Pantai Ngrenehan : Alamat, Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju Lokasi

Membahas tentang wisata di kabupaten Gunungkidul memang tak akan pernah ada habisnya. Banyak sekali pesona serta keindahan yang disajikan oleh  daerah tersebut.

Tak hanya kental dengan wisata budaya maupun kulinernya, view pemandangan alamnya exotis nan elok.. Salah satunya adalah wisata pantai dengan pemandangan alam menggoda yaitu pantai ngrenehan.
Pantai Ngrenehan Jogja
Pantainya menawan dan hanya memiliki garis pantai yang tak terlalu panjang  sekitar 100 meter saja. Tepi laut ini diapit oleh dua perbukitan yang berukuran cukup besar serta posisinya menjorok ke arah laut.

Dengan adanya dua perbukitan tersebut  menghalangi ombak besar secara tak langsung menghempas ke arah pantainya. Ketika memasuki kawasan pantainya para pengunjung akan disambut warung makan berjejer.

Diantara warung-warung berjajar tersebut terdapat tempat pelelangan ikan. Pada sebelah kanan paling ujung terdapat bangunan Joglo, dimana tempat tersebut dijadikan warga untuk menjajakan ikan  masih segar.

Pada area wisata ini para wisatawan dapat melihat langsung aktivitas para nelayan tradisional. Selain itu juga bisa menikmati ikan  segar yang ditangkap dari laut sekitar kawasan ini.

Di lokasi ini pengunjung dapat melihat aktivitas nelayan seperti mempersiapkan perahu jala peralatan lainnya. Maka tak heran jika kawasan ini banyak yang menyebut sebagai salah satu kampung nelayan di kabupaten Gunung Kidul.

Selain membeli ikan segar dari pedagang para wisatawan terkadang membeli langsung dari para nelayan yang baru menepi.

Sejarah tentang Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan Yogyakarta

Berdasarkan catatan sejarah nama Ngrenehan adalah pemberian dari Raja Demak yaitu Raden Fatah yang merupakan putra dari Prabu Brawijaya V.

Sedangkan Prabu Brawijaya sendiri merupakan seorang Raja dari kerajaan Majapahit yang berkuasa  sekitar tahun 1464-1478 M.

Kalah itu Raden Fatah  menyambangi kawasan ini untuk mencari ayahandanya yang melarikan diri bersama kedua istrinya karena tak mau diajak memeluk agama Islam.

Akan tetapi setibanya pada kawasan tersebut Raden fatah tak jua menemukan orang tuanya.

Sehingga pada akhirnya Raden Fatah mengajak para pejabat tinggi kerajaan untuk bermusyawarah tentang cara menemukan orang tuanya.

Dari kejadian inilah maka munculah istilah pangrena yang berarti ajakan, sedangkan pangrena sendiri berasal dari kata reneh yang berarti sini.

Selanjutnya masyarakat sekitarnya mengubahnya menjadi Ngrenehan yang memiliki arti kemarilah ke sini. Kata reneh tersebut diberikan tambahan awalan ng serta akhiran an yang memiliki arti menunjuk ke suatu tempat yaitu Pantai Ngrenehan.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan Wonosari
Seperti halnya tempat wisata di Yogyakarta pada umumnya, jika para wisatawan yang mendatangi lokasi ini maka akan dikenakan biaya masuk.

Harga tiket masuk Pantai Ngrenehan ini cukuplah murah terjangkau dan pastinya tak akan membuat isi dompet terkuras. Karena setiap wisatawan akan dipungut biaya masuk sebesar Rp5.000 per orangnya.

Apabila datang ke sini mengendarai kendaraan pribadi, maka akan dikenakan ongkos parkir sebesar Rp5.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk sepeda motor.

Lokasi Pantai Ngrenehan

Lokasi pantai Ngrenehan cukup mudah dijangkau oleh berbagai kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Untuk sampai ke lokasinya sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa jasa travel, karena  kendaraan umum belum tersedia.

Alamat Pantai Ngrenehan  berada pada Desa Kanogoro, Kec.Saptosari, Kab. Gunung Kidul,  Yogyakarta.

Cara Menuju Pantai Ngrenehan
Gambar Keren Pantai  Ngrenehan
Mengingat lokasi wisata ini berada di kabupaten Gunungkidul yang secara geografis merupakan pegunungan, maka untuk sampai ke tujuannya harus melalui jalan yang berliku dan penuh tanjakan maupun turunan.

Jalan menuju Pantai Ngrenehan sebenarnya bisa dilalui melalui beberapa jalur sesuai dengan posisi  anda berada.

Apabila anda melakukan perjalanan dimulai dari pusat Kota Jogja Arahkan kendaraan Anda menuju Wonosari.

Ikuti arah petunjuk jalan atau pada Google Maps untuk menuju pasar Trowono.

Setelah sampai di pasar Trowono ambilah jalur mengarah ke Pantai Selatan menuju ke kelurahan Kanigoro.

Apabila anda telah menemukan pertigaan jalur Wonosari-Imogiri, ambilah ke kiri dari sini lokasinya tak begitu jauh.

BACA :  Ingin ke Pantai Baron ? Simak Informasi Penting Ini

Fasilitas Pantai Ngrenehan

Fasilitas Pantai Ngrenehan terbilang cukup memadai dan layak bagi pengunjung. Meskipun fasilitasnya tak selengkap  wisata pantai  hits lainnya, tetapi setidaknya bisa untuk memberikan rasa nyaman.

Terdapat beberapa fasilitas inti yang dapat dipakai oleh para wisatawan. Fasilitas-fasilitas tersebut dibangun oleh pemerintah daerah maupun oleh masyarakat setempat.

Fasilitas yang ada di sini di antara lain tempat parkir kendaraan, toilet umum, tempat beribadah atau Musholla, dan Warung makanan dan minuman.

Daya Tarik di Pantai Ngrenehan
Ngrenehan  Beach
Meskipun namanya belum setenar dengan Wisata Pantai popular lainnya, akan tetapi daya tariknya cukup memikat Bagi kalangan wisatawan.

Berikut ini merupakan Daya Tarik pantai Ngrenehan di Gunung Kidul, Jogjakarta.

1. Landscape Teluk Yang Melengkung Sempurna

Lokasi pantainya mempunyai  karakteristik unik menyerupai teluk yang khas. Pantainya memiliki bentuk kurva lingkaran atau berbentuk melengkung  cukup sempurna. Apabila dilihat dari posisi ketinggian Teluk tersebut akan terlihat seperti corong.

Landscape berbentuk seperti ini  idealnya terlihat seperti pelabuhan tradisional, karena lokasi pantainya terlindung dari deburan ganasnya ombak.

View pemandangannya begitu indah, karena di sekitarnya terdapat perbukitan dan karang-karang membentengi Teluk pada bagian kiri dan kanannya.

Kondisi inilah menjadikan salah satu daya pesona bagi siapapun yang berkunjung ke lokawisata ini.

2.  Memiliki Spot Foto Apik nan Indah

Berwisata ke tempat ini tentu akan terasa kurang lengkap apabila tidak melakukan fotografi maupun aktivitas berselfie.

Dengan adanya perbukitan dan airnya yang cukup tenang, maka lokawisata ini menyuguhkan berbagai Spot berfoto atau selfie yang menarik.

Di sini para pengunjung bisa melakukan berbagai gaya maupun pose sesuai dengan kesukaan masing-masing. Berbagai latar atau background bisa diambil untuk melakukan fotografi bahkan bisa untuk membuat berbagai video.

Tak hanya menggunakan kamera ataupun handphone biasa, ada juga beberapa pengunjung rela membawa Drone untuk mengabadikan keindahan lokawisata tersebut dari posisi udara.

Pesona alamnya apik serta menarik kerap dijadikan sebagai pemotretan Acara sekolah organisasi maupun hal-hal lainnya untuk keperluan umum.

3.  Adanya Perbukitan Karang
Pantai Ngrenehan Daerah Istimewa Yogyakarta
Pengunjung yang liburan ke sini juga akan disuguhi dengan adanya perbukitan Karang. Seperti telah disebutkan di atas, lokasi perbukitan Karang tersebut letaknya berada di kanan maupun kiri lokasi pantainya.

Perbukitan tersebut terlihat cukup unik serta menarik dan bisa dijadikan sebagai salah satu sasaran  apik untuk dokumentasi gambar di kamera maupun handphne.

Pada Bukit tersebut dipenuhi dengan cangkang maupun kerang kerang khas laut. Hal tersebut tentu akan menjadikan sebuah daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya.

Apabila anda sudah datang ke sini tentu akan merasa betah Dan suatu saat pengen kembali berkunjung ke sini

 4. Melakukan Aktivitas Wisata Berenang di Pantainya

Karena posisinya dilindungi oleh Bukit Karang menjadikan lokasi pantainya memiliki ombak yang tak begitu besar.

Sehingga aktivitas bermain air laut ataupun berenang masih cukup nyaman bagi pengunjungnya. Walaupun begitu haruslah waspada dan perlu kehati-hatian tinggi untuk menjaga keselamatan.

Ini dilakukan karena tak ada yang tahu kondisi alam yang sebenarnya atau menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Air lautnya pun terlihat cukup bening dan ketika anda berenang di sini akan terasa menyegarkan.

Pokoknya asik deh ketika anda bertamasya  dan berenang di kawasan wisata ini.

5. Mengenal dan Melihat Wisata Budaya

Selain memiliki daya pesona berupa keindahan alamnya, ternyata pantainya juga sering digunakan sebagai kegiatan upacara adat.

Sambil mencicipi pesona keindahan alamnya pengunjung pun bisa mengenal atau menyaksikan wisata budayanya.

Apabila ingin menyaksikan kegiatan adat tersebut sebaiknya datang ke sini pada saat bulan purnama Terutama ketika ada perayaan hari raya Nyepi.

Atau bisa saja Anda datang ke sini pada saat sore hari sambil menyaksikan  matahari tenggelam.

BACA :  Pantai Banyu Tibo, Sensasi Air Terjun Langsung Jatuh Kelaut

6. Mencicipi Sajian Menu Wisata Kuliner Jogja

Mencicipi sajian menu wisata kuliner bisa dilakukan oleh para wisatawan ketika mengunjungi kawasan ini. Adanya berbagai macam ikan ikan segar dari hasil tangkapan para nelayan tentu akan bisa menjadi kuliner yang lezat.

Suguhan menu spesial yang terdapat pada kawasan ini yaitu ikan goreng sambal hijau. Dimana sambel ijonya tersebut disuguhkan dengan ciri khas yang berbeda.

Tentu menu spesial ikan goreng sambal hijau ini akan terasa lebih nikmat dikombinasikan dengan nasi putih hangat

Untuk jenis ikannya Anda bisa memilih sendiri sesuai selera seperti ikan kakap, gurameh, kerapu, Nila, udang, cumi dan kepiting.

Selain menggunakan sambal hijau andapun juga bisa memilih menggunakan saus asam manis yang begitu menggoda selera makan.

Tak hanya menu ikan laut saja, di sini juga bisa memesan beberapa menu lainnya salah satunya yaitu nasi goreng. Selain rasanya cukup menggugah selera harganya pun tentu tak akan membuat kantongmu jebol.

Lebih menariknya lagi warung-warung makan tersebut menghadap ke pantainya sehingga sambil makan Anda pun tetap bisa menikmati pemandangan laut.

Tentunya pasti akan terasa rugi loh ketika berada di sini tidak bisa mencicipi wisata kuliner kas Gunung Kidul ini.

7. Berkunjung ke pantai lainnya
Gambar Pemandangan alam Pantai  Ngrenehan
Berkunjung ke kawasan ini tentu tak ada ruginya, karena anda pun bisa mengunjungi beberapa pantai lainnya yang tak jauh dari sini. Pantai ngrenehan tak jauh dari lokasi  Pantai Ngobaran maupun pantai nguyahan.

Bagi pengunjung yang menyukai jelajah pantai tentu bisa melakukan dari pantai nguyahan sampai dengan pantai Ngobaran.

Pengalaman menarik berkunjung dari satu pantai ke pantai lainnya tentu  akan menambah pengalaman dalam liburan.

Bagi Anda yang telah membaca informasi ini tentu rasanya penasaran dan tak sabar ingin segera berkunjung ke Pantai Ngrenehan.

Untuk lebih keseruan liburanmu pada saat berwisata ke sini sebaiknya Anda mengajak kerabat saudara maupun keluargamu.

Selamat berwisata dan bersukaria semoga liburanmu semakin menyenangkan serta selalu berkesan.

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Wisatamantul.com. All rights reserved.