Pantai Ngetun : Alamat, Rute dan Harga Tiket Masuk

Membahas tentang pantai di Jogja tentu tak akan ada habisnya,  terutama di tepi laut di kabupaten Gunungkidul. Pemandangan tepi lautnya indah nan menawan hati bagi siapa aja yang mengunjunginya.

Lokasinya yang elok ini menjadikan daerah ini tak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia.

Pesona pantainya mampu memikat hati dunia hal ini terbukti banyak wisatawan mancanegara berduyun-duyun datang ke daerah ini.
Pantai Ngetun Jogja
Foto :jonanna david
Salah satu lokawisata menakjubkan dan layak untuk dikunjungi yaitu Pantai Ngetun. Keindahan lokawisata ini begitu memukau dan sulit diungkapkan hanya dengan kata-kata.

Lokasinya berbentuk seperti teluk kecil dan oleh warga sekitar tempat ini  dinamakan ngitun.

Seperti halnya tempat-tempat lainnya objek wisata di Jogja ini mempunyai juga punya cerita sejarah mistis ataupun hal-hal lainnya.

Salah satu ciri khas pantainya yaitu memiliki pemandangan hijau yang masih terlihat alami. Selain itu bentangan pasirnya berwarna putih cukup mengesankan dan terasa halus serta lembut.

Lokasi Pantai Ngetun

Apabila Anda berencana liburan mengunjungi pantai ngetun ini maka bisa melalui jalur pantai wediombo atau siung.

Lokasi Pantai Ngetun tak terlalu sulit untuk menemukannya karena letaknya berada di sebelah barat pantai Timang Gunungkidul.

Alamat Pantai Ngetun persisnya terletak di Desa Purwodadi, Kec Tepus, Kab. Gunung Kidul, Jogjakarta.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngetun
Ngetun Beach
Foto : Ghe Thee
Perjalanan yang harus ditempuh cukup jauh memerlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam waktu normal, karena jaraknya sekitar 72 km.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngetun bisa ditempuh dengan dua rute dan melalui jalan tanjakan tikungan serta jalanan sempit.

1.  Rute Pertama

Dari pusat kota Jogja – menuju Jalan Wonosari –melewati Piyungan – mengarah ke kota Wonosari kemudian ke selatan  pertigaan di Desa Mulo - Ambil arah ke kiri Jurusan Mentel –menuju ke Bintaos –ke arah Kecamatan Tepus – Pantai Indrayanti, Pok Tunggal, Seruni selanjutnya ke tujuan pantai Ngetun.

2. Rute kedua

Rute Kedua, dari Kota Jogja –melewati Jalan Wonosari – lewat Piyungan – mengarah ke kota Wonosari – melalui perempatan Baleharjo –melalui Semanu – Pasar Minggu – Lurus terus menuju ke Giri Panggung – tiba di pertigaan Balong mengambil arah ke kanan ke Desa Purwodadi – Ndakbong – Gesing – SDN Gembuk dan ikutilah jalanan aspal sempit – dan sampailah di lokasi pantainya.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngetun

Berlibur ke objek wisata ini tentunya tak akan rugi, karena harga tiket masuk pantai Ngetun tak dipungut biaya alias gratis.

Tetapi pengunjung akan dikenakan   uang parkir sebesar 5 ribu bagi anda yang membawa kendaraan roda empat. Dan 3 ribu rupiah bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua.

Bagimana cukup murah bukan untuk dapat menikmati pesona keindahan alam disini. 

Aktifitas yang Ditawarkan

Mengunjungi tempat ini tentunya akan terasa berbeda dengan wisata biasanya, banyak berbagai hal menarik dapat dikerjakan oleh para wisatawan diantara seperti di bawah ini

1. Pantainya mungil tetapi kaya dengan hewan laut  : Melihat aktivitas Penyu
Foto Pantai Ngetun
Foto : Viki Krisna
Ketika datang ke sini, Anda dapat  melihat banyak penyu yang sedang bertelur, selain itu juga dapat melihat berbagai macam aktifitas dari penyu tersebut.

Tempatnya sepi sehingga sangat cocok bagi penyu-penyu tersebut untuk berkembang biak.

Pada saat melihat aktivitas penyu-penyu tersebut sebaiknya menjaga jarak, karena penyu akan takut jika melihat manusia, apalagi rame-rame.

Tak hanya penyu saja ditempat ini, ada banyak berbagai biota laut lainnya seperti ubur-ubur,kerang, ikan, lobster dan masih banyak lagi.

Apabila laut mengalami surut pengunjung juga bisa melihat ganggang laut maupun rumput laut yang terlihat cukup indah.

Di sini para wisatawan juga bisa menyaksikan banyak lobster yang kebanyakan berada di bawah bukit sekitar pantainya.

2. Pantainya indah menawan dengan berbagai macam ikan : Melakukan Aktivitas Memancing
Gambar Pantai Ngetun

Foto : Rizky Rifaldi76
Wisata pantai Ngetun memang kecil mungil akan tetapi kaya dengan berbagai ikan dan bisa digunakan memancing.

Maka tak heran jika masyarakat sekitar   memanfaatkan kawasan tersebut untuk mencari ikan. Berbagai jenis ikan bisa di pancing mulai dari kerapu hingga kakap, bahkan banyak yang memburu lobster.

Pantainya yang kaya akan biota laut tersebut, sering dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk memancing. Memancing sambil menikmati suasana kawasan yang asri tentu akan sangat menyenangkan.

Jika Anda berniat memancing sebaiknya membawa perlengkapan memancing dari rumah.

3. Suasana matahari terbit dan terbenam yang penuh dengan keelokan : Berburu Sunset dan Sunrise
Pemandangan Sunset
Pantai Ngetun Yogyakarta ini  sering di datangi wisatawan dari berbagai wilayah, mereka rela datang jauh untuk menikmati keindahan pantainya dan berburu momen sunrise dan sunset.

Kedua moment tersebut menghadirkan sebuah pemandangan yang membuat kita merasa takjub.

Momen seperti ini juga bagus untuk dijadikan spot berfotografi dan dijadikan dokumentasi pribadi, ataupun diunggah ke jejaring sosial.

Selain menikmati pantainya dan momen sunrise maupun sunset, kita juga bisa menikmati dua perbukitan disekitar pantai ini.

Kedua perbukitan tersebut bernama Watu Bangku dan watu  gentong, untuk watu Bangku sendiri puncaknya lebih tinggi dari puncak Watu Gentong.

Banyak wisatawan mengunjungi kedua perbukitan tersebut dan menyaksikan keindahan alam sekitar pantai Ngetun yang menakjubkan.

Perpaduan alam dari puncak perbukitan terlihat begitu mempesona dan akan membuat siapa aja tak bisa berkata-kata.

Tetapi bagaimanapun para pengunjung diharapkan lebih waspada serta berhati-hati, jangan sampai terlena karena pesona keindahannya.

Apalagi ketika mengunjungi lokasi ini pada musim penghujan jalurnya akan sangat licin dan lebih sulit.
4. Asyiknya Suasana Malam berteman suara ombak : Aktivitas Camping
Pantai Ngetun Wonosari
Foto : Arif Nurismanto
Meskipun lokasinya tak begitu luas tetapi lokawisata ini juga memiliki area untuk aktivitas camping. Jika Anda berniat mendirikan tenda di sekitar pantainya, harus membawa perlengkapan sendiri.

Anda bisa menikmati suasana malam di area ini ditemani suara ombak dan angin malam. Anda pun juga bisa menyalakan api unggun sambil bakar-bakar ikan,  udang atau lainnya.

Supaya malam tak terlalu sepi Anda bisa  bercamping bersama teman-teman ataupun keluarga. Bagaimana menarik bukan Apakah anda tertarik ingin bercamping di sekitar area ini. Itulah ulasan mengenai Pantai Ngetun yang keberadaannya belum begitu hits.

Semoga kedepannya lokawisata ini semakin populer seperti tempat-tempat lainnya dan fasilitas menuju lokasi nya juga semakin bagus.

ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © Wisatamantul.com. All rights reserved.