Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Tempat Wisata di Gunung Sari Lombok Barat Paling Mempesona

Lombok selalu menjadi destinasi wisata menarik bagi masyarakat Indonesia. Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini nyatanya memang memiliki keindahan pesona tiada tara. Tak herah daerah begitu terkenal gingga mancanegara.

Kamu bisa menemukan ragam lokawisata pantai, destiwisata alam, bertamasya Curug atau air terjun, dan masih banyak lagi. Berpuluh-puluh tempat wisata di Gunung Sari Lombok Barat pasti akan membuat siapa saja enggan untuk meninggalkannya.
Daftar Tempat Wisata di Gunung Sari Lombok Barat Paling Mempesona

Tempat Wisata Gunung Sari Lombok Barat Paling Memukau

Terdapat beberapa tempat wisata Gunung Sari Lombok Barat yang bisa menjadi referensi terbaikmu untuk menghabiskan liburan. Gunung Sari merupakan desa terletak pada Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Utara, NTB. Sebagian besar penduduk di desa ini adalah orang sasak.

Daerah tersebut merupakan sebuah desa yang menghasilkan kerajinan bambu. Proses pengerjaannya menggunakan alat-alat sangat sederhana. Tahap tahap pembuatan dimulai dari proses penjemuran, pemotongan, pembuatan rangka, hingga akhirnya adalah proses pewarnaan. Hasil kerajinan yang bisa dinikmati pun bervariasi mulai dari ayunan bayi, lemari, meja, kursi, dan masih banyak lagi.

Potensi Sumber Daya Alam pada Desa ini sangat banyak dan b. Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang diambil disesuaikan dengan kreativitas masing-masing orang. Jika masyarakat kreatif, maka hasil yang didapat pun menjadi lebih bersaing dan bernilai guna. Selain itu terkenal dengan desanya damai, terdapat banyak tempat wisata di Gunung Sari Lombok Barat begitu asri dan sejuk. Berikut diantaranya.

1. Air Terjun Batu Butir
Air terjun di Gunung Sari Lombok Barat terletak pada Dusun Batu Bulir, Desa Medas, Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Lingkungannya sangat asri dan indah. Keunikan lain dari air terjun atau Curug Batu Butir adalah jumlah air terjunnya melimpah. Objek wisata curug merupakan salah satu dari empat curug yang berdekatan. Pemandangan hijau dari pohon rindang yang ada di sekeliling Curug Batu Butir membuat pemandangan indah nan menenangkan jiwa.

2. Air Terjun Tibu Ijo
Selain Curug Batu Butir, kamu juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Tibu Ijo. Curug ini terletak pada Desa Kekait. Air terjun Tibu Ijo sangat menarik untuk dieksplor karena memiliki pusaran yang besar pada bagian bawahnya. Konon, tempat wisata di Gunung Sari Lombok ini tidak memiliki dasar. Air Terjun Tibu Ijo memiliki pemandangan alam pedesaan nan hijau dari kejauhan. Air terjun keren ini ternyata tidak terlalu jauh lho dari pusat kota Mataram. Nikmati liburanmu dan rasakan sensasinya Curug Tibo Ijo.

3. Pura Gunung Sari
Selain berkunjung ke tempat wisata alam pegunugngan, kamu juga bisa mengunjungi wisata Pura Gunung Sari yang menjadi saksi bisu dari perang puputan pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pura ini menyimpan misteri Perang Puputan yang terjadi pada 22 November 1894. Perang ini terjadi antara Anak Agung Nengah dengan tentara Belanda di bawah kepemimpinan Jenderal Van Der Venter

Dalam perang ini, raja pun wafat. Pura  tersebut letaknya 4 km dari Mataram, tepatnya pada perbukitan. Selama menyusuri pulau, kamu bisa memilih penginapan di sekitarnya untuk istirahat sejenak.

Mampirlah ke tempat-tempat wisata Lombok Barat terbaik ketika berkunjung ke Desa Gunung Sari Lombok. Buatlah liburanmu menjadi lebih menyenangkan dengan mengunjungi tempat-tempat istimewa yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Jangan lupa, abadikan kenangan dan moment terindahmu di wisata alam dan puranya! 

Posting Komentar untuk "Daftar Tempat Wisata di Gunung Sari Lombok Barat Paling Mempesona"