Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Ngiler, Inilah Tempat Wisata Purworejo Paling Hits Dan Menarik

Wisata Purworejo Paling Hits

Kabupaten Puroworejo berada paling selatan di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan kota-kota tujuan wisata seperti Jogja, Wonosobo, Magelang dan Kebumen. Kabupaten tersebut banyak menyimpan keindahan. Destinasi Wisata Purworejo Paling Hits dan terbaru yang belum banyak di ketahui banyak orang. Jika Anda berada disekitar daerah ini, maka jangan lupa mampir dan berkunjung kesini. Wisata Purworejo tak sekedar indah tetapi juga dapat menghilangkan rasa penat dan stres Anda setelah melakukan pekerjaan setiap hari.

Wisata Purworejo Pantai

Karen letaknya paling selatan maka seperti Kabupaten lainnya maka akan berbatasan dengan laut selatan. Dimana lokasi tersebut mempunyai keindahan dan panorama alam untuk berwisata. Dibawah ini adalah info Wisata Purworejo Pantai yang sering dikunjungi.

1.Pantai Jetis
Wisata Pantai Jetis Purworejo
Pantai Jetis berlokasi di Ds. Patutrejo, Kec. Grabag, Kab. Purworejo dan Lokasinya bersebelahan dengan pesisir laut ketawang indah.

Dilokasi ini anda bisa menikmati semilirnya angin dan panorama alam sekitarnya. Dengan adanya  properti payung berwarna warni di atas pohon dan bisa  menambah  spot foto dan berselfie ria. Jadikan lokasi ini sebagai tempat wisata keluarga terbaik.

2.Pantai Ketawang
Wisata Pantai Ketawang Purworejo
Pantai Ketawang beralamat di dusun Ketawang, desa Ketawangrejo, kecamatan Grabag, Purworejo.
Wisata Pinggir laut Ketawang mempunyai pesona alam yang exotic dan sangat menarik untuk dikunjungi.
Lokasi akan selalu rame wisatawan terutama hari libur dan akan melonjak tinggi pada saat lebaran atau libur panjang sekolah. Jika berkunjung kesini jangan lupa ya bawa kamera atau hp biar bisa puas berfoto-foto.

3.Pantai Pasir Puncu
Wisata Pantai Pasir Puncu Purworejo
Letak Pantai Pasir Puncu berada sekitar 4 km dari pesisir Ketawang. Jika dari pusat kota Kabupaten kurang lebih 22 km ke arah barat daya. Jalur dan akses ke lokasi ini  cukup mudah, bisa dengan kendaraan roda 2 atau roda 4.

Ombak di lokawisata Pasir Puncu besar oleh karena itu jangan mandi demi keamanan dan keselamatan. Suasana dipesisir Pasir Puncu cukup tenang karena termasuk pantai tradisional yang masih alami .

Alamat: Desa Keburuhan, kecamatan Ngombol, kabupaten Purworejo.

4.Pantai Jatimalang Purworejo
Wisata Pantai Jatimalang Purworejo Jawa Tengah
Pantai Jatimalang merupakan salah satu andalan destinasi wisata Purworejo.Lokasinya selalu dibenahi dan ditata agar selalu terlihat lebih fresh. Penataan tersebut mulai dari Taman sampai ke warung-warung yang berada dibibir laut .Akses jalan utama sudah lebar dan halus,sehingga akan lebih terasa nyaman jika wisatawan melancong kesini.

Alamat: Dusun Patu, Ds.Jatimalang, Kec,Purwodadi, Kab. Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
5.Pantai Pagak Ngombol
Wisata Pantai Pagak Ngombol Purworejo
Pantai Pagak Ngombol ini belum terkenal seperti lokasi pantai lainnya, ini terbukti banyak orang yang belum tau pantai ini.  Lokawisata pagak mempunyai panorama indah dan akan membuatmu betah jika datang kesini. Apalagi pada saat sore hari akan begitu mempesona.

Apabila berkunjung kesini jangan lupa ya selalu jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan.

Alamat: Desa Pasir Pagak ,Kecamatan Ngombol,Kabupaten Purworejo.

6.Pantai Keburuhan
Wisata Pantai Keburuhan Purworejo
Pantai Keburuhan juga merupakan salah satu pilihan wisata jika Anda bosan dengan wisata di perkotaan. Dengan menikmati suasan di sekitar pesisir laut anda juga bisa abadikan dengan vidio atau foto. Suasana disekitar pinggir laut cukup bersih sehingga nyaman untuk para wisatawan. Jika berkunjung disini sebaiknya tidak mandi dilaut untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat bahwa laut selatan mempunyai ombak yang besar.

Alamatnya:  Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol. Kabupaten Purworejo

Wisata Purworejo Kota

Wisata Purworejo Kota merupakan alternatif lain yang bisa di kunjungi selain dipesisir laut. Banyak sekali wisata yang ada disekitar kota kabupaten Purworejo termasuk wisata kulinernya yang bisa membuatmu ketagihan.

Dibawah ini informasi tentang beberapa tempat berwisata di sekitar kota kabupaten purworejo:

1. Alun-alun
Wisata Alun-alun Purworejo
Seperti di Kota dan Kabupaten lainnya di Jawa Tengah,  Kabupaten Purworejo mempunyai alun-alun luas. Luasnya sekitar 60.000 meter persegi berbentuk segi empat. Menurut berbagai sumber bahwa alun-alun tersebut merupakan yang paling luas di Jawa Tengah.

Disekitar alun-alun dikelilingi berbagai bangunan penting seperti  Masjid Agung Darul Muttaqin,Gereja hingga kantor pemerintahan. Dimana di dalam masjid tersebut ada bedug yang terbesar di dunia.

Jangan lupa ya jika berkunjung kesini ajak teman,kerabat dan keluargamu dan nikmati suasana disekitar alun-alun sambil  menyantap kuliner yang ada.

2.Museum Tosan Aji
Wisata Musieum Tosan Aji Purworejo
Museum Tosan Aji Purworejo adalah museum khusus menyimpan satu jenis koleksi yaitu Tosan Aji, tetapi pada sekarang ini, Museum tersebut tak hanya menampilkan koleksi dari Tosan Aji saja, tetapi juga menampilkan banyak koleksi Benda cagar budaya yang  telah ditemukan di daerah Purworejo.

Disini ada 1000 lebih koleksi pusaka mulai dari Keris,Cundrik, Pedang, Kujang/kudi, Tombak,Granggang yang konon berasal pada waktu Kerajaan Pajajaran, Majapahit hingga saat ini.

Museum Tosan Aji juga menyimpan benda-benda cagar budaya lainnya seperti Gamelan Kuno Kyai Cokronegoro,Arca, Lingga,Gerabah,  Yoni, Fragmen, Lumpang,beberapa Prasasti, Guci, Beliung, Batu Gong,Menhir, dan Fosil.

Lokasi Museum Tosan Aji
  • Beralamat di Jalan Mayjend. Sutoyo No.10, Purworejo dengan luas tanah dan bangunan : 3.000 m2 / 900 m2
Fasilitas Museum Tosan Aji
  • Ruang Administrasi
  • Ruang Laboratorium/Konservasi
  • Ruang Penyimpanan Koleksi
  • Kantin/Cafetaria
  • Toilet
Baca Artikel Menarik Lainnya:

3.Wisata Sumber Adventure Center
Wisata Sumber Adventure Center Kutoarjo Purworejo
Wahana Wisata Sumber Adventure Center (SAC) merupakan tempat rekreasi keluarga Purworejo di Jawa Tengah milik PO Sumber Alam. Lokasinya kurang lebih 12 ha, kawasan ini berada di pinggir jalan raya yaitu  jalan Kutoarjo - Kebumen km 3.5.

Alamat: Desa Andong, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo.

Fasilitas Wisata Sumber Adventure Center
Tempat ini adalah salah satu pilihan yang pas buat Anda yang pengen berlibur bersama keluarga terutama membahagiakan anak-anak. Tempat ini menyediakan beberapa sarana wisata yang cukup lengkap seperti:  Museum Bus, motor dan water boom. Jangan lupa ya abadikan kebahagian keluargamu saat berkunjung kesini.

4.Wisata Edukasi Tlogoguwo
Wisata Edukasi Tlogoguwo Purworejo
Desa Wisata Edukasi Tlogoguwo memang banyak potensi sumber daya alamnya juga  di manfaatkan sebagai  sumber mata iirnya.

Disini ada satu Obyek Wisata buatan yang menyatu di alam yaitu  “KOLAM RENANG PEGUNUNGAN”, yang lokasinya berada di Dusun Somoroto, Desa Tlogoguwo, Kec Kaligesing, Purworejo.

Dilokasi ini mempunyai  panorama alam pegunungan cukup asri dan kolam renang dengan beground tebing perbukitan. Sumber air kolam renang berasal dari mata air dari tebing tentu ini akan memberikan kesegaran pada tubuh Anda .Ada dua kolam di lokasi ini yaitu kolam untuk dewasa dan anak anak.

Jika Anda berkunjung kesini juga bisa mencicipi wisata kulinernya yang ada disekitar kolam renang, jadi tidak usah takut kelaperan.

Wisata Purworejo Terbaru

Banyak daerah selalu berusaha untuk meningkatkan peotensi wisata yang ada, baik berupa wisata alam maupun buatan, baik dikelola pemerintah, pihak swasta maupun oleh masyarakat. Sehingga tidak heran akhir-akhir ini banyak Wisata Purworejo Terbaru yang masih belum banyak di ketahui masyarakat umum.

Dibawah ini destinasi wisata yang perlu anda ketahui.

1.Taman Sidandang Kaligesing Purworejo
Wisata Taman Sidandang Kaligesing Purworejo
Taman Sedandang merupakan tempat berekreasi yang menonjolkan wisata airnya. Berdasarkan informasi warga sekitar nama sedandang karena ada kedung atau kubangan yang bentuknya mirip penanak nasi di Jawa  dandhang.

Taman Sidandang ini merupakan aliran yang memiliki  air deras bagus bisa untuk mandi dan dapat di pakai outbound untuk  anak kecil maupun dewasa.

Lokasinya terletak di Desa Kaligono, kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo..

Akses dan jalan menuju lokawisata ini cukup mudah, karena lokasinya di sebelah jalan utama. Disini juga ada kamar mandi bilas dan jika laper juga ada warung.  Bagaimana apakah Anda pengen mencobanya..

2.Hutan Pinus Kalilo
Wisata Hutan Pinus Kalilo Purworejo
Semilirnya angin dari pegunungan membuat suasana menjadi menyenangkan. Hutan Pinus Kalilo salah satu pilihan tempat wisata di Purworejo.

Lokasi berada  di Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Akses dan jalur  menuju ke lokasi tersebut kmembutuhkan perjalanan cukup extra. Jalanan yang naik turun membuat  sensasi tersendiri yang menyenangkan.

Memasuki wilayah Hutan Pinus Kalilo Anda akan disambut pohon-pohon pinus yang berjejer-jejer. Kawasan wisata ini merupakan area perhutani di daerah Kedu selatan.Disini banyak spot foto yang unik dan exotic.  Anda juga akan merasa takjub melihat hamparan pegunungan Menoreh.

Bagaimana apakah Anda tetep pengen mencoba sensasinya?

3.Goa Seplawan
Wisata Goa Seplawan Purworejo
Berwisata di Goa Seplawan yang lokasinya berada di Desa Donorejo, Kec. Kaligesing dan lokasinya kurang lebih 20km dari pusat kot kabupaten

Daerah ini udaranya sangat sejuk karena mempunyai ketinggian 700 m dpl. Goa ini mempunyai ciri khas yang  berupa ornamen di dalam goanya, seperti soda straw,staklatit, staklamit, flowstone, helekit,  gower dam dan pada dindingnya berornamen seperti kerangka ikan.

Goa Seplawan  mempunyai panjang + 700 m dengan berbagai cabang-cabang goa sekitar 150-300 m dan diameternya sekitar 15 m. Goa ini termasuk tempat yang harus selalu dijaga karena kesuciannya.

Untuk memasuki goa ini, Anda harus menyusuri anak tangga menurun yang cukup melalahkan, tetapi rasa lelah akan hilang setekah memasuki mulut goa. Dari mulut goa ini Anda sudah bisa melihat keindahan ukiran batu di dalamnya.

Jika bekunjung kesini sebaiknya ikuti aturan yang ada dan jangan berbuat yang jelek-jelek mengingat goa ini termasuk daerah yang istimewa.

4.Curug Lumbung
Tempat Wisata Curug Lumbung Purworejo
Curug Lumbung merupakan lokawisata yang di Purworejo, tempat ini memang belum populer seperti daerah wisata lainnya seperti malang,Jogja atau Bali. Curug Lumbung disebut juga Curug Santren mempunyai aliran sungai indah dengan deretan tebing yang eksotis.

Lokasi dan rute Curug Lumbung berada pada sebuah aliran sungai. Aliran sungainya mempunyai pesona alam sangat luar biasa menarik. Curug Lumbung tersebut mempunyai tepian-tepian tebing  indah dan terukir secara alami oleh proses alam.

Lokasi Curug Lumbung berada di dusun Krandon RT 1, RW 4. Desa Karangsari, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah. Jika Anda tertarik silahkan datang kesini jangan lupa ajak teman,saudara,keluarga dan tetanggamu.

5.Wisata Gunung Ijo 
Wisata Gunung Ijo Purworejo
Destinasi wisata Gunung Ijo ini menawarkan  fenomena alam yang begitu menakjubkan.  Letaknya berada pada posisi ketinggian 675 meter di atas permukaan laut, bukit ini memiliki ikon bebatuan besar pada posisi puncaknya dan resmi dibuka menjadi obyek wisata tahun 2017. Setiap harinya puluhan sampai ratusan orang  berkunjung kelokasi ini, terutama pada waktu akhir pekan dan libur panjang.  

Di Gunung Ijo Anda dapat melihat indahnya pemamdangan pegunungan menoreh, waduk sermo,  pantai selatan, kota purworejo. Jika Anda berada disini pagi hari maka bisa menikmati indahnya matahari terbit dan jika sore hari bisa melihat cantiknya matahari tenggelam.

Lokasinya berada diperbatasan antara Purworejo dan Kulon Progo, tepatnya  di Desa Durensari, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah atau dari pust Kota Kabupaten 19 kilometer.

Posting Komentar untuk "Bikin Ngiler, Inilah Tempat Wisata Purworejo Paling Hits Dan Menarik "