginapan terdekat sekitar pantai Sadranan yang bisa kamu gunakan di antaranya adalah

1. Rimba Home Stay Sadranan

Rimba Home Stay Sadranan merupakan salah satu Homestay yang berada di sekitar pantai Sadranan Gunung Kidul.

Tempat menginap ini tentu saja bisa kamu gunakan untuk beristirahat menghilangkan rasa lelah. Lokasinya yang tak jauh dari kawasan pantainya tentu akan membuat anda lebih nyaman.

Selain itu harganya juga cukup terjangkau dan tak akan memberatkan setiap isi dompetmu.

Berdasarkan berbagai review dari wisatawan yang pernah menginap di tempat ini mereka merasa cukup puas.

2. Penginapan BoB hOme

Penginapan BoB hOme adalah tempat yang sering digunakan oleh para wisatawan untuk bermalam atau pun beristirahat ketika mengunjungi pantai  di sekitar Gunung Kidul.

Lokasinya tak jauh dari pantai Sadranan hanya sekitar 100 m dan memerlukan waktu ke lokasi pantainyanya sekitar 1 menit.

Dari pantai Slili pun juga dekat,  kurang lebih berjarak 90 meter saja. Penginapan ini lokasinya strategis dengan berbagai fasilitas yang siap digunakan oleh para wisatawan.
3. Rock Garden Homestay & Resto

Rock Garden Homestay & Resto merupakan salah satu pilihan yang bisa kamu gunakan untuk lokasi beristirahat ketika liburan di sekitar pantai slili atau Sadranan.

Dari pantai Slili sekitar 1,2 km dan dari pantai Sadranan hanya 1,1 km, cukup dekat dengan berjalan kaki. Menginap di sini setiap pengunjung nya akan terasa nyaman karena kamarnya juga bersih dan pelayanan cukup memuaskan.

Untuk harga anda tidak usah khawatir karena cukup murah dan masih bersahabat dengan isi kantongmu. Tempat ini tentu saja bisa menjadi salah satu 18 recommended yang yang bisa kamu gunakan.

Oke para sahabatku traveller maupun pelancong semua itulah  informasi mengenai pantai Sadranan. Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat buat orang banyak dan selamat menikmati liburan.

Jangan lupa selalu menjaga kondisi kesehatan maupun keselamatan dan ikut menjaga selalu kebersihan tempat ini.

Posting Komentar untuk "Pantai Sadranan : Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk"