Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air terjun Kedung Pedut, Pesona Wisata Alam di Jogja

Tak hanya terkenal akan wisata alam pantai nya, Jogja juga cukup tenar dengan air terjunnya. Daerah berjuluk kota gudeg tersebut, memang memiliki potensi wisata sangat lengkap.

Secara letak geografisnya, Jogjakarta memiliki kawasan pesisir dataran rendah hingga pegunungan. Tak hanya Gunung Kidul dan Bantul yang memiliki potensi wisata alam menarik.

Di Kabupaten Kulonprogo, juga mempunyai tempat wisata alam yang cukup mumpuni.

Salah satu air terjun Kulon Progo yang cukup tersembunyi dengan keindahan alamnya yang elok yaitu Air Terjun Kedung pedut.

Tentang air terjun Kedung Pedut
Curug Kulon Progo

Gambar : Stiflerz id  
Berdasarkan bahasa "Kedung" berarti kubangan atau cekungan, sedangkan "Pedut" artinya kabut.

Berdasarkan arti kalimat tersebut di atas, bahwa air terjun Kedung pedut adalah air terjun yang memiliki cekungan atau kubangan dan berkabut.

Berdasarkan letaknya kawasan wisata ini berada di daerah perbukitan Menoreh. Sebenarnya di kawasan Menoreh ini, banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Keunikan yang dimiliki oleh Kedung Pedut Kulon Progo ini yaitu warna airnya ada dua macam. Airnya berwarna putih dan berwarna hijau tosca.

Warna warna putih tersebut mungkin disebabkan karena aliran deras dari air terjunnya. Untuk warna hijau tosca, terbentuk adanya pantulan bebatuan di dasar kolam yang dipantulkan oleh sinar matahari.

Tak hanya keunikan dari warnanya, air terjun di KulonPprogo tersebut, juga memiliki keunikan lainnya yaitu memiliki jagungan atau kolam alami.

Di Kedung pedut ini, juga memiliki beberapa Kedung lainnya, diantaranya adalah kedung wayang, lanang, wedok dan kedung Anyes.

Setiap kedung di atas, tentu memiliki kedalaman yang berbeda-beda.

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut
 Kedung Pedut Waterfall
Gambar : Stiflerz id
Untuk memperoleh dan menikmati keindahan pemandangan di sini, kamu cukup memerlukan perjuangan. 
Mengingat Lokasi Air Terjun Kedung Pedut berada di perbukitan Menoreh, tentu saja jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Jogjakarta.

Alamat Air Terjun Kedung Pedut tepatnya berada pada Desa Jatimulyo, Kec. Giri Mulyo, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta

Harga Tiket Air Terjun Kedung Pedut

Apabila kamu ingin berkunjung ke wisata Kedung Pedut tersebut, tak perlu kuatir biayanya cukup murah terjangkau.

Harga Tiket  Air Terjun Kedung Pedut  adalah sebesar Rp. 6.000  per orang.

Sedangkan untuk biaya parkirnya telah ditetapkan sebesar Rp10.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk motor.

Mohon diperhatikan,dengan seksama, bahwa harga tersebut di atas sewaktu-waktu bisa mengalami perubahan.

Aktivitas Saat berkunjung ke sini

Saat berekreasi ke tempat wisata alam tentu akan memiliki sensasi berbeda. Meskipun untuk menuju lokasinya tak semudah berekreasi ke tempat wisata kota, akan tetapi akan memberikan hal dan pengalaman seru.

Di bawah ini merupakan keseruan ketika berada di lokasi ini diantaranya yaitu

1. Pemandangannya indah mempesona : Menikmati Keindahan Alam
Tempat Wisata di Kulon Progo Jogja
Hal pertama yang akan kamu dapatkan ketika berada di Kedung Pedut Jogja yaitu pemandangannya sungguh menarik.

Sebelum Anda sampai ke tujuan atau pada saat melakukan perjalanan, Anda sudah disuguhi berbagai pemandangan alam yang eksotis.

Pemandangan perbukitan hijau, sungguh menawan dan tentu akan sangat nyaman saat dipandang. Belum lagi jika sampai di lokasi air terjunnya, tentu akan terasa lebih lengkap rekreasi anda.

2.  Sekitar air terjunnya bagus sebagai background foto : aktivitas berfotografi

Pemandangan sungguh sempurna, air terjun yang berada di perbukitan dikelilingi dengan pepohonan hijau  dan kolam tebing tentu sangatlah apik.

Kamu bisa ber selfie atau berfoto dan menjadikan air terjun sebagai latarnya. Karena setiap berfoto di sini tidak dikenai biaya kamu bisa sepuasnya berjepret-jepret.

Koleksi lah gambar-gambar terbagusmu dengan sebanyak mungkin. Dari gambar-gambar tersebut bisa kamu koleksi atau pun bisa kamu pajang di berbagai media sosial.

3. Air warnanya menarik dan menyegarkan : aktivitas berenang di kolam
Wisata air terjun Kulon Progo
foto : Reza kusumo dito
Warna airnya yang hijau dan putih, tentu sungguh menggoda untuk buru-buru menceburkan diri. Sumber airnya yang berasal dari pegunungan tentu sangatlah alami.

Airnya akan terasa segar saat kamu menyeburkan diri ke sini. Karena kedung atau kubangan disini cukup dalam sebaiknya Anda perlu hati-hati dan waspada.

Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Nah, bagaimana sobat traveler dan pelancong semua, Apakah anda tertarik ingin berkunjung ke air terjun Kedung pedut?

Jika anda punya rencana berkunjung ke sini, sebaiknya memilih waktu yang tepat dan mempersiapkan kondisi fisik Kamu maupun kendaraan yah.

Posting Komentar untuk "Air terjun Kedung Pedut, Pesona Wisata Alam di Jogja"